Comscore Tracker

Indonesia Terbenam di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia 

Indonesia fix jadi juru kunci

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia kembali meraih hasil negatif di laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Menghadapi Vietnam di Stadion Al-Maktoum, Dubai, Senin (7/6/2021) malam, Indonesia tumbang dengan skor 4-0.

Gol-gol dari Nguyen Tien Linh, Nguyen Quang Hai, Nguyen Cong Phuong, serta Vu Van Thanh, membuat Indonesia tidak berkutik di laga tersebut. Hasil ini pun membawa perubahan tersendiri di Grup G, sekaligus membuat Indonesia tidak beranjak ke mana-mana.

1. Vietnam jadi pemuncak klasemen Grup G

Indonesia Terbenam di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia Timnas Indonesia vs Vietnam. (pssi.org)

Berkat kemenangan atas Indonesia ini, Vietnam jadi pemuncak klasemen sementara Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Total, sejauh ini mereka sudah mengumpulkan 14 poin, hasil dari empat kali menang, dua kali imbang, dan tidak pernah kalah.

Mereka unggul atas Uni Emirat Arab (UEA) yang berada di posisi kedua, dengan raihan 12 poin. Kendati demikian, posisi Vietnam dan UEA masih belum aman, karena Thailand dan Malaysia menguntit di posisi ketiga dan keempat dengan raihan sembilan poin.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia: Vietnam Bantai Timnas Indonesia

2. Indonesia makin terbenam di dasar klasemen

Indonesia Terbenam di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia Timnas Indonesia vs Vietnam. (pssi.org)

Sementara itu, akibat kekalahan dari Vietnam, posisi Indonesia makin terbenam di dasar klasemen. Sejauh ini, skuat Garuda hanya mencetak satu poin saja, hasil dari bermain imbang lawan Thailand. Sisanya, mereka kalah dari lawan-lawannya.

Catatan kebobolan Indonesia juga mengkhawatirkan. Mereka sejauh ini hanya mampu mencetak lima gol, dan sudah kebobolan 22 gol. Selisih gol Indonesia juga sangat mengkhawatirkan, yakni -17.

3. Klasemen lengkap Grup G

Indonesia Terbenam di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia Skuat Timnas Indonesia. (pssi.org)

Sejatinya posisi di klasemen Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini tidak hanya menentukan posisi untuk ke babak ketiga kualifikasi saja. Posisi di klasemen nantinya juga akan menentukan spot-spot yang akan dicapai tim di Piala Asia 2023.

Nah, gara-gara kekalahan atas Vietnam ini, peluang Indonesia untuk mengunci spot di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 pun sirna. Selisih poin mereka sudah jauh dari Malaysia dan Thailand. Alhasil, Timnas Indonesia harus rela memulai Kualifikasi Piala Asia 2023 dari babak play-off.

Berikut adalah klasemen lengkap Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia

1. Vietnam 14 poin (selisih gol +8)
2. Uni Emirat Arab 12 poin (selisih gol +10)
3. Thailand 9 poin (selisih gol +1)
4. Malaysia 9 poin (selisih gol -2)
5. Indonesia 1 poin (selisih gol -17)

Baca Juga: Ryuji Utomo Dicoret, Timnas Indonesia Krisis Lini Belakang

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya