Javier Roca Girang Arema FC akan Berkandang di Stadion PTIK Jaksel

Kini pemain Arema FC bisa tenang dan kalem

Malang, IDN Times - Skuat Arema FC akhirnya bisa bernafas lega setelah mendapat kepastian akan berkandang di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Jakarta Selatan (Jaksel).  Pelatih Kepala Arema FC, Javier Roca mengungkapkan kegembiraannya melihat kabar tersebut. 

"Saya memang tidak bisa mewakili perasaan semua pemain, tapi saya bisa merasakan karena pernah menjadi pemain juga, secara pribadi pasti mereka merasa tenang. Karena sudah ada tempat kita gunakan sebagai home, ada tempat latihan, dan ada tempat kita akan bermain jadi tidak banyak sepekulasi atau jalan atau capek," terangnya saat dikonfirmasi pada Sabtu (04/02/2023).

Roca mengakui sempat terombang-ambing lantaran sebelumnya tak punya kandang pasti. "Saya tahu manajemen telah bekerja keras mencari alternatif agar laga home Arema tetap berjalan. Jadi saya berharap kami bisa menyeimbangkan dengan bekerja keras mendapat tiga poin. Secara mental, pemain akan lebih tenang untuk melakukan pertandingan," tuturnya.

1. Mental pemain dalam kondisi baik

Javier Roca Girang Arema FC akan Berkandang di Stadion PTIK JakselBek Arema FC, Bagas Adi Nugroho. (Instagram/aremafcofficial)

Roca mengatakan, jelang menghadapi PSM Makassar sore hari ini pukul 15.30 WIB, kondisi mental anak asuhnya kini lebih baik. Nasib mereka tidak lagi terkatung-katung saat kondisi tim belum mendapatkan kepastian homebase.

"Kalau kondisi mental seharusnya lebih baik ya, karena kita sudah dapat kepastian untuk berlaga home. Karena itu pasti sedikit mengganggu karena sebelumnya tidak mendapatkan stadion, masih belum dapat kabar, dan ditolak di mana-mana," jelasnya.

Oleh karena itu, pelatih 45 tahun ini meyakinkan kalau menghadapi PSM ini seharusnya secara mental lebih kuat. Mereka juga sudah melupakan kejadian penyerangan kepada bus Arema FC sebelumnya.

Baca Juga: Arema FC Akhirnya dapat Stadion di Jaksel

2. Istirahat lebih panjang

Javier Roca Girang Arema FC akan Berkandang di Stadion PTIK JakselIlhamudin Armayn saat berlatih dengan Dedik Setiawan. (Instagram/aremafcofficial)

Arema FC praktis memiliki jeda waktu istirahat lebih panjang dibandingkan PSM Makasar. Mereka terakhir kali bertanding pada 26 Januari 2023. Pertandingan selanjutnya yang seharusnya digelar melawan Bali United pada Senin (30/01/2023) juga batal digelar karena Arema FC belum mendapatkan kepastian homebase.

Sementara PSM Makassar harus menjalani laga full, terakhir mereka menghadapi Rans Nusantara FC pada Senin (30/01/2023). Bertanding tersebut berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Tim Juku Eja.

"Soal waktu sebenarnya pintar-pintarnya pelatih saja sih, kalau dari awal sudah mengeluh capek dan lain-lain ya seluruh sepakbola di dunia seperti itu. Kalau mereka pikir kita diuntungkan ya silahkan, kalau tidak ya silahkan, kita hanya mau fokus di pertandingan. Yang terpenting ini (bola) masuk ke gawang, ya sudah," paparnya.

3. Persiapan menghadapi PSM Makassar

Javier Roca Girang Arema FC akan Berkandang di Stadion PTIK JakselPelatih PSM Makassar Bernardo Tavares dalam laga Grup H AFC Cup 2022 kontra Tampines Rovers di KLFA Stadium Kuala Lumpur, Senin 27 Juni 2022. (the-afc.com)

Setelah mendapatkan kabar akan bermain di Stadion PTIK, Roca mengatakan timnya bisa fokus berlatih untuk laga menghadapi PSM Makassar. Oleh karena itu, mereka bisa fokus meraih hasil penuh dalam laga menghadapi anak asuh Bernardo Tavares.

Pelatih asal Chile ini melihat PSM Makassar adalah tim kuat yang sudah mendapat ritme permainan. Mereka juga terus mengalami perkembangan secara signifikan dari kekompakan tim dan kepercayaan diri sejak putaran pertama.

"Jadi kalau diwaspadai tentu pemain asing dan mereka juga ada pemain level timnas, paling tidak kita imbangi kolektivitas mereka, secara kolektif kita mencoba menjadi tim yang kompetitif, semoga bisa meraih kemenangan," ucapnya.

Sementara pemain Arema FC, Rizky Dwi Febrianto akan sangat berhati-hati menghadapi PSM Makassar. Apalagi mereka sebelumnya adalah juara paruh musim meskipun kini tergeser ke peringkat 3.

"Kita sudah melakukan latihan strategi dengan arahan dari pelatih, semua lawan kita anggap sama. Dan dari pengalaman pertandingan sebelumnya kita yakin bisa meraih tiga poin," tegasnya.

Rizky Dwi tahu di 4 pertandingan sebelumnya Arema FC telah membuang-buang 12 poin percuma, sehingga mereka harus bisa meraih poin penuh menghadapi PSM Makassar. Menurutnya kemenangan adalah kewajiban untuk Aremania.

Baca Juga: Tim TATAK Dampingi 5 Tersangka Pengerusakan Kantor Arema FC

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya