Persebaya Kalahkan Persija Tiga Gol Tanpa Balas

Persebaya mendominasi jalannya pertandingan, Simic "mandul"

Surabaya, IDN Times - Persebaya Surabaya berhasil mengalahkan Persija Jakarta tiga gol tanpa balas pada laga lanjutan Gojek Liga 1 pekan ke-29 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (4/11). Dengan kemenangan ini, Persebaya semakin jauh diri dari zona degradasi.

Terlihat dari layar kaca, sang juru taktik Djajang Nurdjaman langsung bersujud di pinggir lapangan usai tim besutannya berhasil membungkam tim tamu. Kemenangan ini menjadi pemantik semangat Rendi Irawan dan kawan-kawan setelah kalah dari Persipura Jayapura pekan lalu.

Baca Juga: Tanpa Kuota untuk The Jak, 50 Ribu Tiket Persebaya Vs Persija Habis

1. Babak pertama Persebaya unggul dua gol

Persebaya Kalahkan Persija Tiga Gol Tanpa BalasInstagram/@officialpersebaya

Tidak perlu waktu lama bagi anak asuh Djajang Nurdjaman untuk mencetak gol. Waktu baru berjalan dua menit, Fandi Eko Utomo berhasil membongkar gawang Persija melalui bola liar tendangan bebas yang gagal diantisipasi sempurna oleh Sahar Ginanjar. Kedudukan 1-0 untuk tuan rumah.

Persija tidak mau tertinggal begitu saja. Mereka butuh 3 poin untuk mengamankan posisinya di tiga besar. Sepanjang 10 menit pertama, tecatat Persija sudah memiliki empat kali percobaan. Namun, tidak ada satupun yang berhasil dikonversi menjadi gol.

Alih-alih memperkecil kedudukan, anak asuh Alessandro Stefano justru tertinggal dua gol. Kali ini giliran Oktavianus Fernando pada menit ke-30 yang merobek gawang Macan Kemayoran. Tendangan keras plesing Oktavianus dari sisi kanan gawang Persija tidak dapat dijangkau oleh Ginanjar. Gelora Bung Tomo kembali bergemuruh, Bajul Ijo memimpin dua gol tanpa balas hingga babak pertama berakhir.

2. Persebaya kunci kemenangan dengan tiga gol

Persebaya Kalahkan Persija Tiga Gol Tanpa BalasInstagram/@officialpersebaya

Babak kedua rupanya tidak berpihak kepada tim tamu. Marko Simic tidak dapat berbuat banyak. Umpan silang yang dialamatkan kepadanya selalu digagalkan oleh lini belakang Green Force. Pada menit ke-61, Simic sempat mengancam tuan rumah melalui tandukan tajamnya. Namun, Mizwar Saputra berhasil melakukan penyelamatan gemilang. 

Kejutan kembali dihadirkan tuan rumah. Kali ini giliran Yohanes Pahabol yang mamksa Ginanjar untuk memungut bola yang ketiga kalinya.  Kerjasamanya dengan Osvaldo Haay berhasil memperlebar kedudukan menjadi 3-0 pada menit ke-77. Persija semakin tertinggal.

Di penghujung babak, Simic sempat dijatuhkan di zona penalti. Akan tetapi, wasit Handri Kristanto tidak membunyikan pluit. Lagi-lagi Persija gagal memperkecil skor.

Hingga pluit panjang dibunyikan, tidak ada perubahan angka. Persebaya berhasil membungkam Persija dengan kedudukan tiga gol tanpa balas. Kemenangan itu disambut riak-riuh 50 ribu penonton di Gelora Bung Tomo, Surabaya.

3. Persebaya semakin aman dari zona degradasi

Persebaya Kalahkan Persija Tiga Gol Tanpa BalasIDN Times/Persebaya.id

Dengan kemenangan ini, Persebaya telah mengoleksi 38 poin dari 29 pertandingan dan menempati peringkat ke-9 menggeser Barito Putera. Paling tidak, Bajul Ijo perlu 41 poin demi mengamankan tempatnya di Liga 1 2019. Mereka hanya terpaut 6 poin dari Perseru yang menempati peringkat 16.

Sementara itu, Persija semakin tertinggal dari pemuncak klasmen PSM Makassar dengan 53 poin. Maman Abdurrahman cs kini menempati peringkat ketiga dengan  48 poin dari 28 pertandingan, defisit satu pertandigan dari dua tim di atasnya, Persib Bandung dan PSM Makassar.

Dengan pertandingan yang tersisa, kira-kira bagaimana nasib Persebaya Surabaya ya?

Baca Juga: Persebaya Vs Persija: Adu Gengsi Dua Tim Alumnus Perserikatan

Topik:

  • Vanny El Rahman
  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya