Belum Ada Kepastian GBT Jadi Venue Pildun, Menpora: Penentunya FIFA

Indonesia pernah sukses di Asian Games, Pildun harus sukses!

Surabaya, IDN Times- Menteri Pemuda dan Olaharaga (Menpora) Republik Indonesia Zainudin Amali menyampaikan bahwa FIFA belum memberikan kepastian jadi atau tidaknya Gelora Bung Tomo (GBT) menjadi venue  Piala Dunia (Pildun) U-20 2021.

“Kami belum bisa memastikan mana yang akan digunakan, karena penentu akhirnya adalah FIFA,” kata Zainudin saat kunjungan kerja ke Surabaya, Minggu (24/11).

1. Pemerintah siapkan seluruh sarana dan prasarana

Belum Ada Kepastian GBT Jadi Venue Pildun, Menpora: Penentunya FIFAKunjungan kerja Menpora Zainudin Amali (tiga dari kanan) ke UIN Sunan Ampel Surabaya. IDN Times/Vanny El Rahman

Zainudin melanjutkan, saat ini pemerintah sedang fokus mempersiapkan segala sarana dan prasarana yang diperlukan untuk menunjang perhelatan akbar tersebut.

“Pemerintah hanya menyiapkan sarana dan prasarana. Keputusan akhir ada di FIFA, mana yang akan digunakan. Kita sebagai negara yang sudah ditunjuk tentu harus menyatakan kesiapan dengan sungguh-sungguh, dari tempat pertandingan hingga tempat latihan,” beber dia.

2. Semakin berburu dengan waktu

Belum Ada Kepastian GBT Jadi Venue Pildun, Menpora: Penentunya FIFAPapan skor elektronik di Gelora Bung Tomo senilai Rp5 miliar. IDN Times/Fitria Madia

Masih banyak pekerjaan rumah yang harus dituntaskan. Setidaknya Indonesia punya waktu maksimal enam bulan sebelum pembukaan turnamen, guna menuntaskan sarana dan prasarana.

“Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, biasanya negara dan peserta sudah datang paling cepat enam bulan sebelum pertandingan. Mudah-mudahan ada tempat-tempat lain yang menjadi training camp dari negara-negara peserta, karena mereka butuh penyesuaian cuaca situasi dan budaya setempat,” sambung dia.

Baca Juga: Kirim Tuntunan ke Malaysia, Kemenpora Serahkan Sisanya kepada Kemenlu

3. Optimistis Piala Dunia U-20 akan berjalan lancar

Belum Ada Kepastian GBT Jadi Venue Pildun, Menpora: Penentunya FIFAKunjungan kerja Menpora Zainudin Amali ke UIN Sunan Ampel Surabaya. IDN Times/Vanny El Rahman

Belajar dari perhelatan Asian Games 2018, politikus Golkar itu optimistis Indonesia akan sukses menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

“Saya kira kami siapkan semua hal yang menjadi kebutuhan untuk penyelenggaraan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Kita sudah pernah melaksanakan Asian Games, itu negaranya lebih banyak dan pesertanya lebih banyak,” tutup dia.

Baca Juga: Senilai Rp5 Miliar, Papan Skor Digital Telah Terpasang di Stadion GBT

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya