Comscore Tracker

Chelsea Juara, Ini 4 Fakta Final Liga Champions

Chelsea memang luar biasa!

Jakarta, IDN Times - Chelsea berhasil menundukkan Manchester City pada partai final Liga Champions 2020/21, yang dihelat di Estadio Do Dragao, Minggu (30/5/2021) dini hari. Gol tunggal Kai Havertz membawa Chelsea memenangi laga ini.

Berkat kemenangan ini, Chelsea sukses meraih trofi Liga Champions kedua mereka, setelah mereka mendapatkan gelar yang sama pada musim 2011/12. Dari kemenangan ini juga hadir beberapa fakta menarik untuk kedua tim.

Berikut IDN Times merangkum fakta-fakta menarik dari kemenangan Chelsea di final Liga Champions.

Baca Juga: Kisah Bintang Chelsea Nyaris ke ManCity Panaskan Final Liga Champions 

1. Tiga gelaran Liga Champions terakhir dikuasai manajer asal Jerman

Chelsea Juara, Ini 4 Fakta Final Liga Championsgoal.com

Dalam tiga gelaran Liga Champions terakhir, tiga tim berbeda berhasil menjadi juara, yakni Liverpool, Bayern Muenchen, dan kini Chelsea. Namun, ada kesamaan dari tiga tim itu, yakni mereka sama-sama ditangani sosok asal Jerman.

Alhasil, kemenangan Liverpool, Bayern, dan Chelsea dalam gelaran tiga Liga Champions terakhir ini jadi menarik, karena pertama kalinya sejak 1980-82, Liga Champions dimenangi tiga manajer dari negara yang sama. Thomas Tuchel, Hansi Flick, dan Juergen Klopp membawa nama Jerman harum lagi.

2. Sinar Kai Havertz di partai final

Chelsea Juara, Ini 4 Fakta Final Liga Championsgoal.com

Kai Havertz sempat menuai kritik pada awal musim, lantaran penampilannya bersama Chelsea tidak menjanjikan. Namun, perlahan-lahan ia mulai bangkit, dan di laga final Liga Champions, ia bersinar.

Gol yang Havertz cetak di laga final Liga Champions ini membawanya kepada banyak catatan menarik. Pertama, ia jadi pemain yang sukses mencetak gol debut di Liga Champions dalam partai final, setelah Ilkay Guendogan pada 2013.

Kedua, Havertz jadi pemain Jerman termuda kedua yang mampu mencetak gol di babak final Liga Champions, setelah Lars Ricken melakukannya untuk Borussia Dortmund pada 1997.

3. Pep Guardiola yang akhirnya kalah lagi di final turnamen

Chelsea Juara, Ini 4 Fakta Final Liga Championsskysports.com

Pep Guardiola adalah sosok yang jarang kalah di final sebuah turnamen. Namun, akhirnya pada Minggu (30/5/2021) dini hari, ia harus melihat kenyataan City kalah di final Liga Champions. Ia gagal membawa City juara.

Kekalahan ini pun jadi kekalahan perdana Guardiola bersama City di partai final sebuah turnamen. Ini juga jadi kekalahan kedua Guardiola di partai final turnamen, setelah tumbang di final Copa del Rey 2010/11.

4. Edouard Mendy, datang sebagai pahlawan Chelsea

Chelsea Juara, Ini 4 Fakta Final Liga ChampionsEdouard Mendy. (planetfootball.com)

Pada pertengahan musim Edouard Mendy didatangkan Chelsea, sebagai alternatif atas buruknya penampilan Kepa Arrizabalaga. Siapa sangka, Mendy langsung menjelma menjadi pahlawan Chelsea, bahkan sampai akhir musim.

Di Liga Champions, Mendy sanggup membukukan sembilan kali clean sheet, termasuk dalam partai final Liga Champions lawan Manchester City. Catatan kiper Chelsea ini pun jadi yang terbanyak, di antara kiper-kiper lain yang melakukan debut di Liga Champions.

Baca Juga: Hasil Final Liga Champions: Chelsea Juara!

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya