Comscore Tracker

Utak-atik Skenario Grup B SEA Games 2019, Indonesia Lolos Jika. . .

Sisakan satu laga, peluang Indonesia sejatinya cukup besar

Jakarta, IDN Times - Persaingan Grup B SEA Games 2019 cabang olahraga sepak bola dipastikan akan mencapai puncaknya pada laga terakhir. Tiga negara akan berebut dua tiket semifinal. Vietnam, Indonesia, dan Thailand masih sama-sama punya peluang lolos.

Saat ini Vietnam masih memimpin pucuk klasemen Grup B dengan raihan 12 poin. Disusul oleh Indonesia dan Thailand dengan koleksi poin yang sama, 9. Belum ada satu pun negara yang mengunci tiket lolos ke semifinal.

Meski berada di puncak klasemen dan belum pernah kalah, Vietnam belum aman. Mereka harus tampil habis-habisan kala menghadapi Thailand. Pertandingan tersebut diprediksi akan berlangsung sengit.

Sementara Indonesia akan menghadapi lawan yang lebih nyaman. Skuad asuh Indra Sjafri itu akan mendapat perlawanan Laos.

Lantas bagaimana peluang Indonesia untuk lolos semifinal?

Utak-atik Skenario Grup B SEA Games 2019, Indonesia Lolos Jika. . .Klasemen Grup B SEA Games 2019.

1. Indonesia bisa melenggang mulus minimal sebagai runner up grup

Utak-atik Skenario Grup B SEA Games 2019, Indonesia Lolos Jika. . .Timnas U-22 berhasil mengalahkan Brunei 8-0 pada pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Sepak Bola Binan, Laguna, Filipina, Selasa (3/12). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/pras

Di laga terakhir Grup B pada Kamis (5/12) esok, Indonesia akan menghadapi negara yang sudah tidak ada peluang lolos, Laos. Berapa pun skor akhir laga Indonesia vs Laos, asal Thailand tak mampu mengalahkan Vietnam, Egy Maulana Vikri dan kolega akan lolos sebagai runner up Grup B.

Dengan kondisi ini, posisi Indonesia memang di atas angin. Apalagi, rival beratnya, Thailand, akan bersua Vietnam di laga akhir. Namun, kemenangan, apalagi dengan skor besar, bisa melesatkan Indonesia ke puncak klasemen menggeser Vietnam, dengan catatan Vietnam takluk dari Thailand.

Baca Juga: Bantai Brunei 8-0, Indonesia Geser Thailand di Grup B SEA Games 2019!

2. Indonesia juga bisa keluar sebagai juara grup asalkan. . .

Utak-atik Skenario Grup B SEA Games 2019, Indonesia Lolos Jika. . .Timnas U-22 berhasil mengalahkan Brunei 8-0 pada pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Sepak Bola Binan, Laguna, Filipina, Selasa (3/12). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/pras

Andai Vietnam kalah dari Thailand, Indonesia bisa saja lolos sebagai juara Grup B. Syaratnya, Indonesia menang dengan skor cukup besar.

Saat ini, Indonesia punya selisih gol +11, sementara Vietnam +13. Jika diasumsikan Vietnam kalah tipis 0-1 saja, surplus gol Vietnam akan turun jadi +12 dan Indonesia butuh menang 2-0 atas Laos untuk naik ke puncak klasemen.

Namun, jika Vietnam dan Thailand berakhir imbang, Indonesia tak akan bisa finis di posisi puncak.

3. Nasib juara bertahan justru di ujung tanduk

Utak-atik Skenario Grup B SEA Games 2019, Indonesia Lolos Jika. . .Timnas U-22 Thailand di laga lawan Indonesia pada cabor sepak bola SEA Games 2019, Selasa (26/11) sore (Twitter/@Changsuek_TH)

Thailand, yang punya poin sama dengan Indonesia (9) namun kalah selisih gol +10, berada di ujung tanduk. Mereka butuh menang minimal 2-0 untuk bisa mencongkel Vietnam dari puncak klasemen. Menang 1-0 saja tak cukup bawa Thailand ke semifinal.

Sementara itu, jika hasilnya imbang, otomatis Vietnam akan mengunci posisinya sebagai juara grup sekaligus memulangkan Thailand dari SEA Games 2019.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Rotasi Feby Eka Jadi Sorotan, Indra Sjafri Beri Pembelaan

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya