Comscore Tracker

5 Lokasi Syuting Legendaris yang Bisa Dikunjungi saat Liburan ke Seoul

Libur akhir tahun sudah dekat, ke Korea yuk!

Memasuki liburan akhir tahun, apakah kamu sudah memiliki rencana akan berlibur ke mana? Mau berlibur ke dalam atau luar negeri, semua tergantung budget dan kondisi masing-masing ya.

Kalau ke luar negeri, biasanya Korea Selatan adalah negara yang ramai dikunjungi di Asia saat libur akhir tahun. Karena hallyu wave, orang-orang berbondong-bondong ke Korsel untuk menikmati suasana berlibur di negeri gingseng tersebut.

Nah, di sekitaran Kota Seoul ada beberapa destanasi wisata yang cukup terkenal nih! Apalagi destinasi ini sudah banyak sekali dipakai syuting Drama Korea populer yang tentu membuatmu tampak tidak asing saat ke sini. Berikut 5 destinasi wisata terkenal di Seoul yang sering digunakan sebagai lokasi syuting K-drama. 

1. Istana Gyeongbokgung

5 Lokasi Syuting Legendaris yang Bisa Dikunjungi saat Liburan ke SeoulIstana Gyeongbokgung. (ig/koreandramaland)

Gyeongbokgung, di mana kata "gung" sendiri artinya istana. Istana Gyeongbokgung adalah istana utama kerajaan yang berasal dari dinasti Joseon. Dengan Gwanghwamun sebagai gerbang utamanya, istana Gyeongbokgungni menjadi lima besar istana terbesar yang dibangun pada dinasti itu. 

Arsitektur istana Gyeongbokgung sendiri mencakup banyak gerbang, lapangan, paviliun, jembatan, dan bangunan lain di dalamnya. Saking luasnya, kamu sebaiknya menggunakan guide saat memasuki tempat ini karena bisa jadi kamu akan tersesat saat berjalan-jalan berkeliling.

Karena unsur budaya dan nilai sejarah yang kuat, istana Gyeongbokgung menjadi landmark dan banyak digunakan dalam syuting drama maupun film. Seperti : “When My Love Blooms” (2020), “Degree of Love” (2017), “My Sassy Girl” (2017), “Chicago Typewriter” (2017), “Goblin” (2017), “The Royal Gambler” (2016), “The Moon Embracing the Sun” (2012).

Baca Juga: 5 Wisata Musim Gugur Terkenal di Seoul Korea Selatan, Menakjubkan

2. Desa Tradisional Korea Bukchon Hanok

5 Lokasi Syuting Legendaris yang Bisa Dikunjungi saat Liburan ke SeoulMaudy Ayunda di Desa Hanok Korsel. (ig/maudyayunda)

Desa Bukchon Hanok akan membawamu merasakan sensasi kawasan tradisional Korea yang masih sangat asri. Di desa ini, banyak berjejer rumah dengan arsitektur tradisional Korea yang biasa disebut hanok. 

Kawasan desa Bukchon Hanok sengaja dilestarikan salah satunya menjadi tujuan destinasi wisata di Seoul. Kamu bisa berkeliling di jalan sempit dan menemukan arsitektur kuno yang masih terlihat asri di tengah-tengah rumah perkotaan saat ini. Bahkan aktris Maudy Ayunda dan suaminya Jesse Choi, juga singgah ke sini lho saat mereka berbulan madu di Korea. 

Saking terkenalnya, banyak drama korea yang melakukan syuting di tempat ini. Sebut saja “Ghost Doctor” (2022), “Our Beloved Summer” (2021), “My Roommate Is A Gumiho” (2021), “True Beauty” (2020), “Flower of Evil” (2020), “Hotel Del Luna” (2019), “Touch Your Heart“(2019), “Goblin” (2017), “She Was Pretty” (2015), “Personal Taste” (2010).

3. Taman Hangang Yeouido

5 Lokasi Syuting Legendaris yang Bisa Dikunjungi saat Liburan ke SeoulTaman Hangang Yeouido. (expatkidskorea)

Hangang, gang dalam bahasa Korea berarti sungai, adalah sungai paling terkenal dan terbesar nomor dua di Korea. Apalagi, sungai Han makin istomewa karena adanya 12 taman yang berdiri di sepanjang sungai ini jika kamu datang ke Seoul. 

Dari kedua belas taman yang ada di pinggir sungai Han, Taman Yeouido yang paling populer. Di sana, terkenal dengan ladang hijaunya, rute bersepeda, makanan kaki lima, kapal fery E-land, coffee shop, restoran tepi sungai dan masih banyak lagi. Taman ini juga paling cocok dibuat hangout bersama teman, kencan bersama pasangan, piknik bersama keluarga hingga solo traveling bagi kamu yang sedang ingin menyendiri.

Dalam drama, karakter utama sering terlihat berjalan-jalan di taman ini bersama pasangan mereka dan suasana berubah menjadi romantis. Seperti yang ada di “One Ordinary Day” (2021), “Squid Game” (2021), “The Penthouse 2” (2021), “More Than Friends” (2020), “The King: Eternal Monarch” (2020), “Beautiful Love, Wonderful Life” (2019), “The Bride of Habaek” (2017), “My Love From the Star” (2013).

4. Menara Namsan

5 Lokasi Syuting Legendaris yang Bisa Dikunjungi saat Liburan ke SeoulNamsan Tower. (Soompi)

Menara Namsan adalah menara komunikasi dan observasi yang terletak di Namsan. Menara Namsan cukup terkenal karena menara ini adalah menara tertinggi kedua di Seoul dan dari sana, kamu bisa melihat dengan jelas seluruh penjuru kota.

Menara Namsan memiliki tinggi 784 kaki. Di dalamnya terdapat lobi dan alun-alun dua lantai yang sebagian besar terdiri dari restoran dan kedai kopi serta toko suvenir. Selain itu, ada empat lantai lain di bagian atas di mana pengunjung memiliki akses ke observatorium, kolam harapan, teleskop, foodcourt dan toko oleh-oleh.

Menara Namsan kerap muncul di drama Korea sebagai tempat pertemuan pasangan dengan nuansa yang romantis. Menara ini juga terkenal dengan jembatan gembok cintanya, yang banyak dikunjungi para pasangan. Seperti di drama “True Beauty” (2020), “My Secret Terrius” (2018), “Hwayugi” (2017), “Oh My Ghost” (2015), “Legend of the Blue Sea” (2016), “My Love From the Star” (2013), “Boys Over Flowers” (2009).

5. Sungai Cheonggyecheon

5 Lokasi Syuting Legendaris yang Bisa Dikunjungi saat Liburan ke SeoulSungai Cheonggyecheon. (Wikipedia)

Sungai sepanjang 6,8 mil ini wajib kamu kunjungi jika kamu berada di kota Seoil. Cheonggyecheon adalah tempat yang ideal bagi mereka yang suka berjalan-jalan sambil menikmati suasana hutan kotam di tengah-tengan kota Seoul.

Terlebih lagi, sungai ini sering digunakan dalam berbagai acara dan festival. Salah satunya festival lampion. Sungai Cheonggyecheon semakin banyak dikunjungi karena terletak di tengah-tengah kota yang memiliki akses yang mudah

 Karena terletak di jantung kota, begitulah, Anda tidak dapat melewatkannya ketika ditampilkan dalam drama, karena menghubungkan berbagai lingkungan di seluruh panjangnya. 

Kamu bisa melihat sungai ini saat menonton "Vincenzo” (2021), “True Beauty” (2020), “18 Again” (2020), “Lovestruck in the City” (2020), “Do You Like Brahms?” (2020), “Flower of Evil” (2020), “Find Me In Your Memory” (2020), “Chicago Typewriter” (2017).

Baca Juga: 10 Fakta Kota Seoul Korea Selatan, Bebas Tes PCR Untuk Mengunjunginya

Dari kelima lokasi di atas, destinasi wisata mana yang sangat familiar untukmu?

Agustina Suminar Photo Community Writer Agustina Suminar

menulis dengan senang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya