5 Fakta Jelang Madura United vs Persis Solo Sore Ini

Madura United merekrut satu amunisi baru lagi

Madura United bakal menjamu Persis Solo di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Senin (6/2/2023) pukul 15.00 sore WIB. Kedua tim berhadapan guna melanjutkan laga pada pekan ke-23 di Liga 1 Indonesia 2022/2023.

Madura United harus menargetkan kemenangan dalam laga melawan Persis. Itu harus mereka jika masih ingin bersaing untuk merebut gelar juara Liga 1 musim ini. Sanggupkah Madura menggulung tim tamu nantinya?

1. Madura United menjauh dari zona perebutan trofi Liga 1 2022/2023

5 Fakta Jelang Madura United vs Persis Solo Sore IniMadura United saat menghadapi Persis Solo di putaran pertama Liga 1 2022/2023. (instagram.com/maduraunited.fc)

Tren Madura United makin menurun di Liga 1 2022/2023. Hal itu terjadi setelah mereka hanya meraih 1 menang, 1 hasil seri, 3 kekalahan dalam 5 penampilan terakhir. Rekor buruk itu juga bikin peringkat mereka kian menurun di papan klasemen sementara.

Kini, Madura United bertengger di posisi ke-4 (37 poin) dan tertinggal tujuh poin dari Persija yang berada di puncak klasemen. Hal ini jelas bikin persaingan mereka merengkuh gelar juara Liga 1 menurun. Selain itu, rekor merosot itu juga bakal jadi hambatan tersendiri bagi Madura jelang melawan Persis Solo pada pekan 23 mendatang.

Baca Juga: 5 Catatan Persebaya vs Madura United di Pekan ke 21

2. Kreativitas Laskar Sape Kerrab menurun

5 Fakta Jelang Madura United vs Persis Solo Sore IniPersis Solo saat menghadapi Madura United di putaran pertama Liga 1 2022/2023. (instagram.com/persisofficial)

Penurunan pola permainan kreatif dinilai menjadi salah satu persoalan utama Madura United di Liga 1 2022/2023 belakangan. Hal itu terbukti saat Lulinha, Beto, Hugo Gomes, Esteban Vizcarra, dan Malik Risaldi sebagai mesin gol tengah tampil seret.

Dari kelima pemain itu hanya Hugo Gomez yang mampu mencetak gol belakangan. Itu pun terjadi baru-baru ini saat Madura United ditahan imbang Dewa United (1-1) di pekan 22 Liga 1. Hal ini harus jadi evaluasi tersendiri bagi klub jika masih ingin menjaga nama baik ke depannya.

3. Otavio Dutra siap memperkuat lini pertahanan Madura United

5 Fakta Jelang Madura United vs Persis Solo Sore IniOtavio Dutra sebagai pemain baru Madura United di putaran kedua Liga 1 2022/2023. (instagram.com/maduraunited.fc)

Madura United resmi mendatangkan eks bek Persija, Otavio Dutra, pada paruh musim di Liga 1 2022/2023. Hal itu mereka lakukan guna mengatasi lini pertahanan yang makin rapuh usai Fachruddin Aryanto sebagai bek utama mengalami cedera.

Dalam 5 laga terakhir, Madura United sendiri telah kebobolan sebanyak 7 gol di Liga 1. Itu terjadi saat mereka kebobolan 1 gol melawan Barito Putera, 1 gol atas Persib, 2 gol atas Persik, 2 gol atas Persebaya, dan 1 gol atas Dewa United. Madura United mengharapkan dengan kedatangan Otavio Dutra dapat mengatasi persoalan itu.

4. Tren paceklik Persis masih berlanjut

5 Fakta Jelang Madura United vs Persis Solo Sore IniPersis Solo saat menghadapi Madura United di putaran pertama Liga 1 2022/2023. (instagram.com/persisofficial)

Tak jauh berbeda dengan Madura United, sebenarnya grafik Persis juga cukup merosot di Liga 1 2022/2023. Hal itu jelas menjadi persoalan khusus bagi mereka jelang menantang Madura United pada pekan 23 mendatang.

Persis sendiri sejauh ini baru menorehkan catatan 1 menang, 3 imbang, 1 kalah dalam 5 laga terakhir. Kekalahan yang mereka alami baru saja terjadi usai takluk 1-3 atas Bhayangkara FC pada pekan 22 lalu. Persis harusnya memanfaatkan laga melawan Madura United jika tak ingin makin merosot lagi.

5. Peran Ryo Matsumura terlalu dominan

5 Fakta Jelang Madura United vs Persis Solo Sore IniRyo Matsumura saat membela Persis Solo di Liga 1 Indonesia 2022/2023. (instagram.com/ryomatsumura.official)

Sejauh ini, Persis terlihat bergantung kepada jasa besar Ryo Matsumura di Liga 1 2022/2023. Itu terjadi karena jumlah gol playmaker asal Jepang itu terpaut cukup jauh dari sejumlah pencetak gol utama Persis lainnya.

Terbukti, Ryo Matsumura telah mengoleksi rekor 8 gol dan 2 assist dalam 18 laga terakhir di Liga 1. Rekor apiknya itu cukup berjarak dengan statistik Fernando Rodriguez (4 gol), Samsul Arif, dan Alexis Messidoro (2 gol) sebagai mesin gol lain bagi Persis.

Dalam pertandingan Madura United versus Persis Solo di pekan 23 Liga 1 mendatang, kedua tim memiliki kans yang sama untuk menang. Itu karena mereka butuh poin demi poin guna mengerek posisi di papan klasemen sementara. Siapakah yang jadi pemenang nantinya?

Baca Juga: 5 Top Skor Madura United di Putaran Pertama Liga 1, Siapa Tersubur?

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya