Gol Bunuh Diri Kapten Persela Hapus Rekor Tak Terkalahkan di Kandang

Hampir 2 tahun Persela tak pernah kalah di kandang

Lamongan, IDN Times- Dewi fortuna, nampaknya tak berpihak kepada Persela Lamongan. Persela harus kalah atas tamunya Bali United di pertandingan lanjutan Piala Indonesia babak 16 besar, di stadion Surajaya Lamongan, Senin (18/2). Kekalahan ini sekaligus menjadi yang pertama di Surajaya selama hampir dua tahun terakhir.

 

1. Tertekan sejak menit awal

Gol Bunuh Diri Kapten Persela Hapus Rekor Tak Terkalahkan di KandangIDN Times/Imron

Sejak peluit babak pertama dimulai, Bali United terus melancarkan serangan ke jantung pertahanan Persela Lamongan. Alhasil, di menit ke 15, pemain Bali United bernomor punggung 90 Antonius Johennes Melvin Goncalves nyaris saja membobol gawang Persela yang dijaga Dian Agus Prasetyo. Namun, ia terperangkap jebakan offside

Bermain di bawah dukungan ribuan suporter, Persela Lamongan mencoba bangkit dari tekanan. Namun, banyaknya peluang yang kerap didapat anak-anak asuh Aji Santoso, seperti Malik Risaldi di menit ke 16, dan tembakan pemain tengah Ahmad Subagja Basith dari luar kotak penalti tidak mampu dikonversi menjadi gol. 

2. Skor 0-1 untuk keunggulan tim tamu

Gol Bunuh Diri Kapten Persela Hapus Rekor Tak Terkalahkan di KandangIDN Times/Imron

Satu-satunya gol pada pertandingan ini merupakan hasil bunuh diri dari kapten Persela, Jairo Rodrigues pada menit 34 .membuat Bali United unggul 0-1 atas tuan rumah.

Pada babak kedua, Persela sebenarnya tampil menyerang. Namun, pertahanan kokoh Bali membuat skor tak berubah. Sebenarnya, Persela sempat memperoleh hadiah tendangan penalti akibat handball pemain belakang Gunawan Dwi Cahyo

Namun, Jairo yang bermaksud menebus kesalahan justru gagal memanfaatkan peluang tersebut. Tendangannya ditepis oleh penjaga gawang Bali United, Wawan Hendrawan.

3. Kalah karena minimnya persiapan

Gol Bunuh Diri Kapten Persela Hapus Rekor Tak Terkalahkan di KandangIDN Times/Imron

Pelatih Persela, Aji Santoso mengatakan bahwa kekalahan yang diderita timnya karena singkatnya waktu latihan. Ia menilai masih ada beberapa pemain yang belum bisa menyesuaikan.

"Untuk Jairo Rodrigues Peixoto Filho, yang tidak mampu menendang bola hadiah penalti, ini hanya soal keberuntungan, pemain ini merupakan pemain terbaik," kata Aji.

4. Aji akui tidak mudah mengalahkan Bali United

Gol Bunuh Diri Kapten Persela Hapus Rekor Tak Terkalahkan di KandangIDN Times/Imron

Hasil buruk ini, kata Aji, akan dijadikan bahan evaluasi bagi Persela. Mereka berjanji akan bermain ngotot di leg kedua saat bertandang ke markas Bali United.

Aji juga mengakui bahwa tidak mudah menghadapi tim asal pulau Dewata itu. Sebab skuat Bali United diisi oleh pemain bintang. "Tapi kami cukup senang karena anak-anak kami bisa mengimbangi permainan di babak kedua, meskipun pada saat babak pertama sempat ditekan," katanya.

Baca Juga: Persela Datangkan Tiga Pemain Asing, Salah Satunya dari Jepang

5. Pelatih Bali United bangga bisa hapus rekor Persela

Gol Bunuh Diri Kapten Persela Hapus Rekor Tak Terkalahkan di KandangIDN Times/Imron

Sementara, pelatih Bali United Alessandro Stefano Cugurra Rodrigues mengaku bangga karena Persela Lamongan adalah tim yang mempunyai catatan apik dan tidak pernah kalah saat bermain di kandang.

"Jadi ini merupakan kerja keras tim. Kami bangga sekali hanya Bali United yang bisa mengalahkan Persela di kandang, karena tim ini punya rekor baik saat bermain di publik sendiri," katanya.

Baca Juga: Persela Menang 4-1 Lawan Porprov, Aji Santoso: Lihat Kemampuan Pemain

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya