TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Pesona Gili Pandan, Pulau Tak Berpenghuni di Sumenep

Serasa liburan di pulau pribadi, nih!

Pantai di Gili Pandan (Instagram/gilipandan_madura)

Gili Pandan merupakan pulau kecil yang berada perbatasan antara Sumenep dan Pamekasan dan masuk Kecamatan Gili Genting. Pulau ini adalah pulau tak berpenghuni yang memiliki panorama alam yang mempesona dan tidak kalah menarik dari gili lain yang ada di Madura.

Gili Pandan sangat recommended untuk kamu yang sedang mencari destinasi wisata yang tenang dan jauh dari keramaian. Penasaran dengan daya tarik dan keindahan alam Gili Pandan? Yuk simak informasinya berikut!

1. Gili Pandan memiliki keindahan yang mempesona, pantainya berpasir putih dan bersih dengan ombak yang tenang. Selain itu, Gili Pandan juga akan tampak semakin indah saat senja.

Gili Pandan saat senja (Instagram/gilipandan_madura)

Baca Juga: 5 Tips Liburan Hemat ke Sumenep, Eksplor Ujung Timur Pulau Madura

2. Saking beningnya, pengunjung bisa melihat biota laut seperti ikan serta terumbu karang yang berwarna-warni dengan cukup jelas.

Perairan Gili Pandan (Instagram/potretmadura)

3. Untuk ke Gili Pandan, kamu bisa menyeberang lewat Pantai Talang Siring Pamekasan atau Desa Kadura Barat dan kemudian menyewa perahu nelayan dengan waktu yang dibutuhkan sekitar 3 hingga 4 jam perjalanan.

Wisatawan menuju Gili Pandan (Instagram/gilipandan_madura)

4. Perairan di Gili Pandan juga terbilang jernih dan tenang, sehingga kerap dijadikan sebagai spot untuk berenang, bermain banana boat hingga snorkeling.

Perairan Gili Pandan (Instagram/gilipandan_guide)

5. Pulau kecil yang memiliki luas kurang dari 2 hektar ini bisa dikelilingi hanya dalam waktu sekitar 10 menit saja.

Gili Pandan nampak dari atas (Instagram/potretmadura)

6. Terdapat beberapa spot foto menarik yang dapat digunakan pengunjung untuk berswafoto.

Spot foto Gili Pandan (Instagram/photomadura)

7. Liburan ke Gili Pandan dapat memberikan pengalaman layaknya berkunjung di pulau pribadi. Sehingga sangat cocok untuk kamu yang membutuhkan suasana tenang.

Gili Pandan (Instagram/enjoysumenep)

8. Gili Pandan merupakan salah satu dari lima pulau yang tidak berpenghuni di Madura yakni Pulau Pasir Putih, Gili Duak, Karag Gemer dan Karangnoko.

Gili Pandan (Instagram/potretmadura)

9. Jika dilihat dengan foto dari udara, Gili Pandan akan nampak seperti pulau dengan bentuk hati. Ketika surut, di pulau ini akan terlihat batuan bekas dataran yang lumayan luas.

Gili Pandan nampak dari atas (Instagram/photomadura)

Baca Juga: 10 Pesona Gili Raja, Surga Tersembunyi di Sumenep

Verified Writer

Alvi Nur Jannah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya