Comscore Tracker

Ditiadakan, 3 Pemain yang Layak Dapat Ballon d'Or 2020 Versi IDN Times

Pilihan redaksi ini berdasarkan statistik!

Jakarta, IDN Times - Penghargaan untuk pemain sepak bola terbaik dunia atau Ballon d'Or tahun ini resmi ditiadakan. France Football selaku penyelenggara menilai kalau level kompetitif berkurang karena pandemik virus corona.

Kendati demikian, meski Ballon d'Or 2020 ditiadakan, ada beberapa pemain yang bisa dibilang layak untuk meraihnya. Berikut IDN Times pilih 3 pemain terbaik musim ini berdasarkan statistik mereka. Siapa saja?

1. Robert Lewandowski

Ditiadakan, 3 Pemain yang Layak Dapat Ballon d'Or 2020 Versi IDN Timesgoal.com

Batalnya Ballon d'Or 2020 tentu jadi sebuah ketidakadilan bagi salah satu penyerang terbaik dunia saat ini, Robert Lewandowski. Di saat Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi tak "setajam" biasanya, striker asal Polandia ini justru tengah menjalani salah satu musim terbaiknya bersama Bayern Munich.

Di Bundesliga, tak hanya sukses mengantarkan Die Roten jadi juara, Lewandowski juga menjadi top skor dengan 34 gol di mana ia menyumbangkan 34 persen gol Bayern di liga musim ini. Bayangkan, 34 dari total 100 gol Bayern di Bundesliga 2019/2020 berasal dari kaki dan kepala Lewandowski!

Selain itu, di Liga Champions ia juga menjadi top skor sementara dengan koleksi 11 gol dari 6 laga. Ia unggul 3 gol dari Erling Braut Haaland yang timnya sudah tersingkir. Saking hebatnya Lewandowski musim ini, WhoScored memberikan rating 8,30 untuk sang striker. Dengan Bayern mengantongi keunggulan agregat 0-3 dari Chelsea, besar kemungkinan pundi-pundi gol Lewy akan terus bertambah di kompetisi ini.

Baca Juga: Legendaris! Ini 5 Pemain yang Meraih Ballon d'Or Secara Beruntun

2. Mohamed Salah

Ditiadakan, 3 Pemain yang Layak Dapat Ballon d'Or 2020 Versi IDN Timesliverpoolecho.com

Salah satu pesaing Robert Lewandowski untuk alternatif peraih Ballon d'Or adalah winger milik Liverpool, Mohamed Salah. 19 gol dan 9 asisnya di Premier League musim ini menjadikannya top skor sementara klub di liga sekaligus aktor kunci kesuksesan Liverpool mengakhiri dahaga gelar juara di Premier League.

Meski tak sanggup membawa Liverpool lolos ke babak selanjutnya di Liga Champions dan mempertahankan gelar juara, sumbangsih Mo Salah tak bisa dianggap sepele. Sejak bergabung ke Anfield pada awal musim 2017/2018, Salah mencetak masing-masing 32 gol, 22 gol, dan 19 gol sejauh ini dengan 2 laga tersisa di musim 2019/2020.

Di saat Lionel Messi kepayahan membawa Barcelona menjuarai LaLiga, Mohamed Salah sangat layak disebut telah menjalani musim yang lebih baik dari La Pulga, bukan?

3. Josip Ilicic

Ditiadakan, 3 Pemain yang Layak Dapat Ballon d'Or 2020 Versi IDN Timesuefa.com

Bukan CR7, bukan pula Ciro Immobile, karena bintang terang Serie A musim ini sejatinya adalah gelandang serang gaek asal Slovenia, Josip Ilicic. Selain membawa Atalanta jadi salah satu tim tertajam Eropa dengan koleksi 94 gol dari 34 laga di Serie A sejauh ini, Ilicic juga ikut andil membawa La Dea lolos ke perempat final Liga Champions di debut perdana mereka!

Di Serie A, 15 gol yang dicetaknya hanya kalah dari duo striker, Luis Muriel dan Duvan Zapata yang punya 17 gol. Sementara di kancah Eropa, eks pemain Fiorentina ini punya sumbangsih 5 gol, yang di antaranya adalah 4 gol fenomenal yang diborongnya saat Atalanta mengatasi perlawanan Valencia dengan skor 3-4 di leg kedua babak 16 besar, 10 Maret 2020 lalu.

Baca Juga: Liga Terhenti, Ini 5 Pesaing Teratas dalam Perburuan Ballon d'Or 2020

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya