Liga 1 Dimulai Sebulan Lagi, Intip Persiapan Lima Klub Jatim Ini

Persebaya dan Arema jadi yang paling siap

Surabaya, IDN Times - PSSI memastikan bahwa Liga 1 akan mulai digelar pada 29 Februari 2020. Klub-klub pun mulai menyiapkan diri, tak terkecuali klub asal Jawa Timur. Sederet latihan, perburuan pemain baru dan strategi pun sudah dilakukan. Apa saja sih persiapan terakhirnya? Cek di bawah ini ya!

1. Persela masih berburu pemain baru

Liga 1 Dimulai Sebulan Lagi, Intip Persiapan Lima Klub Jatim IniTwitter/@PerselaFC

Usai ditinggal dengan beberapa pemain andalannya, gaung transfer pemain baru Persela belum terlalu terdengar. Tim yang sempat terancam degradasi pada musim lalu ini telah mengantongi beberapa nama pemain lokal. Mereka antara lain, Reky Rahayu (Kalteng Putra), Alfonsius Kelvan (PSMS Medan), Roni Fatahillah (Mitra Kukar), Novan Sasongko (Persebaya Surabaya).

Sementara, dari empat slot pemain asing, Persela baru mengontrak dua nama. Pertama adalah winger mereka musim lalu, Rafael Gomes de Oliveira atau Rafinha, serta gelandang anyar asal Jepang, Shunsuke Nakamura. 

2. Belum ada pemain asing, Persik kesulitan mencari lapangan bagus

Liga 1 Dimulai Sebulan Lagi, Intip Persiapan Lima Klub Jatim IniPersik Kediri. Instagram.com/persikfcofficial

Tak kalah dengan Persela, debutan Liga 1, Persik Kediri juga sedang gencar mencari pemain baru. Untuk slot pemain lokal, Persik hampir memenuhinya. Macan Putih tinggal mencari empat pemain baru lagi. Sementara itu, dari empat slot pemain asing, Persik justru sama sekali belum mengumumkannya. Salah satu pemain asing yang santer dikabarkan merapat ke Kediri adalah mantan pemain Madura United, Ante Bakmaz.

Selain belum adanya pemain asing baru, Persik juga kesulitan mencari lapangan latihan yang mumpuni. Maklum, stadion Brawijaya, saat ini sedang dalam renovasi. Persik bahkan telah berganti lapangan sebanyak tiga kali untuk latihan. Pelatih Persik, Joko Susilo pun mengkhawatirkan risiko cidera yang akan diterima pemainnya apabila tetap berlatih di lapangan yang fasilitasnya kurang baik.

3. Kuota pemain asing terpenuhi, pemain Arema hampir komplit

Liga 1 Dimulai Sebulan Lagi, Intip Persiapan Lima Klub Jatim IniArema FC menunjukkan perkembangan positif. IDN Times/ Alfi Ramadana

Jika Persela dan Persik masih belum melengkapi kuota pemain asingnya, tidak demikian dengan Arema FC. Singo Edan telah memiliki empat pemain asing baru. Mereka adalah In Kyun Oh,  Elias Alderte, Jonathan Bauman dan Matias Malvino. 

Sementara untuk pemain lokal, Arema juga mendatangkan beberapa nama baru seperti kiper Teguh Amiruddin, Syaiful Indra Cahya, Bagas Adi Nugroho, Kushedya Hari Yudo, hingga Mariando Uropmabin.

Arema juga telah menuntaskan latihan terpusatnya yang berlangsung selama satu minggu di Batu pada Minggu (25/1). Selama satu minggu penuh para pemain digembreng latihan fisik super berat oleh pelatih Mario Gomez. 

4. Pramusim di Malaysia, Madura United masih akan gelar 4-5 laga uji coba lagi

Liga 1 Dimulai Sebulan Lagi, Intip Persiapan Lima Klub Jatim IniInstagram.com/hendrokartiko34

Dari pulan Garam, Madura United sudah menuntaskan transfernya dengan tiga pemain asing. Mereka dalah Emmanuel Oti Essigba, Brian Ferreira dan Zah Rahan. Laskar Sape Kerap juga kedatangan lima talenta lokal, mereka antara lain, Dodi Alex van Djin, Risna Prahalabenta, Haris Tuharea, Rivaldo Bawuo, dan Samuel Christianson.

Klub kebanggaan warga Pulau Garam juga baru saja menyelesaikan laga pramusimnya di Malaysia. Selama sepekan, pelatih Rahmad Darmawan puas dengan performa timnya ini. Dari tiga laga yang digelar, Madura United hanya kalah satu kali di laga uji coba kedua melawan Terengganu FC. Fisik, pertahanan serta ritme permainan sudah mulai terlihat. Seusai kepulangannya, pemain Laskar Sape Kerap ini masih akan dibekali dengan empat hingga lima uji coba lagi.

Baca Juga: Arema FC Resmi Datangkan Tiga Pemain Asing Baru 

5. Kualitias fisik pemain Persebaya meningkat

Liga 1 Dimulai Sebulan Lagi, Intip Persiapan Lima Klub Jatim IniInstagram.com/officialpersebaya

Dari kelima klub Jawa Timur yang ada di Liga 1, Persebaya boleh dikatakan menjadi tim yang paling siap selain Arema FC. Empat pemain asing, yaitu Mahmoud El Eid, Aryn Williams, Makan Konate, serta David da Silva akan dipastikan menjadi bagian dari Bajul Ijo musim 2020. 

Sementara, pemain yang sudah menandatangani kontrak dengan mereka antara lain, Arif Satria, Bayu Nugroho, Patrich Wanggai, Ricky Kambuaya, Nasir, Rizky Ridho, Ernando Ari, Rivky Mokodompit, serta Zoubairou Garba.

Saat ini, mereka juga sedang menjalani pemusatan latihan (TC) di Sleman. Tak hanya fokus pada latihan fisik, persiapan taktik juga dimatangkan di TC tersebut. Pelatih Persebaya, Aji Santoso mengatakan bahwa timnya masih membutuhkan sentuhan terakhir yaitu pertandingan uji coba sebanyak 3 hingga 4 kali. 

Baca Juga: Berkandang di Surabaya, Persebaya Tersandung Usulan Kenaikan Tarif GBT

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya