Comscore Tracker

Selain Pantai! Ini 6 Destinasi Wisata Air Alami di Blitar

Sejuk dan asri lho!

Berkunjung ke wisata air menjadi salah satu pilihan yang tepat saat musim panas atau kemarau. Sebab, bermain air dapat memberikan kesegaran bagi tubuh. Wisata air juga cocok untuk dikunjungi sendirian maupun bersama keluarga, teman atau pasangan.

Bila kamu sedang memiliki rencana untuk mengunjungi destinasi wisata air di Blitar, tidak ada salahnya untuk mencoba wisata air alaminya. Berikut 6 destinasi wisata air alami yang berlokasi di Blitar!

1. Sumur Amber 

Selain Pantai! Ini 6 Destinasi Wisata Air Alami di BlitarWisata air Sumur Amber (Instagram/yulisakhania)

Wisata air alami pertama yang dimiliki oleh Blitar adalah Sumur Amber. Tempat ini merupakan sumber mata air alami yang kemudian dimanfaatkan sebagai pemandian umum.

Airnya yang jernih serta lokasinya yang terletak di bawah pohon rindang membuat sumur Amber menjadi lokasi wisata yang sejuk. Lokasi Sumur Amber terletak di Jl. Durian, Duren, Kandangan, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar.

2. Air Terjun Bidadari 

Selain Pantai! Ini 6 Destinasi Wisata Air Alami di BlitarAir Terjun Bidadari (Instagram/focusblitar)

Saat berkunjung ke Air Terjun Bidadari, kamu tidak hanya akan disuguhi pemandangan alam yang indah. Di tempat ini kamu juga bisa menghabiskan waktu dengan berendam atau berenang di bawah air terjunnya.

Lokasi wisata Air Terjun Bidadari yang berada di tengah hutan jati ini membuat suasana di tempat tersebut sangat sejuk. Sedangkan secara administratif, lokasinya berada di Panggungrejo, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar.

3. Sumber Mata Air Embung Umbul 

Selain Pantai! Ini 6 Destinasi Wisata Air Alami di BlitarSumber Mata Air Embung Umbul (Instagram/shareblitar)

Sumber Mata Air Embung Umbul menjadi salah satu sumber terbesar di Blitar. Selain airnya yang dimanfaatkan untuk irigasi sawah para petani, lokasi tersebut juga dijadikan tempat wisata.

Buat kamu yang ingin piknik atau berenang, maka sangat disarankan untuk mencoba sensasi berenang di mata air alami satu ini. Lokasi Sumber Mata Air Embung Umbul terletak di Dusun. Karangrejo, Desa Karangrejo, Kecamatan Garum, Kab. Blitar.

4. Telaga Rambut Monte 

Selain Pantai! Ini 6 Destinasi Wisata Air Alami di BlitarKejernihan air Telaga Rambu Monte (Instagram/blitarasyik)

Orang Blitar pasti sudah tidak asing lagi dengan wisata Telaga Rambut Monte. Telaga ini memiliki air yang sangat jernih sehingga siapapun dapat melihat apa yang ada di dasar telaga hingga ikan dewa yang terkenal di tempat tersebut.

Namun, pengunjung tidak diizinkan berenang di tempat ini. Sebagai gantinya, terdapat sebuah kolam renang yang disediakan oleh pengelola bagi pengunjung yang ingin bermain air. Telaga Rambut Monte berlokasi di Tirtomoyo, Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar.

5. Sumber Dandang 

Selain Pantai! Ini 6 Destinasi Wisata Air Alami di BlitarWisata air Sumber Dandang (Instagram/erwanprastya)

Sumber Dandang merupakan sebuah bendungan irigasi yang berlokasi tidak jauh dari Telaga Rambut Monte. Air dibendungan ini memiliki warna yang kehijau-hijauan namun sangat jernih.

Saat berenang di tempat ini, kamu akan ditemani oleh banyak ikan-ikan yang hidup di bendungan tersebut. Untuk lokasi administratifnya, Sumber Dandang terletak di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar.

Baca Juga: Kenang Jasa Pahlawan dengan Napak Tilas 5 Monumen di Blitar Ini

6. Telaga Pacuh 

Selain Pantai! Ini 6 Destinasi Wisata Air Alami di BlitarSuasana asri di Telaga Pacuh (Instagram/ayodolan)

Wisata air alami terakhir yang ada di Blitar adalah Telaga Pacuh. Suasana di lokasi Telaga Pacuh sangat asri karena berada di tengah hutan londung dan memiliki sumber mata air seluas 1 hektare.

Telaga Pacuh menjadi salah satu destinasi wisata yang cocok untuk bersantai bersama keluarga ataupun memancing. Lokasi wisata ini terletak di Dusun pacuh, Penataran, Kec. Nglegok, Kabupaten Blitar.

Itulah 6 destinasi wisata air alami yang ada di Blitar. Menurutmu, wisata air mana nih yang paling kamu rekomendasikan untuk dikunjungi?

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Nongkrong Gratis di Blitar 

Alvi Nur Jannah Photo Community Writer Alvi Nur Jannah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya