Comscore Tracker

Dendy Sulistyawan, Cah Lamongan yang Antar Timnas Kalahkan Curacao

Kini Dendy Sulistyawan bermain untuk klub Bhayangkara FC

Lamongan, IDN Times - Dendy Sulistyawan menjadi pahlawan kemenangan bagi Timnas Indonesia atas Curacao pada laga FIFA Matchday di Stadion Pakansari, Bogor Selasa (27/9/2022), malam. Dendy Sulistyawan menyumbangkan satu gol usai menerima umpan dari Witan Sulaeman di menit ke 87. Tambahan satu gol ini membuat Timnas Garuda menang tipis atas Curacao dengan skor 2-1. Dendy merupakan debutan di Timnas Indonesia. Lantas bagaimana perjalanan karirnya? 

1. Pria kelahiran Kecamatan Ngimbang, Lamongan ini memulai karir juniornya bersama Persela

Dendy Sulistyawan, Cah Lamongan yang Antar Timnas Kalahkan CuracaoDendy Sulistyawan. (instagram.com/dendy_22)

Dendy merupakan pesebakbola yang lahir dan besar di Dusun Sawen, Kecamatan Ngimbang, Kabupaten Lamongan pada tanggal 12 Oktober 1996 silam. Ia mengawali karirnya sebagai pesepakbola di Persela Lamongan junior. Ia berada di tim Persela U-21 mulai tahun 2014 hingga tahun 2016.

Pada musim 2016, Dendy berhasil membawa tim tersebut menjuarai ISL U-21. Bahkan, ia mencetak dua gol saat mengalahkan Borneo FC pada perebutan tempat ketiga. Persela yang kala itu diperkuat beberapa pemain seperti Saddil Ramdani dan Ahmad Nur Hardianto mampu membekap Borner FC dengan skor 2-1. 

2. Karirnya moncer bersama Persela, ia pun dipinang oleh Bhayangkara dan menjadi anggota Polri

Dendy Sulistyawan, Cah Lamongan yang Antar Timnas Kalahkan CuracaoDendy Sulistyawan. (instagram.com/dendy_22)

Karir cemerlangnya di tim junior membuat pelatih Persela kala itu, Aji Santoso kesengsem. Ia sempat mendapat kesempatan bermain pada Piala Presiden 2015. Puncaknya, pada musim 2016 ia pun mendapat promosi ke tim senior untuk mengarungi Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016. Dari 11 pertandingan ia jalani, Dendy mampu melesatkan 2 gol. 

Pada Liga 1 edisi pertama, yaitu musim 2017, Dendy dipinang oleh Bhayangkara FC sekaligus resmi diterima menjadi anggota kepolisian. Di musim pertamanya, performa Dendy agak menurun. Dari 21 laga yang ia jalani, Dendy hanya mencetak 2 gol. Pada musim selanjutnya, yaitu 2018, ia melanjutkan karir bersama Bhayangkara FC. Selama 12 pertandingan, ia gagal mencetak satu gol pun. Walhasil, di paruh kedua, ia dipinjamkan ke klub kota kelahirannya, Persela. 

3. Karirnya di Bhayangkara melesat, sempat dipinjamkan ke Persela

Dendy Sulistyawan, Cah Lamongan yang Antar Timnas Kalahkan CuracaoDendy Sulistyawan. (instagram.com/dendy_22)

Benar saja, Dendy kembali menggila saat berseragam Persela. Dari 16 pertandingan bersama Laskar Joko Tingkir, ia mampu mencetak 9 gol. Bahkan, ia sempat membuat hattrick kala Persela mengalahkan Persipura 3-2. Sayangnya, setelah musim berakhir ia harus kembali ke Bhayangkara. Sejak ke Bhayangkara musim 2019 sampai 2022, ia tercatat sudah mencetak 8 gol. 

Dari 8 gol yang dicetak Dendy, salah satu di antaranya sempat viral. Gol itu ia cetak kala berhadapan dengan Persela pada musim 2021/2022 lalu. Pada pertandingan itu, Persela sebenarnya membutuhkan kemenangan untuk lepas dari degradasi. Bukannya menang, Persela malah dihajar Bhayangkara 4-0. Salah satu gol tersebut dicetak oleh Dendy dan mengantarkan Persela degradasi.

Usai mencetak gol, Dendy menangis. Ia mengaku sedih karena harus mengantar tim kota kelahirannya degradasi ke Liga 2.  

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Asli Lamongan yang Berkarir di Liga Indonesia

4. Ia beberapa kali gagal masuk seleksi Timnas

Dendy Sulistyawan, Cah Lamongan yang Antar Timnas Kalahkan CuracaoPenggawa Timnas Indonesia, Dendy Sulistyawan sedang berduel dengan pemain Curacao. Dia mampu mencetak gol penentu kemenangan Timnas Indonesia saat mengaloahkan Curacao 2-1 dalam laga FIFA Matchday di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Selasa (27/9/2022). (IDN Times/Tata Firza)

Di Timnas, Dendy sebenarnya sudah beberapa kali dipanggil. Ia pertama kali dipanggil oleh Alfred Riedl untuk menjalani pusat latihan Piala AFF tahun 2016. Namun sayangnya saat itu Dendy tak masuk dalam skuat incaran Alfred Riedl. Dendy juga sempat masuk dalam seleksi skuad asuhan Shin Tae-yong pada tahun 2020. Lagi-lagi ia gagal masuk ke skuad inti. 

Dendy kemudian kembali dipanggil pada seleksi Shin Tae-yong untuk persiapan FIFA matchday melawan Curacao. Kali ini ia berhasil memikat hati Shin Tae-yong. Pada pertandingan pertama, ia menjalani debut dari bangku cadangan. Lalu, pada pertandingan kedua, Selasa, (28/9/2022), Dendy menunjukkan tajinya. Masuk pada babak kedua, ia mampu mencetak gol kemenangan bagi Indonesia.

Dendy kini menambah daftar panjang pemain asal Lamongan yang pernah memperkuat Timnas seniro Indonesia. Sebelumnya sudah ada nama Ali Sunan, Choirul Huda, hingga Ahmad Nur Hardianto. 

Baca Juga: Ada Gustavo, Ini 7 Pemain Argentina yang Pernah Memperkuat Persela

Imron Saputra Photo Community Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya