TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sesekali Blusukan, 5 Pasar Tradisional di Surabaya Ini Layak Didatangi

Biar gak ngemal terus gesss

Pasar Genteng (instagram.com/nananglamattiro)

Apabila saat bepergian ke luar negeri kita tidak segan untuk mengunjungi pasar lokal di negara tersebut, maka sesekali boleh lah kita melirik pasar tradisional milik sendiri. Keistimewaan dari mengunjungi pasar tradisional adalah kita dapat melihat secara langsung budaya lokal daerah tersebut. Kemudian dari segi keuangan, berbelanja di pasar lebih ekonomis dibandingkan dengan berbelanja di mall.

Hampir di setiap kota besar di Indonesia mempunyai minimum satu pasar yang terkenal seperti pasar Keputran. Selain Keputran, ada beberapa pasar lainn yang tidak kalah menarik. Di mana? Ini 5 di antaranya.

1. Pasar Pabean

Pedagang di Pasar Pabean (instagram.com/rimangwall)

Pasar Pabean adalah pasar ikan dan rempah-rempah yang konon sudah berdiri dari tahun 1849. Terletak di jalan Songoyudan, Surabaya, pasar Pabean selain menjual ikan dan rempah-rempah juga menjual jilbab.

Ikan yang dijual di sini beraneka ragam, ada ikan tawar hingga ikan laut. Rempah yang dapat kita beli adalah rempah untuk obat-obatan atau jamu, dan bumbu dapur. Pasar Pabean buka setiap hari. 

2. Pasar Bratang

kios penjual bunga di Pasar Bratang (instagram.com/pasarsurya.official)

Pasar Bratang terletak di jalan Bratang Binangun, Surabaya. Pasar ini menjual bunga, tanaman, dan binatang burung. Letak pasar bunga berada di sebelah barat kios-kios yang menjual binatang burung. 

Pengunjung dapat melihat-lihat aneka jenis tanaman dan bunga di Pasar Bratang. Sementara untuk daerah yang menjual burung, tempat ini juga sering dijadikan tempat berkumpul para kolektor burung. 

Baca Juga: Masuk 6 Pasar Tradisional Ini Wajib Pakai Aplikasi PeduliLindungi

3. Pasar Genteng

suasana di dalam Pasar Genteng. dok. Instagram/@omjeremyy

Pasar Genteng terkenal sebagai tempat yang menjual oleh-oleh khas Surabaya, lauk makanan, dan elektronik. Pasar ini cukup luas dan memiliki 3 lantai. 

Lokasi pasar Genteng berada di jalan Genteng Besar, di belakang Museum Majapahit. Pasar ini biasanya ramai terus terutama saat musim liburan. Sebabnya di dalam pasar ini terdapat toko oleh-oleh terkenal seperti toko Bhek dan Sudi Mampir. 

4. Pasar Keputran

Pasar Keputran (instagram.com/hadiwnjoto)

Pasar Keputran ada dua yaitu di sebelah utara dan selatan jalan Raya Urip Sumoharjo. Pasar Keputran di utara atau dikenal dengan nama pasar Keputran lama menjual barang kebutuhan pokok, tanaman, dan janur.

Pasar Keputran yang di selatan adalah pasar malam dan pusat jual beli sayur terbesar di Surabaya. Pedagang biasanya mulai bersiap-siap untuk berjualan sekitar pukul 3 sore hingga besok pagi sekitar pukul 8. 

Baca Juga: 7 Tips anti Repot Berbelanja di Pasar Tradisional

Verified Writer

Maria Sutrisno

"Less is More" Ludwig Mies Van der Rohe.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya