Comscore Tracker

7 Wisata Hutan Pinus Paling Hits di Jawa Timur, Back To Nature! 

Wisata paling tepat untuk me-refresh pikiran.

Belakangan ini, hutan pinus mulai menjadi tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Suasana alam yang asri serta pepohonan pinus yang berjejer dengan rapi akan memanjakan mata. Belum lagi, berbagai wahana serta spot foto yang menarik ditambah dengan panorama alamnya yang indah akan membuat pikiran makin fresh setelah liburan.

Nah, jika kamu sedang mencari destinasi wisata pinus di daerah Jawa Timur, berikut adalah 7 hutan pinus yang paling hits di Jawa Timur, wajib untuk kamu kunjungi setidaknya sekali seumur hidup!

1. Wisata Pinus Songgon

7 Wisata Hutan Pinus Paling Hits di Jawa Timur, Back To Nature! Wisata Pinus Songgon (WPS) Banyuwangi (facebook.com/Tour Banyuwangi)

Wisata alam di Banyuwangi ini memiliki pemandangan yang ciamik dengan beberapa spot foto instagramable. Sehingga, tidak heran banyak pengunjung lokal yang memenuhi kawasan wisata.

Di sekitar kawasan Wisata Pinus Songgon juga terdapat sungai Badeng yang menjadi lokasi kegiatan tubing atau pun rafting oleh pecinta alam. Di tempat wisata ini, pengunjung juga bisa bersantai dengan menggunakan hammock sembari menikmati suasana alam yang asri.

Lokasi: Kare, Kec. Kare, Kabupaten Madiun.

Jam operasional: 07.00-17.00 WIB

Tiket: Rp5 ribu

2. Hutan Pinus Loji

7 Wisata Hutan Pinus Paling Hits di Jawa Timur, Back To Nature! Hutan Loji Pinus Blitar (facebook.com/Hutan Pinus Loji)

Hutan Pinus Loji berlokasi di lereng Gunung Kelud dan berada di atas ketinggian sekitar 680 mdpl. Kondisi ini membuatnya membuat hutan ini memiliki hawa yang cukup dingin. Selain menikmati kesegaran udara di sana, ada juga beberapa spot foto instagramable yang bisa kamu gunakan untuk mengabadikan liburanmu.

Tidak hanya berfoto-foto, buat kamu yang suka mendaki bisa mencoba untuk melakukan pendakian Gunung Kelud via Tulungrejo. Tempat ini juga cocok buat kamu yang sekedar ingin piknik keluarga atau camping di tempat tinggi tanpa perlu mendaki.

Lokasi: Celeng, Tulungrejo, Kec. Gandusari, Kabupaten Blitar.

Jam operasional: 08.00-17.00 WIB

Tiket: Rp3 ribu

3. Hutan Pinus Semeru

7 Wisata Hutan Pinus Paling Hits di Jawa Timur, Back To Nature! Hutan Pinus Semeru (facebook.com/Hutan Pinus Semeru )

Malang yang berada di dataran tinggi memiliki salah satu wisata Hutan Pinus dengan suasana alam yang asri. Saat berkunjung ke tempat ini, kamu tidak hanya disuguhi pemandangan pepohonan namun juga pernak-pernik payung berwarna yang digantung dan menghiasi Hutan Pinus.

Wisata Hutan Pinus Semeru juga terjaga kebersihannya sehingga akan membuat betah pengunjung. Pihak pengelola juga menyediakan kursi-kursi kayu di area wisata ini sebagai tempat duduk atau bersantai dengan hammock serta selfie diberbagai spot foto yang menarik.

Lokasi: Area Sawah/Kebun, Sumberputih, Kec. Wajak, Kabupaten Malang.

Jam operasional: 24 jam

Tiket: gratis

4. Wisata Hutan Pinus Gogoniti

7 Wisata Hutan Pinus Paling Hits di Jawa Timur, Back To Nature! Wisata Hutan Pinus Gogoniti, Pasuruan (facebook.com/Wisata Hutan Pinus Gogoniti)

Selanjutnya, ada di Pasuruan juga ada Wisata Hutan Pinus Gogoniti. Lokasi tepatnya berada di tengah-tengah antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar. Hutan Pinus Gogoniti memiliki sejumlah spot foto instagramable, sehingga sangat cocok buat kamu yang memiliki hobi berswafoto.

Spot foto paling favorit di Hutan Pinus Gogoniti adalah gembok cinta, rumah pohon, tangan ditata dengan bambu dan masih banyak lagi lainnya. Kamu juga bisa membawa hammock dan bersantai sambil menikmati suasana alam. Untuk bisa menunggang kuda, kamu perlu membayar Rp10 ribu saja lho!

Lokasi: Kemirigede Krajan, Kemirigede, Kec. Kesamben, Kabupaten Blitar.

Jam operasional: Sabtu-Kamis, 08.00-17.00 WIB

Tiket: gratis

Baca Juga: Informasi Taman Pinus Campervan Park, Wisata Camping Hits di Batu

5. Hutan Pinus Nongko Ijo

7 Wisata Hutan Pinus Paling Hits di Jawa Timur, Back To Nature! Hutan pinus nongko ijo (desakare.com)

Hutan pinus di Madiun satu ini sangat rekomended buat kamu yang ingin refreshing melepas penat. Destinasi wisata Hutan Pinus Nongko Ijo menyugukan panorama alam yang mempesona dengan udara dan suasana asri dilengkapi berbagai spot menarik.

Pihak pengelola juga menyediakan area camping ground, flying fox, ATV, outbound, gazebo dan berbagai spot foto yang instagramable. Kamu juga bisa memanfaatkan toilet, mushala serta gazebo untuk bersantai di Hutan Pinus Nongko Ijo.

Lokasi: Sumberagung, Sumberbulu, Kec. Songgon, Kabupaten Banyuwangi.

Jam operasional: 07.00-20.00 WIB

Tiket: Rp5 ribu

6. Wana Wisata Bukit Pinus Wonosalam

7 Wisata Hutan Pinus Paling Hits di Jawa Timur, Back To Nature! Pengunjung berswafoto di Wana Wisata Bukit Pinus Wonosalam. (Instagram.com/asli_jombang)

Salah satu wisata pinus yang menarik untuk dikunjungi di Jombang adalah Wana Wisata Bukit Pinus Wonosalam. Yang menarik dari wisata ini adalah berbagai spot foto yang menyebar di seluruh kawasan hutan pinus untuk memudahkan para wisatawan dalam melakukan pengambilan foto.

Penyediaan spot foto dari yang biasa hingga ekstrem telah disediakan seperti sepeda gantung, taman payung, rumah pohon dan masih banyak lainnya. Selain itu, terdapat hammock yang dapat kamu gunakan untuk bersantai dan menikmati suasana asri di Wana Wisata Bukit Pinus Wonosalam.

Lokasi: Jl. Boklorobubuh, Area Sawah/Kebun, Perhutani, Carangwulung, Kec. Wonosalam, Kabupaten Jombang.

Jam operasional: 08.00-16.00 WIB

Tiket: Rp6 ribu

7. Puthuk Panggang Welut

7 Wisata Hutan Pinus Paling Hits di Jawa Timur, Back To Nature! Puthuk Panggang Welut (facebook.com/Puthuk Panggang Welut)

Terakhir, ada Puthuk Panggang Welut yang berada di Mojokerto. Tempat wisata ini menawarkan panorama alam yang memanjakan mata dengan landscape Gunung Penanggungan. Fasilitas yang bisa kamu manfaatkan di Puthuk Panggang tersebut antara lain adalah toilet, mushala, spot foto, camping Ground hingga free wifi.

Di tempat wisata ini juga terdapat berbagai spot foto mulai dari rumah pohon, payung warna-warni, batu warna-warni, frame love, taman bunga dan masih banyak lagi lainnya. Tak hanya itu, di sekitar kawasan lokasi wisata juga terdapat Air Terjun Curah Watu lho!

Lokasi: Nogosari, Kec. Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Jam operasional: 08.00-17.30 WIB

Tiket: Rp10 ribu

 

Di antara 7 wisata hutan pinus yang paling hits di Hawa Timur tersebut, hutan pinus mana nih yang sudah pernah kamu kunjungi?

Baca Juga: Hutan Pinus Loji Blitar, Piknik Asyik di Lereng Gunung Kelud

Alvi Nur Jannah Photo Community Writer Alvi Nur Jannah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya