Comscore Tracker

Wisata Sambil Belajar, Yuk Kunjungi 5 Desa Budaya di Jawa Timur Ini

Bakal jadi perjalananmu yang paling memorable!

Indonesia nggak cuma negara yang luas wilayahnya, atau banyak pulaunya saja. Lebih dari itu, kekayaan yang tersimpan di bumi nusantara juga nggak terbayang banyaknya, mulai dari alam hingga potensi budaya.

Mengambil sepotong tempat di Indonesia saja, yakni Jawa Timur, pernah kamu menghitung seberapa kaya kebudayaan turun temurun yang dijaga masyarakatnya? Maka dari itu, agar tetap eksis mengingat zaman semakin modern, dibentuklah wadah untuk menyatukan visi demi mempertahankan kearifan lokal, salah satunya dengan membentuk Desa Budaya.

Nah, di Jawa Timur sendiri terdapat banyak desa wisata yang menonjolkan kebudayaan setempat. Dan 5 di antaranya adalah desa-desa berikut ini. Coba disimak ya, siapa tahu kamu tertarik untuk datang ke sana!

1. Desa Kemiren

Wisata Sambil Belajar, Yuk Kunjungi 5 Desa Budaya di Jawa Timur IniIDN Times/Fitria Madia

Siapa yang tak kenal dengan kota di ujung timur Jawa yang saat ini namanya melambung berkat sektor wisatanya? Yup! Banyuwangi adalah kota utama tujuan wisatawan baik asing maupun lokal sebelum menyeberang ke Pulau Bali.

Tak cuma menyediakan tempat berwisata alam seperti Kawah Ijen, Banyuwangi juga berusaha menyedot wisatawan dengan rutin mengagendakan puluhan festival setiap tahunnya, dan juga memberdayakan daerah-daerah dengan kearifan lokal, sehingga menjadi daya tarik masyarakat.

Desa Kemiren adalah salah satunya. Desa ini sengaja dibuat menjadi cagar budaya untuk melestarikan kebudayaan Osing yang masih sangat kental dari warganya. Fyi, suku Osing ternyata adalah keturunan masyarakat Kerajaan Blambangan yang tersisa, lho..

Suku Osing di Desa Kemiren memiliki banyak sekali kekhasan serta keunikan, salah satunya adalah tradisi gedhogan, atau menumbuk padi oleh para wanita yang dibuat agar menimbulkan bebunyian atau musik yang enak didengar.

Jangan cuma Bali, pastikan kamu juga singgah dan belajar budaya di desa mereka, guys..

2. Desa Kaliandra

Wisata Sambil Belajar, Yuk Kunjungi 5 Desa Budaya di Jawa Timur Initakaitu.com

Mempertahankan suansana desa yang bernuansa kerajaan, Desa Budaya Kaliandra yang terletak di kaki Gunung Arjuno, Pasuruan, juga menyimpan bangunan megah ala Eropa yakni Kaliandra Sejati.

Uniknya, desa ini pada mulanya dibentuk dari sebuah lembaga swadaya masyarakat di tahun 1997, yang memiliki tujuan sama yaitu menciptakan manusia mandiri, berbudaya, serta berkelanjutan. Seiring berjalannya waktu, Desa Kaliandra dijuluki sebagai Desa Wisata Budaya karena masyarakatnya yang teguh melestarikan budaya Jawa.

Suasana pedesaan yang jauh dari hiruk-pikuk, serta asrinya pemandangan pegunungan tak akan membuatmu menyesal menghabiskan berhari-hari untuk lebih dekat dengan penduduk yang ramah-ramah. Jadi, kapan mampir Pasuruan?

Baca Juga: 16 Wisata Terbaik Di Trenggalek, Surga Tersembunyi Jatim

3. Desa Tengger

Wisata Sambil Belajar, Yuk Kunjungi 5 Desa Budaya di Jawa Timur Inibbc.co.uk

Destinasi alam favorit turis mancanegara di Jawa Timur selain Gunung Ijen apalagi kalau bukan Gunung Bromo. Dibalik itu, hal yang tak kalah dicari para pelancong tersebut adalah wisata budaya dari Suku Tengger.

Suku keturunan dari Kerajaan Majapahit ini terkenal dengan gaya hidup yang sarat akan adat dan budaya. Dari dulu, Suku Tengger selalu hidup berdampingan dan menjaga keharmonisan mereka dengan Gunung Bromo tempat mereka tinggal.

Salah satu ritual yang terkenal dan hanya ada satu di dunia, yakni Upacara Kasada. Upacara yang amat dinanti para turis tersebut adalah upaya meminta pengampunan dari Brahma dengan melakukan persembahan ke kawah Bromo.

Selain Kasada (Kasodo), berbagai ritual seperti Ojung dan Karo semakin membuat Desa Tengger ini menjadi tujuan wajib untuk kamu yang ingin menambah wawasan budaya nusantara!

4. Desa Bumiaji

Wisata Sambil Belajar, Yuk Kunjungi 5 Desa Budaya di Jawa Timur Inidesabumiajibatu.890m.com

Berikutnya dari Kota Batu terdapat desa yang baru saja meraih anugerah wisata sebagai Desa Budaya Jawa Timur, yakn Bumiaji. Desa satu ini layak menjadi destinasi wisata budaya karena memiliki banyak event kebudayaan. Salah satu yang sudah menjadi agenda rutin adalah Pentas Budaya Sanggar Seni Krama Wijaya.

Selain itu, para pemuda Karang Taruna juga menyediakan paket wisata budaya, dari menulis aksara Jawa, belajar tari tradisional, hingga membatik juga ada, lho! Belum lagi wisata pertanian purbakala di Kebun Sawung yang mempertahankan budaya turun temurun dengan menjaga rantai makananan alami.

Gak cuma refreshing, jalan-jalan ke sana dijamin membuatmu dapat banyak pengetahuan baru!

5. Desa Jono

Wisata Sambil Belajar, Yuk Kunjungi 5 Desa Budaya di Jawa Timur Iniwisatabojonegoro.com

Last but not least, desa yang wajib ada di daftar wisata budaya-mu selanjutnya adalah Desa Jono. Desa ini merupakan bagian dari Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro.

Potensi budaya Desa Jono dapat dikenal hingga mancanegara tidak lain adalah berkat seorang kepala desa yang dengan gigih merintis sanggar budaya sejak ia masih muda.

Tak sia-sia, kini Desa Jono sukses menggaet banyak wisatawan domestik maupun luar negeri berbekal potensi kebudayaan, seperti kesenian Jaranan, Tayub, Kethoprak, dan yang paling terkenal adalah kerajinan batik Jonegoroan (Batik Bojonegoro).

Kita semua yakin bahwa masih banyak potensi-potensi budaya nusantara yang belum mencuat di permukaan. Sudah tugas millenials nih, untuk turut menjaga dan melestarikan kekayaan budaya Indonesia. Dengan mengunjungi desa-desa budaya di atas saja, kamu sudah ikut andil dalam menyemarakkan pelestarian kearifan lokal nusantara, lho!

Baca Juga: 5 Desa Wisata di Jawa Timur yang Harus Kamu Kunjungi

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Sinta Wijayanti D di IDN Times Community dengan judul Liburan Seru Berfaedah, Yuk Kunjungi 5 Desa Budaya di Jawa Timur Ini

Topic:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya