TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Rekomendasi Paket Open Trip ke Kawah Ijen, Yuk Hunting Blue Fire

Ada yang meeting point-nya di Gresik, Surabaya, dan Sidoarjo

Ilustrasi berwisata di Kawah Ijen. (freepik.com/ kitzcorner)

Di zaman yang serba praktis ini, kamu bisa menikmati liburan ke destinasi impian dengan harga terjangkau, lho! Salah satu caranya adalah dengan mengikuti open trip. Biaya open trip jauh lebih murah dibandingkan private tour, sebab biaya transportasi dan biaya tour guide akan ditanggung bersama dengan wisatawan lainnya. 

Buat kamu yang lagi pengin berlibur ke Kawah Ijen untuk menyaksikan blue fire dari dekat dengan harga affordable, gak perlu khawatir lagi, ya. Sekarang sudah banyak jasa tour and travel yang menyediakan layanan open trip. Biar gak salah pilih, berikut 7 rekomendasi paket open trip Kawah Ijen yang hemat budget dan praktis. Yuk, simak!      

1. Kawah Ijen Id

Kawah Ijen Id menyediakan layanan open trip dan private trip. Paket open trip yang bisa kamu booking, yaitu open trip Kawah Ijen Blue Fire only serta Kawah Ijen Blue Fire dan Baluran. Jika memilih destinasi Kawah Ijen Blue Fire saja, kamu cuma perlu menyiapkan budget Rp200 ribu khusus Warga Negara Indonesia (WNI).

Dengan harga tersebut, kamu sudah bisa mendapat fasilitas service pulang pergi dari meeting point ke Paltuding dan sebaliknya, tour guide, tiket masuk, senter, dan air mineral. Harga ini belum termasuk hotel selama di Banyuwangi, masker gas Kawah Ijen, ojek troli agar tidak perlu trekking, dan keperluan pribadi lainnya. Jika ingin menambah destinasi ke Taman Nasional Baluran, kamu perlu membayar Rp400 ribu. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa langsung menghubungi nomor WhatsApp 0823-3686-2270 atau mengunjungi Instagram @kawahijen.id, ya!     

2. Yuk Banyuwangi

Yuk Banyuwangi menyediakan open trip ke Kawah Ijen dengan harga terjangkau, yaitu hanya Rp250 ribu per orang. Harga ini merupakan harga normal season, ya. Khusus peak season dan high season, harganya menjadi Rp299 per orang. Harga ini sudah termasuk transportasi selama tour, tiket masuk, local guide, air mineral, dan masker gas.    

Satu grup bisa diikuti 5 hingga 10 orang. Meski begitu, trip tetap akan berlangsung setiap hari tanpa menunggu kuota terpenuhi. Oh iya, untuk sampai ke Kawah Ijen, kamu memerlukan trekking selama 2-3 jam dengan rute kombinasi menanjak dan datar yang bisa ditempuh oleh balita hingga lansia dengan kondisi sehat. Kalau dirasa terlalu lelah, di sini menyediakan fasilitas ojek troli yang dibanderol sekitar Rp900 ribu. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa langsung menghubungi nomor WhatsApp 0813-5762-3911 atau mengunjungi Instagram @yukbanyuwangi, ya!        

Baca Juga: Naik DAMRI dari Banyuwangi ke Kawah Ijen Hanya Rp20 Ribuan

3. Kawan Jelajah Tour

Kawan Jelajah Tour menyediakan open trip Kawah Ijen Baluran Blue Fire Tour dari Surabaya, Gresik dan Sidoarjo. Paket open trip ini berangkat setiap weekend. Beberapa destinasi yang akan dikunjungi, yaitu Pendakian Puncak Gunung Ijen, Panorama View Kawah Ijen, Sunrise View Gunung Ijen, Hutan Mati Ijen, Savan Bekol Baluran, Spot Fosil Bateng Baluran, dan Pantai Bama Baluran. Harganya dibanderol Rp330 ribu per orang saat normal season. 

Kamu bisa memilih lokasi penjemputan di Gresik Kota, Kota Surabaya, dan Kabupaten Sidoarjo. Khusus Gresik, meeting point-nya berada di Terminal Bunder. Khusus Surabaya, meeting point-nya berada di Stasiun Pasar Turi, Indomaret Exit Tol Dupak, Masjid Al-Akbar, dan Terminal Bungurasih. Khusus Sidoarjo, meeting point-nya berada di Exit Tol Sidoarjo, Lippo Mall, dan Indomaret Arteri Porong. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa langsung menghubungi nomor WhatsApp 0813-3131-0359 atau mengunjungi Instagram @kawanjelajahtour, ya!         

4. Explore Ijen

Explore Ijen menyediakan layanan open trip seharga Rp250 ribu per orang. Meeting point-nya berada di Banyuwangi Kota. Trip ini akan berangkat setiap hari tanpa minimum kuota peserta. Durasi trip ini kurang lebih berlangsung selama 12 jam. Peristiwa menarik yang bisa kamu dapatkan dengan mengeksplorasi Kawah Ijen, salah satunya kamu bisa melakukan pendakian tengah malam menuju puncak kemegahan Kawah Ijen di ketinggian 2.443 mdpl.

Di sisi lain, kamu juga bisa menikmati fenomena alam unik yang hanya bisa dilihat saat gelap, yaitu blue fire atau api biru Kawah Ijen. Kamu juga bisa mengabadikan keindahan alami hijau tosca Danau Kawah Gunung Ijen. Tak hanya itu, di sini kamu bisa menikmati golden sunrise Ijen Crater di puncaknya. Dan yang tak kalah unik, kamu bisa belajar langsung dari penambang belerang yang bekerja di sekitar sana. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa langsung menghubungi nomor WhatsApp 0822-7300-5005 atau mengunjungi Instagram @exploreijen, ya!         

5. Mau Traveling

Mau Traveling menyediakan dua layanan open trip, yaitu Kawah Ijen saja yang dibanderol Rp300 ribu dan Kawah Ijen-Taman Baluran yang dibanderol Rp450 ribu. Dengan memilih open trip, yaitu sharing trip atau wisata gabungan, kamu gak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk menyewa kendaraan sendiri maupun mengumpulkan banyak orang hanya untuk menghemat biaya.

Meeting point pada trip kali ini berada di Banyuwangi Kota. Setelah itu, kamu cuma perlu mengikuti agenda yang telah ditentukan, tanpa perlu repot-repot mempersiapkan segala keperluan. Jadwal trip Kawah Ijen dan Baluran ini sudah standar tour yang memiliki jadwal fleksibel dan tidak mengikat peserta. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa langsung menghubungi nomor WhatsApp 0812-676-4007 atau mengunjungi Instagram @mautraveling, ya!         

6. Tour Banyuwangi

Tour Banyuwangi menyediakan paket wisata Kawah Ijen murah untuk memfasilitasi kebutuhan berwisata dengan mudah dan murah tetapi tetap nyaman. Open Trip Ijen ini diselenggarakan setiap hari. Open trip pasti lebih murah, sebab dalam paket ini wisatawan berangkat bersama, bergabung dengan wisatawan yang lain, sehingga biaya guide dan transportasi bisa ditanggung secara bersama.

Harga open trip Kawah Ijen hanya dibanderol Rp230 ribu per orang. Kamu bisa memesannya kapan saja, sebab tour ini pasti berangkat setiap hari tanpa minimal jumlah peserta. Harga ini sudah termasuk transportasi pulang pergi dari dan ke Kawah Ijen, tiket masuk, air mineral, tour guide, sewa masker gas, dan asuransi yang terlampir di tiket Kawah Ijen. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa langsung menghubungi nomor WhatsApp 081-1341-1712 atau mengunjungi Instagram @tourbanyuwangi, ya!         

Verified Writer

Talita Hariyanto

Manusia hina sebagai makhluk mulia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya