Ulasan Dewa United vs Madura United di Liga 1 Pekan 22

Laskar Sappe Kerrab pincang di pos pertahanan

Madura United akan melanjutkan pertandingan pekan ke-22 Liga 1 Indonesia 2022/2023 menghadapi Dewa United di Stadion Indomilk Arena, Tangerang. Duel kedua kubu bakal berlangsung pada Kamis mendatang (2/2/2023) pukul 18.30 WIB.

Laskar Sappe Kerrab sayangnya sedang berada dalam titik kesulitan jelang melawan Dewa United. Penampilan mereka jelas menurun di Liga 1 belakangan. Hal itu bikin mereka cukup kesulitan untuk memperebutkan takhta sebagai calon juara hingga akhir musim nanti.

Baca Juga: Egy Maulana Vikri Gabung Dewa United, Tak Main di Eropa Lagi

1. Lini Serang Madura United mulai seret

Ulasan Dewa United vs Madura United di Liga 1 Pekan 22Madura United saat melawan Persebaya di pekan ke-21 Liga 1 Indonesia 2022/2023. (instagram.com/maduraunited.fc)

Madura United tengah mengalami tren negatif di Liga 1 2022/2023 belakangan. Hal itu makin diperkuat setelah posisi mereka di papan klasemen sementara kian turun ke peringkat lima dengan torehan 36 poin.

Penurunan tersebut tentu tak lepas dari performa buruk lini serang Madura United yang hanya mencetak 2 gol dalam 5 laga terakhir di Liga 1. Madura sendiri hanya bermain imbang 0-0 melawan Rans Nusantara (pekan 17) serta menang 1-2 atas Barito Putera (pekan 18).

Di sisi lain, baru-baru ini Madura United juga harus menelan tiga kekalahan beruntun melawan Persib (0-1), Persik (2-0), dan Persebaya (0-2). Catatan itu lantas bikin sejumlah pemain di lini serang Madura menjadi sorotan, di antaranya Lulinha, Alberto Goncalves, Esteban Vizcarra, dan Malik Risaldi.

2. Fachruddin Aryanto cedera, pertahanan pun ikut-ikutan rapuh

Ulasan Dewa United vs Madura United di Liga 1 Pekan 22Fachruddin Aryanto sebagai bek andalan Madura United di Liga 1 Indonesia 2022/2023. (goal.com/Abi Yazid)

Ironisnya, lini pertahanan Madura United juga terlihat ikut-ikutan merosot di Liga 1 2022/2023. Hal itu diperkuat dengan rekor mereka yang telah kebobolan sebanyak 5 gol dalam 3 pertandingan sebelumnya saat melawan Persib, Persik, dan Persebaya.

Namun, ternyata, cederanya seorang Fachruddin Aryanto jadi alasan utama di balik keterpurukan lini belakang Madura United saat ini. Bek utama Madura itu sendiri diketahui tengah mengalami cedera pada lutut kanannya usai membela Tim Nasional Indonesia di Piala AFF 2022.

Dikutip dari akun instagram resmi Madura United, Fachruddin Aryanto setidaknya harus menjalani istirahat sekitar 1 bulan lamanya. Hal itu jelas bikin klub cukup merugi yang membuat empat pemain bertahannya: Cleberson, Kadek Raditya, Reva Adi, Alexvan Djin jadi tak seimbang. Saat ini, posisi Fachruddin digantikan oleh Kadek Raditya.

3. Tren cukup apik menghampiri Dewa United

Ulasan Dewa United vs Madura United di Liga 1 Pekan 22Dewa United saat melawan Bhayangkara FC di pekan ke-21 Liga 1 Indonesia 2022/2023. (instagram.com/dewaunitedfc)

Di sisi lain, Dewa United justru tengah menghirup angin segar setelah sukses mencatatkan grafik cukup apik di Liga 1 2022/2023. Mereka membuktikannya dengan catatan 2 kemenangan dan 2 hasil seri dalam 4 penampilan terakhir.

Dewa United meraih dua kemenangan itu saat membekuk Persikabo 1973 (0-2) pada pekan 19 serta mengalahkan Persita (3-2) di pekan 20 Liga 1. Sementara itu, mereka bermain seri 1-1 atas Persis (pekan 18) dan Bhayangkara FC (pekan 21).

Statistik belum terkalahkan itu membuat Dewa United sementara ini menjauh dari zona degradasi usai menduduki peringkat ke-14 (22 poin). Catatan itu sekaligus bakal jadi modal positif mereka jelang menantang Madura United pada pekan 22 mendatang.

4. Servis bola mati andalan Dewa United

Ulasan Dewa United vs Madura United di Liga 1 Pekan 22Dewa United saat melawan Bhayangkara FC di pekan ke-21 Liga 1 Indonesia 2022/2023. (instagram.com/dewaunitedfc)

Dewa United menjadikan taktik bola mati sebagai salah satu senjata ampuh di Liga 1 2022/2023. Hal itu cukup berhasil usai bek andalannya, Risto Mitrevski, bermain produktif dengan koleksi 3 gol dan 1 assist sejauh ini.

Seorang bek memang tak mustahil mencetak gol melalui skema open play. Akan tetapi, mereka besar kesempatan mampu melakukannya jika melalui skema bola mati, layaknya tendangan bebas dan tendangan pojok.

Risto Mitrevski sukses membuktikannya setelah mencetak satu gol melawan Bhayangkara FC di pekan 21 Liga 1. Dalam laga yang berakhir imbang 1-1 itu, dirinya mencetak gol melalui tendangannya usai memanfaatkan bola mental tendangan bebas dari rekan satu tim.

5. Prediksi starting line-up

Ulasan Dewa United vs Madura United di Liga 1 Pekan 22Dewa United saat melawan Bhayangkara FC di pekan ke-21 Liga 1 Indonesia 2022/2023. (instagram.com/dewaunitedfc)

Dewa United dan Madura United pastinya bakal tampil all out demi meraih hasil terbaik kala bertemu di pekan 22 Liga 1 2022/2023. Maka dari itu, tak heran manakala pelatih dari masing-masing klub akan memasang formasi dan susunan nama terbaik nantinya. Berikut sajian perkiraan formasi dan starting line-up jelang laga Dewa United versus Madura United.

Dewa United (4-3-3): M. Nathsir, Risto, Miftah Anwar, Bhudiar, Brian Fatari, Asep Berlian, Rangga Muslim, Lucas Ramos, Karim Rossi, Majed Osman, Siringo Ringo.

Madura United (4-4-2): Miswar Saputra, Novan Setya, Cleberson, Reva Adi Utama, Kadek Raditya, Lee Yujun, Hugo Gomes, Esteban Vizcarra, Malik Risaldi, Alberto Goncalves, Lulinha.

 

Madura United bisa saja memutus rentetan hasil buruknya saat menjalani laga menghadapi Dewa United di pekan 22 Liga 1 Indonesia 2022/2023. Dikatakan seperti itu lantaran calon lawan punya kelemahan di sektor belakang. Itu diperkuat setelah Dewa United harus kebobolan sebanyak 33 gol dalam 21 laga terakhir.

Baca Juga: Liga 2 Dihentikan, Presiden Madura United Semprot PT LIB

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya