Comscore Tracker

6 Kafe yang Sajikan Sensasi Ngopi di Atas Aliran Sungai

Ngopi sambil menikmati aliran air sungai di bawah kakimu!

Ngafe atau menikmati makanan serta minuman di kafe menjadi budaya yang semakin marak dilakukan anak muda jaman sekarang. Pengelola kafe pun berlomba-lomba untuk menyajikan konsep yang unik dan menarik.

Belakangan ada konsep kafe terbaru yang cukup unik, yaitu ngopi di atas aliran sungai. Bisa dibayangkan rasanya menyeduh ngopi atau menyantap makanan sambil menikmati arus air yang mengalir lirih melewati kakimu?

Nah, jika kamu penasaran dan ingin mencoba sensasi ngafe di atas aliran sungai, berikut 6 rekomendasinya di Jawa Timur!

1. Cafe Kebon Salak 

6 Kafe yang Sajikan Sensasi Ngopi di Atas Aliran SungaiSuasana Cafe Kebon Salak. (Instagram.com/bonsal.co)

Pertama, kamu bisa mengunjungi kafe Kebon Salak di Trenggalek. Kafe ini menyuguhkan suasana alam yang sejuk dengan bangku-bangku yang diletakkan di atas aliran sungai yang mengalirkan air jernih.

Suasana ngopi di sini makin terasa syahdu karena kafe tersebut dikelilingi oleh perkebunan salak. Tak cuma menawarkan pemandangan alam yang unik, kafe ini juga punya berbagai menu, mulai tradisional sampai jajanan modern.

Lokasi: Gemaharjo, Kec. Watulimo, Kabupaten Trenggalek.

Jam operasional: 09.00-17.00 WIB

2. Sumber Biru Wonosalam 

6 Kafe yang Sajikan Sensasi Ngopi di Atas Aliran SungaiSuasana Cafe Sumber biru. (Instagram.com/kotasala)

Dari Jombang, ada juga kafe yang berlokasi di Wisata Alam Sumber Biru. Seperti namanya, lokasi ini berada di tengah perkebunan sehingga kanan-kirinya dipenuhi dengan pepohonan yang mendatangkan suasana sejuk.

Untuk masuk ke lokasi wisata ini, kamu perlu membayar tiket Rp5 ribu. Sedangkan untuk bisa menikmati menyantap makanan atau minuman di atas aliran air, kamu bisa membelinya di cafe yang berada di pinggir sungai.

Lokasi: Jl. Argobiru, Ngembag, Dsn Wonotirto, Ds, Wonotirto, Wonomerto, Kec. Wonosalam, Kabupaten Jombang.

Jam operasional: Weekdays 08.00-17.00, Weekend 08.00-19.00

3. Kopi Keceh 

6 Kafe yang Sajikan Sensasi Ngopi di Atas Aliran SungaiSuasana Kopi Keceh. (Instagram.com/yoiki_malang)

Selanjutnya adalah Kopi Keceh yang berada di Malang. Keceh sendiri kalau dalam bahasa Jawa Malang artinya bermain air dengan kaki. Nah, di tempat ini kamu bisa nongkrong ataupun bermain air di aliran Sungai Jahe lho!

Berbagai menu di Kopi Keceh ditawarkan dengan tarif yang murah saja. Beberapa minuman serta makanan yang bisa kamu pesan antara lain kopi, es kelapa, serta teh. Ada juga makanan ringan seperti gorengan ataupun sempol dan beberapa makanan berat seperti rujak, nasi pecel, rawon, bakso, ataupun ayam geprek.

Lokasi: Coban Tarsan, Kopi Keceh Kali Jae, Coban Jahe 3, Pandansari Lor 2, Dusun Begawan, Taji, Kec. Jabung, Kabupaten Malang.

Jam operasional: 08.00-17.00

4. Umbalan Tanaka Waterfall 

6 Kafe yang Sajikan Sensasi Ngopi di Atas Aliran SungaiSuasana di Umbalan Tanaka Waterfall. (Instagram.com/yetty_aksa)

Umbalan Tanaka Waterfall merupakan salah satu destinasi wisata air di daerah Malang. Ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di tempat ini salah satunya adalah menyantap makanan atau minuman di atas aliran air sungai.

Selain sensasi ngopi di atas air, kamu juga bisa menikmati pemandangan alam yang dikolaborasikan dengan pemandangan buatan yang dibangun oleh pihak pengelola. Cafe di Wisata Tanaka Waterfall ini menyajikan berbagai makanan ringan dan berat, kopi serta coklat panas.

Lokasi: Arjomulyo, Bangelan, Kec. Wonosari, Kabupaten Malang.

Jam operasional: 07.00-17.00 WIB

 5. Kafe Kali TGS (Telaga Sari Garden) 

6 Kafe yang Sajikan Sensasi Ngopi di Atas Aliran SungaiSuasana Kafe Kali TGS. (Instagram.com/wisatadimalang)

Masih di Malang, ada kafe Telaga Sari Garden yang berada di atas aliran sungai dengan pemandangan alam berupa taman yang indah. Tak hanya menyantap makanan ataupun minuman, kamu juga bisa berfoto-foto di spot foto yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

Tiket masuk ke lokasi ini dibanderol Rp5 ribu saja namun harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pihak pengelola. Menu yang bisa kamu pilih antara lain gorengan, mie goreng, pop mie dan juga minuman contohnya saja seperti kopi dan masih banyak lagi lainnya.

Lokasi: Dusun Tegir, Pandansari Lor, Kec. Jabung, Kabupaten Malang.

Jam operasional: 09.00-17.00 WIB

6. Wisata Alaska Kediri 

6 Kafe yang Sajikan Sensasi Ngopi di Atas Aliran SungaiSuasana cafe di Wisata Alaska Kediri. (Instagram.com/nongkrongkediri)

Terakhir, ada Wisata Alaska Kediri. Lokasi kafe ini berada di tengah hutan seluas 5 hektare dan dipenuhi oleh pepohonan karet. Aliran sungai yang tenang akan menemanimu menghabiskan waktu dengan menyeduh kopi atau menikmati berbagai menu yang disajikan.

Kamu juga bisa bersantai di atas hammock, berfoto di spot foto yang telah disediakan serta melihat monyet di penangkaran. Untuk bisa masuk ke lokasi ini, kamu bisa membayar biaya retribusi secara sukarela lho! Menarik bukan?

Lokasi: Tempurejo, Kec. Wates, Kabupaten Kediri.

Jam operasional: 08.00-16.00 WIB

 

 

Suasana sejuk alam ditambah dengan aliran air yang mengalir melewati kaki pasti akan membuat pikiran serta tubuh kembali fresh. Jadi, apakah di daerahmu ada cafe di atas aliran sungai juga?

Baca Juga: 6 Kafe Romantis di Surabaya, Cocok untuk Rayakan Ulang Tahun 

Alvi Nur Jannah Photo Community Writer Alvi Nur Jannah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya