Comscore Tracker

Bikin Ketagihan, Inilah 7 Tempat Wisata Seru di Jawa Timur

Jatim Emang keren-keren banget!

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang terbesar di Indonesia. Dan provinsi tersebut telah menjadi tujuan para turis lokal maupun mancanegara. Ada banyak tujuan wisata di provinsi yang letaknya paling timur dari pulau Jawa yang menarik untuk dikunjungi pada akhir pekan atau long weekend.

Nah, berikut 7 tempat wisata keren dan menarik yang ada di Jawa Timur yang hukumnya wajib dikunjungi kala melancong ke sana!

1. Air Terjun Tumpak Sewu, Lumajang

Bikin Ketagihan, Inilah 7 Tempat Wisata Seru di Jawa Timurinstagram.com/mrizalfrmnsyh_

Banyak yang memberi label air terjun Tumpak Sewu sebagai Niagaranya Jawa Timur. Dengan ketinggian sekitar 120 meter, bernama "tumpak sewu", karena terdapat banyak aliran air yang mengalir pada air terjun ini. Untuk menikmati pemandangan dengan tepat, bisa dari lembah air terjun dan dari ketinggian.

2. Bukit Jengger, Mojokerto

Bikin Ketagihan, Inilah 7 Tempat Wisata Seru di Jawa Timurinstagram.com/gigihprayogo_

Bukit Jengger yang memiliki ketinggian sekitar 1.050 meter di atas permukaan laut, letaknya ada di Kecamatan Jatirejo, Mojokerto. Jika mengunjungi tempat ini, disarankan untuk berkemah atau sekedar berjalan-jalan, karena mata akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah dengan sungai yang begitu mempesona.

Terdapat dua rute yang bisa dilewati untuk ke tempat wisata Bukit Jengger, yaitu melalui Desa Nawangan dan Desa Rejosari.

Baca Juga: 16 Wisata Terbaik Di Trenggalek, Surga Tersembunyi Jatim

3. Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Bikin Ketagihan, Inilah 7 Tempat Wisata Seru di Jawa Timurinstagram.com/nanihandayani2806

Pantai Pulau Merah menyuguhkan pemandangan istimewa yang super dan akan dibuat takjub dengan pesona alamnya. Karena, pasirnya berwarna kemerahan dan ada sebuah gunung mini / bukit di tengah genangan air laut yang menjadi andalan dari pantai ini.

4. Pantai Taman, Pacitan

Bikin Ketagihan, Inilah 7 Tempat Wisata Seru di Jawa Timurinstagram.com/suntiyu

Di sini, para pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas menarik bersama penyu-penyu, dari berfoto dan memberikan makan. Karena, sejak tahun 2012, Pantai Taman telah menjadi tempat konservasi penyu.

Uniknya, penyu-penyu yang ada di pantai ini mencari makan di perairan Australia, ketika sedang bertelur, menepi ke Pantai Taman. Kemudian, ketika telurnya ditinggalkan oleh sang induk, manajer dari konservasi akan mulai menggali pasir mencari telur dan telur dipindahkan ke tempat yang more secure.

Penyu yang sudah berubah menjadi tukik, dilepaskan ke alam bebas lagi. Memang, ada beberapa yang "ditahan" untuk dipelihara dan dipelajari serta untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat kepada penyu.

Dalam proses pemeliharaan, penyu-penyu ada di habitat alaminya. Sehingga, ketika mereka dilepas, masih bisa bertahan hidup dengan kemampuannya.

5. Rumah Pohon TPK Jatirogo, Tuban

Bikin Ketagihan, Inilah 7 Tempat Wisata Seru di Jawa Timurinstagram.com/alfinnailun_najah

Berlokasi di Desa Sadang, Kecamatan Jatirogo, Tuban, tempat ini bernama keren Discovery of Forest Perhutani KPH Kebonharjo. Namun, untuk lebih memudahkan, warga lokal menyebutnya Rumah Pohon TPK Jatirogo, yang karena di kawasan milik Perhutani ini terdapat rumah pohon.

Ada juga gubuk kecil atau saung yang biasa digunakan sebagai tempat istirahat. Mengelilingi kawasan dengan suasana sejuk menggunakan ATV juga bisa. Fasilitas outbound seperti flying fox juga ada. Dan yang ingin melakukan panahan juga tersedia fasilitasnya.

6. Taman Wisata Bedengan Genilangit Poncol, Magetan

Bikin Ketagihan, Inilah 7 Tempat Wisata Seru di Jawa Timurinstagram.com/tamanwisatagenilangit

Taman Bedengan Genilangit menjadi salah satu tujuan wisata unggulan di Magetan, karena berada di kaki Gunung Lawu yang menjadikannya memiliki lanskap istimewa dengan terbentangnya perbukitan hijau serta rindangnya hutan pinus.

Di tempat ini kamu bisa melakukan berfoto selfie atau jenis fotografi lainnya, karena banyak titik menarik untuk mengabadikan momen. Misalnya seperti ayunan, rumah pohon dan sebuah perahu yang ada di bibir jurang yang menjadi titik favorit para pengunjung.

7. Telaga Sarangan, Magetan

Bikin Ketagihan, Inilah 7 Tempat Wisata Seru di Jawa Timurinstagram.com/ikacita30

Dikenal juga dengan nama Telaga Pasir, merupakan telaga alami yang ada di ketinggian sekitar 1.200 mdpl yang letaknya di lereng Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Magetan. Dari arah barat Kota Magetan, berjarak sekitar 21 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 40 menit.

Di sini, wisatawan bisa menikmati telaga dengan air yang tenang dan layaknya menjadi sebuah cermin raksasa bagi bukit serta pegunungan yang ada di sekelilingnya.

Main ke tempat-tempat di atas, yuk!

Baca Juga: 5 Wisata Alam Cantik di Magetan, Indahnya Kebangetan!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Riyan Sumarno di IDN Times Community dengan judul Bikin Gak Mau Pulang, Ini 7 Tempat Wisata Seru di Jawa Timur!

Topic:

  • Edwin Fajerial
  • Faiz Nashrillah

Just For You