TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Madiun Umbul Square: Lokasi, HTM, Daya Tarik, dan Fasilitas

Tersedia aneka wahana, program edukasi, bahkan pemandian

Foto bersama satwa di mini zoo Madiun Umbul Square. (instagram.com/madiunumbulsquare)

Weekend menjadi momen yang sangat dinantikan banyak orang karena menjadi kesempatan untuk melepas penat setelah satu minggu melakukan rutinitas. Salah satu cara untuk menikmati weekend adalah melakukan aktivitas seru, seperti mengunjungi tempat wisata.     

Di Madiun, kamu bisa menemukan tempat wisata yang menarik, namanya Madiun Umbul Square. Tak hanya refreshing, di sini kamu juga bisa belajar banyak hal seputar flora dan fauna. Biar gak penasaran lagi, yuk simak informasi lengkap seputar Madiun Umbul Square yang worth it buat dikunjungi!  

1. Lokasi dan Jam Operasional

Briefing outing class di Madiun Umbul Square. (instagram.com/madiunumbulsquare)

Madiun Umbul Square berlokasi di Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Tempat wisata yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Madiun ini beroperasi setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.30 WIB.

Dengan jam buka yang cukup panjang, kamu bisa menikmati sensasi berendam di kolam renang yang bersumber dari mata air belerang sampai bermain aneka wahana seru yang tak kalah menarik untuk dieksplorasi. 

Baca Juga: Madiun Umbul Square Terancam Sanksi Berat Akibat Penjualan Satwa

2. Harga Tiket Masuk

Pintu masuk Madiun Umbul Square. (instagram.com/madiunumbulsquare)

Madiun Umbul Square merupakan tempat wisata yang menjadi incaran banyak wisatawan. Dengan harga tiket masuk (HTM) yang murah meriah, tak heran jika banyak wisatawan yang bertandang ke sini. 

HTM weekday selama Senin sampai Jumat hanya dibanderol Rp10 ribu per orang, sedangkan HTM weekend selama Sabtu dan Minggu dibanderol Rp20 ribu per orang. Dengan harga ini, kamu sudah bisa menikmati beragam fasilitas yang tersedia. Bahkan, kamu juga bisa belajar banyak hal seputar flora dan fauna di sini. Khusus high season, hari libur nasional, atau event, HTM-nya dibanderol Rp20 ribu. Oh iya, anak berusia di bawah 3 tahun tidak perlu membeli tiket.  

Agar lebih hemat, tempat wisata ini juga menawarkan member keluarga. Dengan mengambil tawaran ini, kamu bisa berwisata di Madiun Umbul Square sepuasnya selama satu tahun hanya dengan membayar Rp165 ribu. Oh iya, kartu member bisa digunakan hingga 4 orang, lho! Satu catatan, kartu member keluarga ini tidak berlaku pada waktu event, ya.   

3. Daya Tarik

Wisatawan menikmati Madiun Umbul Square. (instagram.com/madiunumbulsquare)

Wisata Madiun Umbul Square bisa dikatakan wisata alam, sebab di sini terdapat pemandian air panas yang mengandung belerang. Konon katanya, sumber belerang yang ada di pemandian ini dimunculkan oleh Ki Ageng Rongkusumo yang bertapa di depan sumber air. 

Lokasi ini sudah ada sejak zaman peninggalan Belanda. Meski sempat vakum sekitar 10 tahun dikarenakan sepinya pengunjung, akhirnya pada tahun 2013 pihak pengelola berinisiatif untuk merenovasi tempat wisata ini.

Semula, tempat wisata ini hanya memiliki pemandian air panas. Setelah renovasi, tempat wisata ini akhirnya memiliki berbagai wahana dan program edukasi untuk menarik minat pengunjung. Hingga kini, Madiun Umbul Square semakin ramai dikunjungi wisatawan. Tak hanya dari Madiun, wisatawan dari luar kota seperti Ponorogo, Nganjuk, dan Surabaya turut memadati tempat ini.

Verified Writer

Talita Hariyanto

Manusia hina sebagai makhluk mulia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya