TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Melihat Upacara Adat Bersih Nagari di Tulungagung

Peringati hari jadi ke 817

Tumpeng yang digunakan dalam upacara adat bersih nagari Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Tulungagung, IDN Times - Pemkab Tulungagung menggelar upacara adat Bersih Nagari. Upacara ini merupakan rangkaian acara peringatan Hari Jadi ke 817 Kabupaten Tulungagung. Upacara adat tersebut diselenggarakan setiap tanggal 18 November, sesuai dengan penanggalan dalam Prasasti Lawadan, yang ditetapkan sebagai rujukan peringatan Hari Jadi Kabupaten Tulungagung.

Baca Juga: 5 Kerajinan Khas Tulungagung, Cocok untuk Oleh-oleh

1. Mengarak tumpeng lanang dan buceng wadon

Tumpeng yang digunakan dalam upacara adat bersih nagari Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Dalam upacara ini dua buah tumpeng berukuran raksasa yang diberi nama Tumpeng Lanang dan Buceng Wadon, diarak menuju Pendopo Kongas Arum Kusumaningbongso. Tumpeng Lanang terdiri dari nasi kuning lengkap dengan aneka lauk pauk, sedangkan Buceng Wadon berisi aneka buah buahan. Setelah didoakan, kedua tumpeng ini kemudian dibawa ke luar pendopo. Ribuan warga yang telah menunggu di luar halaman langsung berebut isi tumpeng.

2. Warga antusias berebut tumpeng usai acara

Warga berebut tumpeng dalam upacara adat bersih nagari Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Sutinah (37), salah seorang warga yang ikut berebut tumpeng ini mengaku senang dengan upacara ini. Selama 2 tahun terkahir, tradisi berebut tumpeng tersebut ditiadakan karena dalam masa pandemik covid-19. Masyarakat sangat antusias memperebutkan isi dari tumpeng yang telah didoakan ini. Begitu pintu pagar pendopo dibuka, mereka langsung berlari berebut isi tumpeng.

"Ini dapat buah dan aneka sayuran rencana untuk dimasak sendiri," ujarnya, Jumat (18/11/2022)

Baca Juga: 5 Rekomendasi Warung Lesehan di Tulungagung, Bikin Enak Makan

Verified Writer

Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya