Chelsea Vs Manchester City: Ujian Sarri Hentikan Laju Guardiola

Chelsea sudah kalah 2 kali dari 3 laga terakhir di liga

Jakarta, IDN Times - Memasuki pekan ke-16 Premier League, Chelsea yang sekarang bukan lagi Chelsea yang garang di awal musim. Diawali dengan kekalahan perdana dari Tottenham Hotspur, The Blues akhirnya telan 2 kekalahan dari 3 laga terakhir Premier League.

Ini yang membuat kunjungan Manchester City ke Stamford Bridge pada Minggu (9/12) dini hari nanti menjadi jadwal berat bagi Maurizio Sarri dan anak asuhnya. Tren performa City menunjukkan bahwa mereka adalah tim terbaik Premier League saat ini. 

1. Chelsea menurun sejak Eden Hazard mandul

Chelsea Vs Manchester City: Ujian Sarri Hentikan Laju Guardiolaronaldo.com

Terakhir kali Eden Hazard mencetak gol bagi Chelsea di liga adalah laga lawan Southampton pada 7 Oktober 2018 lalu. Setelahnya, dimulai dari laga kontra Manchester United yang berakhir 2-2, Hazard sudah absen di papan skor. Dengan menurunnya performa Hazard, performa Chelsea ikut terjun bebas. Diawali hasil imbang 0-0 lawan Everton, Chelsea lalu kalah dari Spurs dan Wolverhampton Wanderers tengah pekan lalu.

Baca Juga: Ditekuk Wolverhampton, Pelatih Chelsea Bingung Melihat Performa Timnya

2. Ruben Loftus-Cheek bisa jadi senjata rahasia Chelsea

Chelsea Vs Manchester City: Ujian Sarri Hentikan Laju GuardiolaTwitter/@rubey_lcheek

Walau performa tim keseluruhan sedang buruk, Chelsea masih punya senjata rahasia dalam diri gelandang muda, Ruben Loftus-Cheek. Di 2 laga terakhir kontra Fulham dan Wolves, gelandang berusia 22 tahun ini sumbang 2 gol. Kehadirannya di lini tengah bisa jadi variasi untuk melengkapi duo Jorginho dan N'Golo Kante.

3. Tapi, City bukan tim pada umumnya

Chelsea Vs Manchester City: Ujian Sarri Hentikan Laju GuardiolaTwitter/@VincentKompany

Ya, Manchester City bukan tim biasa. Dari 15 laga, mereka hanya kehilangan 4 poin saja. Dari total 45 poin yang bisa mereka kumpulkan, mereka sukses dapat 41 poin! Hanya Wolves dan Liverpool yang sejauh ini bisa menahan laju kemenangan The Citizens. Pertanyaannya, dengan kereta kemenangan skuat Pep Guardiola yang tengah melaju kencang, bagaimana cara hentikannya?

4. Untuk hentikan City, belajar dari Lyon

Chelsea Vs Manchester City: Ujian Sarri Hentikan Laju GuardiolaTwitter/@orafa2

Ya, di musim ini, hanya Olympique Lyonnais yang bisa jaga rekor tak terkalahkan saat dua kali bertemu Manchester City. Di Stadion Etihad, skuat Bruno Genesio menang 1-2, sementara di kandang sendiri, Les Gones sanggup imbang 2-2.

Salah satu yang menjadi perhatian adalah sistem pressing Lyon. Bruno Genesio menerapkan zonal-marking yang membuat timnya tidak pernah kekalahan jumlah pemain dalam situasi bertahan, atau bahkan saat menyerang. Kekuatan utama City adalah bagaimana mereka mengeksploitasi ruang dengan keunggulan jumlah pemain di beberapa fase penyerangan.

Dengan menerapkan skema pressing yang dieksekusi dengan tepat, Sarri dan Chelsea bisa memberi kekalahan perdana bagi City di musim ini.

5. Prediksi: City akan menang 0-1 atau 1-2

Chelsea Vs Manchester City: Ujian Sarri Hentikan Laju GuardiolaTwitter/@fernandinho

Di 3 laga terakhir sebelum melawat ke London dini hari nanti, City sudah gagal mencetak clean sheet. Kegagalan menjaga gawangnya tidak kebobolan ini bisa buat Chelsea punya peluang besar untuk curi gol. Tapi untuk skor akhir, kemungkinannya adalah 0-1 atau 1-2 untuk kemenangan tim tamu. 

Baca Juga: Kalahkan Watford, Manchester City Kokoh Di Singgasana Liga Inggris

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya