Amad Traore, Bocah 18 Tahun yang Dibayar Mahal Manchester United

Disebut-sebut main seperti Messi, siapa Amad Traore ini?

Jakarta, IDN Times - Nama Amad Traore mendadak jadi sorotan media pada detik-detik terakhir bursa transfer Eropa. Beberapa saat sebelumnya, namanya hanya bocah berusia 18 tahun yang selangkah lagi akan dipinjamkan oleh Atalanta ke Parma untuk musim 2020/2021 ini. Namun di detik-detik terakhir, Manchester United bergeliat.

Setan Merah siap membayar mahar sebesar €30 juta untuk pemain kelahiran Abidjan, ibu kota Pantai Gading ini. Meski akan terkendala izin kerja, Traore baru akan bergabung bersama United pada Januari 2021 dan menghabiskan sisa 3 bulan terakhir ini bersama Atalanta dahulu.

Lalu, siapa sejatinya sosok Amad Traore yang disebut kapten Atalanta, Papu Gomez, sebagai the next Lionel Messi ini?

1. Amad Traore adalah mutiara terpendam di skuat Atalanta

Amad Traore, Bocah 18 Tahun yang Dibayar Mahal Manchester UnitedAmad Traore, wonderkid milik Atalanta. Twitter/@statmandave

Bergabung bersama Atalanta junior sejak 2015, Amad Traore baru berusia 13 tahun kala itu. Tak banyak informasi bisa dikulik tentang asal usul bocah 18 tahun ini sebelum akhirnya bakat sang pemain muda terendus oleh pemandu bakat La Dea.

Namun siapa sangka, bersama tim junior Atalanta dan setelahnya di tim Primavera, talenta emas Amad Traore mulai mengilap dan kilaunya mulai menyilaukan mata Gian Piero Gasperini. Tak ayal, sang pelatih lantas mulai memanggilnya ke tim utama sejak memasuki paruh akhir musim 2019/2020.

Dan tak salah memang, sebab sang bintang muda langsung moncer. Musim lalu, ia mencatatkan 3 penampilan di tim utama Atalanta dan sukses mencetak 1 gol ke gawang Udinese, kala membantu La Dea berpesta 7-1 ke gawang sang lawan. Dan per September 2020, statusnya resmi dimasukkan dan didaftarkan ke tim senior Atalanta dengan nomor punggung 79.

Baca Juga: Bermain Gemilang, 5 Bintang Atalanta Ini Jadi Buruan Tim Besar Eropa!

2. Adik dari winger Sassuolo, Hamed Junior Traore

Amad Traore, Bocah 18 Tahun yang Dibayar Mahal Manchester UnitedWinger Sassuolo, Hamed Junior Traore. Twitter/@eduardohagn

Amad Traore sendiri adalah adik dari gelandang serang milik Sassuolo, Hamad Junior Traore. Keduanya adalah dua anak laki-laki yang datang dari Pantai Gading dan menimba ilmu sepak bola di Italia sejak usia remaja. Bedanya, Hamad memilih bergabung bersama akademi Empoli ketika Amad, sang adik, memilih Bergamo bersama Atalanta.

Kini, berusia 20 tahun atau 2 tahun lebih tua dari Amad, Hamad Junior sudah punya reputasi sebagai salah satu pemain muda potensial di Serie A. Bahkan kabarnya, Juventus dan AC Milan tengah serius memantau bakat Hamad dan siap memboyongnya di musim depan jika masa peminjamannya usai bersama Sassuolo.

3. Amad Traore punya reputasi luar biasa di tim junior. Bahkan, ia disandingkan dengan Lionel Messi!

Amad Traore, Bocah 18 Tahun yang Dibayar Mahal Manchester UnitedAmad Traore, winger muda milik Atalanta. Twitter/@deadlinedaylive

Amad Traore sendiri bukan nama sembarangan, setidaknya di kancah Primavera. Bersama Atalanta Primavera, ia tampil sebanyak 46 kali dan sukses mencatatkan total 13 gol dan 15 asis. Tak hanya itu, 3 gelar ia sumbangkan kepada Atalanta Primavera yakni gelar liga (2) dan Supercoppa Primavera (1).

Selain itu, pujian dan pengakuan akan kualitas si bocah datang dari sosok fenomenal di skuat La Dea, Alejandro "Papu" Gomez. Dikutip dari Guardian, Papu bahkan menyebut sang bocah sebagai pemain yang bermain seperti Lionel Messi!

"Dia adalah bintang masa depan, percaya sama saya! Selama sesi latihan di Atalanta, dia bermain seperti Messi! Dia susah dihentikan, sangat luar biasa. Para pemain belakang kami menghadapi masalah serius ketika Traore bermain di lapanga. Dia sangat fantastis!," ujar Papu kala itu.

Jadi, sudah layak ini Amad Traore dibanderol mahal oleh Manchester United?

Baca Juga: Jadi Tim Terproduktif, 7 Mesin Gol Atalanta di Serie A Musim Ini

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya