Comscore Tracker

5 Kebun Binatang di Jawa Timur, Ada yang Terluas di Asia! 

Cocok di datangi bersama keluarga tercinta

Kebun binatang adalah salah satu alternatif wisata keluarga yang seru. Selain berekreasi, kebun binatang juga menawarkan wisata edukasi di mana kita bisa memanjakan mata dengan melihat tingkah polah hewan yang lucu dan mengenali lebih jauh tentang kehidupan mereka.

Salah satu provinsi yang memiliki beberapa kebun binatang terbaik adalah Jawa Timur. Bahkan beberapa d iantara kebun binatang di Jawa Timur disebut sebagai salah satu kebun binatang terluas dan terbaik se-Asia, lho. Karenanya bila kamu bertandang ke Jawa Timur sempatkan diri untuk menyambangi sederet kebun binatang berikut.

Tanpa berlama-lama lagi, segera telusuri, yuk kebun binatang yang dimaksud.

1. Taman Safari Prigen

Kebun binatang di Jawa Timur yang satu ini memiliki luas kurang lebih 350 hektar dan membuatnya menyandang predikat sebagai kebun binatang terluas di Asia. Sama seperti Taman Safari di beberapa daerah lainnya, hewan yang berada di Taman Safari Prigen juga dibiarkan hidup bebas di alam terbuka. Sehingga, bila kita ingin berinteraksi secara langsung, kita harus menggunakan mobil pribadi ataupun mobil wisata yang telah disediakan.

Meski demikian, ada pula beberapa zona satwa yang bisa kita lewati dengan berjalan kaki. Di sini ada pula pertunjukkan satwa yang sayang untuk dilewatkan. Paling seru tapi menegangkan kamu bisa menjajal sensasi makan di Tiger Cave Restaurant. Di sini kamu akan merasakan sesasi makan bersama harimau putih yang berada di balik dinding kaca. Tertarik coba?

Lokasi: Gunung Princi, Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur.

Jam operasional: setiap hari pukul 08.30-16.00 WIB

Harga tiket masuk: Rp150 ribu.

2. Kebun Binatang Surabaya  

5 Kebun Binatang di Jawa Timur, Ada yang Terluas di Asia! Kebun Binatang Surabaya (instagram.com/tkislamalazhar15)

Merupakan kawasan konservasi dan hutan kota yang asri Kebun Binatang Surabaya atau KBS jadi salah satu destinasi kebun binatang di Jawa Timur yang sayang bila kamu lewatkan. Koleksi di kebun binatang yang kerap disebut Surabaya Zoo ini, lumayan lengkap, lho. Ada kurang lebih 361 spesies hewan yang terdiri dari berbagai jenis binatang, satwa langka Indonesia bahkan dunia.

Datang ke kebun binatang satu ini dijamin gak rugi, sebab kamu akan melihat banyak binatang yang belum pernah kamu jumpai sebelumnya. Selain melihat dan berinteraksi dengan satwa, di Kebun Binatang Surabaya juga ada berbagai aktivitas menarik lainnya yang bisa kamu jajal.

Beberapa diantaranya adalah dongeng satwa, keeper talk, kegiatan literasi sampai ada juga, lho kegiatan penelitian dan praktik kerja lapangan. Kalau datang bersama rombongan anak sekolah, ada paket edukasi, di mana anak-anak akan diajarkan mengenal berbagai jenis hewan yang ada di Kebun Binatang Surabaya.

Lokasi: Jalan Setail Nomor 1, Darmo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB.

Harga tiket masuk: Rp15 ribu.

3. Batu Secret Zoo

5 Kebun Binatang di Jawa Timur, Ada yang Terluas di Asia! Batu Secret Zoo (instagram.com/mrstirsaa)

Dengan luas kurang lebih 14 hektar, Batu Secret Zoo merupakan kebun binatang modern dengan koleksi satwa yang lengkap. Pada ajang Traveller’s Choice kebun binatang yang ada di Jawa Timur ini dinobatkan sebagai kebun binatang terbaik di Asia, lho! Batu Secret Zoo merupakan salah satu bagian dari destinasi wisata keluarga Jatim Park 2.

Gak hanya asyik melihat binatang dan tingak polahnya, pemandangan yang disuguhkan di sini juga begitu memukau. Sebab, berada di Batu Secret Zoo kamu akan disuguhkan dengan pemandnagan yang menggagumkan yakni perpaduan antara panorama alam pegunungan dengan wisata modern.

Kebun binatang ini cocok disambangi bersama keluarga sebab ada beragam kegiatan seru yang dilakukan mulai dari berfoto bersama hewan, memberi makan hewan ataupun melihat berbagai atraksi yang seru.

Lokasi: Jalan Oro-Oro Ombo Nomor 9, Temas, Kecamatan Batu, Kabupaten Batu, Provinsi Jawa Timur.

Jam operasional: setiap hari pukul 09.30-17.30 WIB.

Harga tiket masuk: Rp110 ribu (weekday) dan Rp120 ribu (weekend).

Baca Juga: Gajah Secret Zoo Jatim Park 2 Melahirkan Anakan Jantan  

4. Maharani Zoo and Cave 

5 Kebun Binatang di Jawa Timur, Ada yang Terluas di Asia! Maharani Zoo and Goa Lamongan. (instagram.com/maharanizoo)

Punya koleksi yang lengkap mulai dari satwa Indonesia sampai mancanegara, Maharani Zoo  and Cave dibangun di atas tanah seluas kurang lebih 3,5 hektar. Gak hanya berrekreasi, di kebun binatang ini kamu juga bisa belajar mengenai berbagai jenis satwa.

Berbeda dari kebun binatang di Jawa Timur lainnya, Maharani Zoo juga memiliki museum dan galeri satwa yang berisi fosil dari beragam satwa yang sudah maupun hampir punah. Ada pula taman burung yang di dalamnya terdapat berbagai macam jenis burung yang berasal dari berbagai macam negara.

Gak hanya itu, terdapat zona di kebun binatang yang bernama Exotic Albino. Di sini kamu bisa melihat berbagai jenis koleksi hewan albino yang dimiliki oleh Maharani Zoo.

Lokasi:  Jalan Raya Paciran, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur.

Jam operasional:  setiap hari pukul 08.30-16.30 WIB.

Harga tiket masuk: Rp25 ribu (weekday) dan Rp35 ribu (weekend).

5. Jember Mini Zoo 

5 Kebun Binatang di Jawa Timur, Ada yang Terluas di Asia! Jember Mini Zoo (instagram.com/rasty_adelina)

Baru dibuka pada Juni 2021 yang lalu, Jember Mini Zoo semakin menambah daftar kunjungan wisata kebun binatang di Jawa Timur yang gak boleh dicoret dari list kamu. Jember Mini Zoo memadukan konsep rekreasi dan edukasi. Kehadiran kebun binatang ini jelas disambut baik mengingat di Kabupaten Jember belum memiliki kebun binatang sama sekali.

Meskipun mini, berbagai binatang bisa ditemui dan diajak berinteraksi di sini seperti misalnya kelinci, rusa, sapi hingga kuda poni. Ada pula beberapa hewan unggas seperti burung unta, burung merak, dan burung hantu. Gak berhenti disitu masih ada juga beberapa hewan lain seperti aneka reptile dan juga kura-kura.

Dengan luas kurang lebih 7 hektar, kebun binatang ini juga dilengkapi aneka wahana bermain dan terbaru ada waterboom, lho! Jember Mini Zoo jelas cocok banget untuk disambangi bersama keluarga.

Lokasi: Jalan Brawijaya, Komplek Redjo Agung, Tanjung, Mangli, Kaliwates, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.

Jam operasional: setiap hari pukul 09.00-16.30 WIB.

Harga tiket masuk: Rp20 ribu

 

 

 

Gimana, guys sudah ada gambaran mau ke mana saat liburan di Jawa Timur? Pastikan untuk menyambangi salah satu kebun binatang di Jawa Timur yang ada dalam daftar di atas, ya! Karena kasus COVID-19 melonjak lagi, tetap patuhi dan terapkan protokol kesehatan selama berwisata.

Baca Juga: Selama PPKM Darurat, 6 Satwa di Secret Zoo Melahirkan 

Annisa Nur Fitriani Photo Community Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya