Terima Salinan Surat Sanksi, Persela Pastikan Akan Banding 

Kalau sudah seperti ini, siapa yang rugi?

Lamongan, IDN Times- Komisi Disiplin (Komdis) PSSI akhirnya, secara resmi menjatuhi hukuman Persela Lamongan, berupa denda uang sebesar Rp200 juta dan larangan bertanding tanpa penonton di sisa putaran kedua, Shoope Liga I 2019. 

Sanksi ini buntut dari aksi kericuan supporter Persela Lamongan yang masuk ke dalam lapangan pertandingan, saat tim kebanggaan masyarakat Kota Lamongan itu menjamu Perseru Badak Lampung, di Stadion Surajaya, Lamongan, Rabu, (20/11), lalu. "Iya mas kita dijatuhi hukuman, denda dan bermain tanpa supporter," kata Manajer Persela, Edy Yunan Ahmadi, Senin (25/11).

1. Komdis PSSI menemukan fakta pelanggaran yang dilakukan Persela

Terima Salinan Surat Sanksi, Persela Pastikan Akan Banding Sepanduk bertuliskan sindiran buat pemain dan manajemen Persela Lamongan terpasang di pagar tribun. IDN Times/Imron

Sanksi tersebut, lanjut Yunan, merujuk dari hasil sidang yang digelar oleh Komdis PSSI yang berlangsung pada Kamis (21/11). Menurutnya, ada beberapa fakta-fakta yang menjadi temuan di lapangan saat pertandingan berlangsung.

"Kami sudah menerima surat salinan keputusan Komdis PSSI yang telah diterima klub itu juga menyebutkan hukuman tersebut sudah layak kita terima berdasarkan hasil investigasi Komdis PSSI di lapangan," ujarnya.

2. Supporter Persela Lamongan terbukti melakukan pelemparan

Terima Salinan Surat Sanksi, Persela Pastikan Akan Banding Pertandingan antara tuan rumah Persela Lamongan vs Perseru Badak Lampung FC, berakhir 1-0. IDN Times/Imron

Komdis juga menyebut ada pendukung Persela yang terbukti melakukan pelanggaran berupa pelemparan usai pemain Persela Lamongan Alex Dos Santos Goncalves gagal mengeksekusi penalti pada menit 72. Mereka masuk ke lapangan dan merusak gawang serta mengejar para pemain.

"Dalam salinan surat yang kita terima, pemain masuk ke lapangan dan melakukan pengerusakan," ucapnya.

Baca Juga: Kalahkan Badak Lampung 1-0, Persela Menang Berkat Gol Dramatis

3. Pertandingan sempat dihentikan

Terima Salinan Surat Sanksi, Persela Pastikan Akan Banding Ratusan pendukung Persela Lamongan kecewa dan masuk ke dalam stadion. IDN Times/Imron

Akibat insiden tersebut, pertandingan terhenti selama 55 menit, seluruh pemain dari kedua kesebelasan terpaksa di bawa ke ruang ganti. Meski akhirnya mereka kembali ke bangku penonton, namun Komdis tetap menyebut hal itu sebagai sebuah pelanggaran.

"Ada tiga laga kandang dan 3 lainnya tandang, ya semoga di sisa laga ini kita meraih hasil positif," ungkap Yunan.

4. Persela bakal mengajukan banding

Terima Salinan Surat Sanksi, Persela Pastikan Akan Banding Pemain Persela Lamongan saat menggelar latihan di Stadion Surajaya Lamongan, Selasa (19/11), sore. IDN Times/Imron

Usai menerima surat saksi tersebut, rencananya pihak manajemen Persela Lamongan bakal melakukan banding. Mereka menganggap sanksi yang dijatuhkan terhadap tim berjuluk Laskar Joko Tingkir tersebut dinilai terlalu berat. "Yang pastinya kita bakal melakukan banding terkait keputusan yang diberikan oleh Komdis PSSI terhadap Persela," pungkasnya.

Baca Juga: Nil Maizar Minta Pemain Persela Tetap Fokus di Sisa Laga Liga 1

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya