TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Anak Senja Merapat, 10 Pantai Indah di Tuban yang Super Instagramable 

Banyak pantai yang baru dibuka untuk umum loh

Pantai Boom Tuban. (instagram.com/masdoel17)

Berkunjung ke Tuban, tak lengkap rasanya jika gak explore wisata-wisata alamnya. Salah satu wisata yang menjadi unggulan di Tuban adalah wisata pantai. Maklum, Tuban memiliki garis pantai sepanjang 66 kilometer. 

Panorama elok yang memanjakan mata, suara debur ombak yang menenangkan, serta udara sejuknya selalu berhasil membuat kita melupakan sejenak segala permasalahan. Tuban sendiri rupanya menyimpan banyak pantai indah yang wajib kamu kunjungi. Berikut 10 daftar pantai terindah di Tuban, Jawa Timur. Simak, yuk!

1. Pantai Boom 

Pantai Boom Tuban. (instagram.com/masdoel17)

Pantai Boom merupakan salah satu pantai yang terkenal di Tuban. Selain karena panorama indahnya, Pantai Boom juga memiliki lokasi yang sangat strategis karena dekat dengan Alun-alun Tuban. Menjadi saksi bisu kejayaan sebuah kerajaan, Pantai Boom rupanya sempat menjadi pelabuhan utama untuk industri dan perdagangan di masa Majapahit. Hal ini dibuktikan dengan adanya relief indah di gerbang pantainya.

Alamat: Kutorejo, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban.

Jam Operasional: 06.00-18.00 WIB.

Harga Tiket: Rp6 ribu.

Baca Juga: 15 Tempat Wisata di Tuban untuk Liburan 2022, Refreshing Murah Meriah!

2. Pantai Surindah 

Pantai Surindah. (instagram.com/wisatajattim.id)

Pantai Surindah menjadi hidden gem baru yang menjadi incaran wisata anak muda Tuban. Belum terlalu terkenal, Pantai Surindah masih memiliki panorama alam yang asri. Nama Surindah sendiri diambil dari nama lokasi pantai, yang dulunya merupakan tempat pembenihan anak ikan bandeng. Hal ini menyisakan sebuah bangunan terbengkalai yang kemudian menjadi objek foto estetik bagi setiap pengunjung yang datang. Tak sedikit pula yang melangsungkan prewedding di sini, lho!

Alamat: Glagah, Temaji, Kec. Jenu, Kabupaten Tuban.

Jam Operasional: 24 jam.

Harga Tiket: Gratis

3. Pantai Mangrove Center 

Pantai Mangrove Center. (instagram.com/ilovetuban)

Pantai Mangrove Center, cocok menjadi jujugan wisata ketika kamu melintasi Jalur Pantura. Pasalnya, pantai ini berada dekat di tepi jalan utama. Wisata ini cocok kamu kunjungi bersama keluarga, karena selain menikmati panorama pantai yang indah, kamu juga bisa masuk area pembudidayaan mangrove.  Selain itu, di sini terdapat tempat penangkaran binatang. Paket lengkap untuk berwisata edukasi bersama anak, nih! Yakin gak mampir?

Alamat: Jl. Raya Tuban – Semarang No.KM, RW.6, Kajenom, Jenu, Kec. Jenu, Kabupaten Tuban

Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB.

Harga Tiket: Rp5 ribuan.

4. Pantai Cemara 

Spot foto Pantai Cemara Tuban. (instagram.com/mbolangjatim)

Pantai Cemara merupakan destinasi paling tepat, jika kamu mencari pantai dengan suasana paling teduh dan tenang. Pasalnya, pantai ini di kelilingi oleh pepohonan cemara yang indah. Destinasi ini juga kerap kali diburu wisatawan untuk hasilkan foto indah, karena setiap spot yang ada nampak sangat instagramable. Hunting, yuk!

Alamat: Desa Sugihwaras, Jenu, Kabupaten Tuban.

Jam Operasional: 24 jam.

Harga Tiket: Rp5 ribu.

5. Pantai Gerdu Laut 

Pantai Gerdu Laut. (instagram.com/tubannow)

Pantai Gerdu Laut memiliki lokasi strategis, dimana berhadapan langsung dengan klenteng Kwan Sing Bio Tuban. Pantai ini seringkali menjadi jujugan para pencinta senja karena keelokan panorama sore harinya yang memanjakan mata. Pantulan indah cahaya matahari yang merah, membuat air laut serasa kemerahan pula. Sensasi eksotis ini, juga didukung dengan kondisi pantai yang seringkali masih sepi, sehingga suasana tenang akan kuat terasa di sini.

Alamat: Karangsari, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban.

Jam Operasional: 24 jam.

Harga Tiket: Gratis.

6. Pantai Remen 

Pantai Remen. (instagram.com/beritatuban)

Pantai Remen merupakan pilihan yang tepat, ketika kamu ingin piknik bersama teman dan keluarga. Pantai dengan hamparan pasir putih yang luas ini, nampak semakin indah dengan adanya beberapa pohon cemara yang tumbuh di area pantai. Selain itu, banyak gazebo telah disediakan oleh pengelola, sehingga pengunjung bisa lebih santai menghabiskan waktu di Pantai Remen.

Alamat: Remen, Kec. Jenu, Kab. Tuban.

Jam Operasional: 06.30-17.00 WIB.

Harga Tiket: Rp5 ribu.

7. Pantai Sowan 

Pantai Sowan. (instagram.com/dinazubeth)

Pantai Sowan menjadi pantai yang sangat terkenal di Tuban, karena panorama alamnya yang super indah. Pantai yang dikelola oleh pihak Perhutani Tuban ini, ditumbuhi banyak pepohonan besar yang membuat suasananya semakin rindang.

Pantai ini telah dilengkapi berbagai fasilitas penunjang, yang semakin membuat pengunjung betah berlama-lama di Pantai Sowan. Fasilitas ini diantaranya adalah, wahana sepeda gantung, karpet terbang, hingga flying fox. Bagi kamu yang ingin memacu adrenalin wajib coba, nih!

Alamat: Bogoran, Bogorejo, Kec. Bancar, Kabupaten Tuban.

Jam Operasional: 07.00-16.30 WIB.

Harga Tiket: Rp10 ribu.

8. Pantai Kelapa 

Pantai Kelapa. (instagram.com/chofifah25)

Pantai Kelapa memiliki panorama yang unik, di mana dikelilingi banyak pohon cemara yang menjulang tinggi. Selain itu, air lautnya yang biru dan pasir putihnya yang masih bersih, juga menjadi daya tarik wisatawan selalu ramai datang ketika weekend telah tiba. Pantai ini menyediakan fasilitas ATV yang bisa disewa pengunjung untuk berkeliling menikmati setiap sudut keindahan Pantai Cemara. Beruntung, pantai ini memiliki rute yang mudah, yakni hanya 5 kilometer saja dari pusat kota, sehingga kamu tidak khawatir kelelahan selama berwisata.  

Alamat: Desa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Jam Operasional: 07.30-17.00 WIB.

Harga Tiket: Rp10 ribu.

9. Pantai Stockpile 

Pantai Stockpile. (instagram.com/ahmadfatonibaihaqi)

Pantai Stockpile dapat menjadi pilihan paling tepat, untuk berwisatawa bersama anak-anak. Pantai dengan air yang cukup dangkal ini, akan sangat aman digunakan untuk berenang atau sekadar bermain air di pinggiran. Selain itu, pemandangannya yang indah juga selalu berhasil membuat kita refreshing sejenak dan melupakan permasalahan.

Alamat: Karangdowo, Kec. Jenu, Kab. Tuban.

Jam Operasional: 24 jam.

Harga Tiket: Gratis.

Baca Juga: 7 Wisata Keren yang Tersembunyi di Tuban, Bak Menemukan Harta Karun

Verified Writer

EGYDIA ARTAMEVIA

Check @egydiard on instagram

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya