Liga 3 Dihentikan, Arema Indonesia Resah Pemainnya Jadi Pengangguran

Padahal mereka sudah terlanjur bersiap diri

Malang, IDN Times - Keputusan PSSI untuk menghentikan Liga 2 dan Liga 3 membuat Arema Indonesia, tim yang berkompetisi di Liga 3 ini pusing tujuh keliling. Pasalnya, mereka harus memikirkan nasib para pemainnya yang terancam jadi pengangguran.

"Saya melihat para pemain kasihan, soalnya mereka berharap ada pekerjaan, penghasilan, tapi malah batal. Saya mengatakan ini tanpa mau menyalahkan pihak manapun baik personal maupun asosiasi," terang Media Officer Arema Indonesia, Christian Teguh Prasetya saat dikonfirmasi pada Selasa (17/01/2023).

Arema Indonesia merasa kecewa dengan keputusan Excecutive Comitte (Exco) PSSI yang menghentikan sementara waktu jalannya Kompetisi Liga 2 dan Liga 3 pada 12 Januari 2023 lalu. Klub dengan lambang singa bertindik ini menyayangkan keputusan yang tidak melihat situasi klub-klub yang mengikuti kedua kompetisi tersebut.

1. Arema Indonesia sudah melakukan persiapan

Liga 3 Dihentikan, Arema Indonesia Resah Pemainnya Jadi PengangguranArema Indonesia saat melakukan latihan. (Instagram/aremaidnofficial)

Arema Indonesia tak hanya mengkhawatirkan nasib para pemainnya saja. Mereka juga terlanjur mengeluarkan banyak dana untuk merekrut pemain, mempersiapkan latihan, hingga menyewa lapangan untuk latihan.

"Mereka seharusnya tahu kalau persiapan tim sebelum liga dimulai juga butuh biaya. Arema Indonesia juga persiapan tidak sebentar, kami merasa sia-sia saja semuanya kalau Liga 3 dihentikan," ujar tim yang tebgah berjuang naik kasta ke Liga 2 ini.

Baca Juga: Sponsori Arema Indonesia, Juragan 99 Buka Jalan Rekonsiliasi ? 

2. Cuma bisa pasrah

Liga 3 Dihentikan, Arema Indonesia Resah Pemainnya Jadi PengangguranArema Indonesia saat melakukan latihan. (Instagram/aremaidnofficial)

Meskipun demikian, Arema Indonesia merasa pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa lagi dengan keputusan PSSI tersebut. Mereka hanya berharap sepakbola Indonesia bisa kembali bangkit.

"Harapan kami cuma mudah-mudahan keputusan ini berdampak terhadap banyak Arema Indonesia, sehinggatidak sia-sia belaka. Juga semoga sepakbola Indonesia lebih baik ke depannya," tukasnya.

3. Liga 2 dan Liga 3 dihentikan oleh PSSI

Liga 3 Dihentikan, Arema Indonesia Resah Pemainnya Jadi PengangguranMilitansi Aremania saat mendukung Arema Indonesia di Liga 3. (Instagram/aremaidnofficial)

Seperti diketahui, Exco PSSI memutuskan menghentikan Liga 2 dan Liga 3 pada 12 Januari 2023 lalu. Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi.

Yunus menyampaikan jika penghentian ini karena banyak tim yang meminta agar Liga 2 dan Liga 3 dihentikan. Kemudian kedua liga ini sulit diselesaikan sebelum Piala Dunia U-20 pada 20 Mei 2023.

Alasan kedua adalah terkait kelayakan infrastruktur stadion yang tidak sesuai standar Tim Transformasi Sepakbola Indonesia. Menurutnya sejak kejadian Tragedi Kanjuruhan membuat faktor sarana dan prasarana stadion jadi prioritas utama.

Terakhir Liga 2 dan Liga 3 dihentikan karena Peraturan Polisi Nomor 10 Tahun 2022. Menurut Yunus perpol ini mengatur tentang penyelenggaraan kompetensi yang lebih baik mulai dari periode waktu pemberitahuan, pengajuan rekomendasi dan izin, hingga bantuan pengamanan. Selain itu, PSSI juga memutuskan tetap melanjutkan Liga 1. Sehingga penyelengaraan Liga 1 akan dilakukan tanpa degradasi mengingat Liga 2 dan Liga 3 dihentikan.

Baca Juga: PSSI Stop Liga 2 dan Liga 3, Arema FC Baper!

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya