Arema FC Pilih Stadion I Wayan Dipta Bali Sebagai Homebase Sementara

Bali dipilih setelah manajemen pertimbangan main di Jatim

Malang, IDN Times - Telatnya renovasi Stadion Gajayana Kota Malang sebagai homebase Arema FC berdampak pada laga kandang Singo Edan di bulan pertama Liga 1 Musim 2023/2024. Renovasi kemungkinan belum akan selesai sampai akhir Agustus 2023, padahal Liga 1 dijadwalkan akan memulai kick off pada 1 Juli 2023.

Hal ini membuat Singo Edan harus menjadi tim musafir untuk memulai Liga 1 musim depan. Manajemen Singo Edan awalnya mengincar stadion di Jawa Timur sebagai homebase sementara, tapi akhirnya mereka memilih Bali sebagai pelabuhan sampai Stadion Gajayana selesai direnovasi.

1. Manajemen Singo Edan memastikan jika Arema FC akan bermain di Bali

Arema FC Pilih Stadion I Wayan Dipta Bali Sebagai Homebase SementaraManajer Tim Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas. (Twitter/aremafcofficial)

Manajer Tim Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas mengatakan jika Arema FC akan memakai Stadion I Wayan Dipta Gianyar, Bali sebagai homebase sementara. Pasalnya mereka melihat stadion yang jadi markas Bali United ini sudah lolos verifikasi dari PSSI dan PT LIB (Liga Indonesia Baru). Sehingga mereka tidak perlu lagi repot-repot mengurus verifikasi jika memakai stadion di Jawa Timur.

"Kita akan bermain di Bali. Tapi hanya sementara sampai Stadion Gajayana selesai (direnovasi)," terangnya saat dikonfirmasi pada Sabtu (27/05/2023).

Stadion Gajayana memang kekurangan dalam faktor kualitas rumput, kursi single seat yang minimal harus dipenuhi sejumlah 10 ribu kursi. Kemudian juga harus menambah kekuatan lampu stadion sebenar 1.200 lux. Rencana renovasi juga baru akan dilakukan bulan depan.

2. Arema FC bermarkas di Bali diperkirakan selama sebulan

Arema FC Pilih Stadion I Wayan Dipta Bali Sebagai Homebase SementaraKapten Arema FC, Johan Ahmad Farizi saat beradu sprint dengan pemain Persikabo 1973. (Instagram/aremafcofficial)

Wiebie menjelaskan jika Singo Edan alan menjadi tim musafir selama sebulan lamanya. Pasalnya renovasi Stadion Gajayana diperkirakan akan memakan waktu selama 2 bulan. Hal ini melihat banyak fasilitas yang perlu diperbaiki agar sesuai standar PSSI dan PT LIB.

"Bisa jadi kami akan sebulan berada di Bali sambil menunggu Stadion Gajayana selesai," jelasnya.

Singo Edan sendiri mengatakan kemungkinan akan melewatkan 4-6 pertandingan kandang di luar Malang. Hal ini membuat Aremania harus bersabar menunggu tim kesayangannya kembali bermain di Malang.

3. Gethuk mengatakan jika menjadi tim musafir tidak baik untuk tim Singo Edan

Arema FC Pilih Stadion I Wayan Dipta Bali Sebagai Homebase SementaraPelatih Kepala Arema FC, Joko Susilo saat memberi instruksi dalam latihan Arema FC. (Instagram/@aremafcofficial)

Assisten Pelatih Arema FC, Joko Susilo membeberkan jika menjadi tim musafir tidak bagus untuk ekosistem tim. Pasalnya mereka tidak bisa mendapatkan dukungan dari supporter, sehingga mereka tidak bisa mendapatkan hasil yang optimal meskipun berperan sebagai tuan rumah. Hal inilah yang mereka hadapi pada musim lalu ketika mendapat sanksi dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI.

"Kami tetap berharap meskipun jadi tim musafir, kita tetap ada penonton. Kita berharap ada dukungan dari Aremania nantinya," tutur pria yang akrab disapa Gethuk ini.

Meskipun demikian, pengalaman tidak menyenangkan musim lalu harus jadi pelajaran berharga. Dan sudah menjadi resiko penampilan mereka kurang maksimal ketika jadi tim musafir. Tapi mereka akan mengupayakan agar mereka bisa menghasilkan poin maksimal di Liga 1.

"Kita sudah berpengalaman menjadi tim musafir selama setengah musim. Tentu hal tersebut akan jadi pengalaman berharga bagi kami untuk musim depan," pungkasnya.

Baca Juga: 6 Pemain Arema FC yang Dipinjamkan, Ada yang Mainnya Gacor

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya