Comscore Tracker

Juara Bertahan, Seberapa Kuat Portugal di Piala Eropa 2020?

Bintangnya gak cuma Ronaldo, lho

Jakarta, IDN Times - Salah satu negara yang akan menjadi sorotan pada gelaran Piala Eropa adalah Portugal. Maklum, mereka datang dengan status juara bertahan. Bedanya, jika lima tahun lalu mereka nyaris hanya bertumpu pada Cristiano Ronaldo, tahun ini Seleccao das Quinas--julukan Portugal--, sudah memiliki beberapa bintang lain. 

Lantas mampukah mereka mempertahankan trofi Piala Eropa?

1. Banyak pemain berlabel bintang, pelatih punya banyak pilihan skema

Juara Bertahan, Seberapa Kuat Portugal di Piala Eropa 2020?90min.com

Pelatih Portugal, Fernando Santos, mengaku senang kekuatan Portugal yang sekarang. Bayangkan saja, tim Portugal sekarang berisikan Joao Felix, Bruno Fernandes, Diogo Jota, Ruben Dias, Bernardo Silva, hingga Pedro Goncalves.

"Daftar pemain yang saya panggil ke Piala Eropa 2020 nanti bukanlah hasil analisis satu atau dua hari saja. Ketika saya memanggil pemain-pemain ini, saya percaya akan kualitas yang mereka miliki," ujar Santos, dilansir Lusa.

Dengan melimpahnya talenta terbaik di dalam tim asuhannya, akan banyak pilihan skema serta gaya main yang diterapkan Portugal. Mereka tidak lagi jadi tim yang sekadar bermain efektif seperti di Piala Eropa 2016. Mereka bisa menampilkan permainan indah, sesuai dengan julukannya.

Mulai dari belakang, Dias, Joao Cancelo, Raphael Guerreiro, Jose Fonte, dan Pepe, adalah jaminan kualitas berpadu pengalaman. Selain jago main fisik, sosok Dias dapat membuat lini belakang Portugal bisa memainkan bola dari belakang.

Beranjak ke tengah, Renato Sanches, Ruben Neves, serta William Carvalho, bisa menjaga kestabilan permainan. Mereka juga punya Fernandes dan Feliz yang bisa jadi motor serangan tim, dipadukan pergerakan ciamik dari Silva dan Jota dari sayap.

Membayangkannya saja sudah ngeri, apalagi jika Portugal mampu menerapkan skema yang tepat di atas lapangan. Mereka akan jadi kekuatan yang menakutkan di Piala Eropa 2020. Ditambah Ronaldo masih tajam, lengkap sudah kekuatan Portugal.

Baca Juga: Pulangnya Allegri Tak Bisa Tahan Ronaldo, Ngotot Balik ke MU

2. Banyak bintang justru bisa menjadi bumerang bagi Portugal

Juara Bertahan, Seberapa Kuat Portugal di Piala Eropa 2020?voaindonesia.com

Di balik bertaburannya bintang dalam skuad Portugal di ajang Piala Eropa 2020, ada satu kelemahan yang bisa saja muncul. Menyatukan setiap isi kepala dari para bintang merupakan perkara sulit, dan itu akan jadi pekerjaan tersendiri buat Santos.

Belum lagi, Santos juga harus memikirkan bagaimana skema yang tepat agar kemampuan Ronaldo tereksplorasi. Tetapi, kemampuan bintang-bintang Portugal yang lain juga tidak tertutup. Sebab, bisa jadi jika tidak ada kohesi di dalam skuad, justru hanya akan muncul permainan individualis.

Setidaknya, masih ada waktu hingga pertengahan Juni nanti untuk Santos meramu tim. Beberapa laga uji coba yang mereka lakoni bisa jadi momen untuk menyatukan pikiran. Sekaligus, menentukan skema macam apa yang bisa dipakai oleh Portugal yang bertabur bintang ini.

3. Mereka juga harus bekerja keras sejak di fase grup

Juara Bertahan, Seberapa Kuat Portugal di Piala Eropa 2020?en.as.com

Di fase grup Piala Eropa 2020 nanti, Portugal tergabung dalam grup berat. Mereka satu grup dengan Jerman, Prancis, dan Hungaria. Dihadapkan langsung dua lawan berat di fase grup, tentu jadi tantangan tersendiri buat Portugal.

Apalagi, Portugal tidak akan berstatus tuan rumah di fase grup ini. Nah, dengan status mereka sebagai juara bertahan plus berisikan sejumlah pemain tenar, akankah Portugal mampu membuat kejutan lagi di Piala Eropa 2020 ini, seperti di 2016 lalu?

Baca Juga: 7 Pemain Akademi Sporting Lisbon yang Membela Portugal di Euro 2020

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya