Ansu Fati yang Spektakuler di Timnas Spanyol

Rekor demi rekor terus dicatatkan Ansu Fati

Jakarta, IDN Times - Usai mengukir rekor sebagai debutan termuda di Timnas Spanyol beberapa hari lalu, Ansu Fati kembali masuk buku rekor. 3 hari lalu, Ansu Fati mencatatkan rekor sebagai pemain termuda di sejarah sepak bola Spanyol sejak 1936 yang sukses debut pada usia belum genap 18 tahun.

Dengan usia 17 tahun dan 308 hari, Ansu Fati menjadi pemain termuda di sejarah Timnas Spanyol sejak tahun 1936 yang sukses catatkan penampilan perdana bersama La Roja. Dan kini, rekor terbaru ia buat setelah sang wonderkid sukses mencetak gol perdananya kala berseragam merah khas La Furia Roja.

1. Gol perdana sebagai debutan di starting line up

Ansu Fati yang Spektakuler di Timnas SpanyolAnsu Fati melepaskan sepakan berujung gol ke gawang Ukraina, Senin (7/9/2020) dini hari. Twitter/@Squawka

Di laga lawan Ukraina, Ansu Fati memang mencuri perhatian. Tak hanya jadi debut perdananya sebagai starting eleven, namun bocah didikan Barcelona ini sukses tampil memukau. Selain menghadiahkan penalti yang dieksekusi dengan mantap oleh Sergio Ramos, Fati juga mencetak gol untuk dirinya sendiri.

Berawal dari penetrasi di sisi kanan pertahanan Ukraina, ia mengecoh satu pemain lawan, menekuk bola ke dalam, sebelum melepaskan sepakan diagonal yang sukses menjebol gawang Ukraina di menit ke-31.

Gol itu menjadikannya pemain termuda di sepanjang sejarah Timnas Spanyol yang sukses mencetak gol bersama tim senior. Ansu Fati melakukannya di usia 17 tahun dan 311 hari, hanya 3 hari berselang usai namanya cetak rekor sebagai pemain debutan.

Baca Juga: Para Debutan di Laga Jerman vs Spanyol

2. Statistik spektakuler Ansu Fati di laga lawan Ukraina

Ansu Fati yang Spektakuler di Timnas SpanyolAnsu Fati mencicipi debut di tim senior Spanyol pada laga lawan Jerman, Jumat (4/9/2020) dini hari. Twitter/@fcbmasia

Di laga dini hari sendiri, Ansu Fati bermain selama 90 menit dan sukses mencatatkan beberapa statistik menarik. Selain mencetak gol perdananya, ia juga membuat total 6 tembakan (terbanyak di antara pemain Timnas Spanyol lainnya), di mana 2 di antaranya tepat mengarah ke gawang.

Selain itu, Ansu Fati turut mengkreasi 2 peluang, membuat 6 dribel sukses, melakukan 10 sentuhan di kotak penalti lawan, dan tentu saja memenangkan penalti di awal laga yang sukses dikonversi jadi gol oleh Sergio Ramos.

3. Ansu Fati baru punya 2 caps di Timnas Spanyol, akankah terus bertambah?

Ansu Fati yang Spektakuler di Timnas SpanyolWinger muda Timnas Spanyol, Ansu Fati, mencetak gol di laga lawan Ukraina, Senin (7/9/2020) dini hari. Twitter/@goal

Di usia belum genap 18 tahun, Ansu Fati sudah mencatatkan 2 caps bersama La Roja. Meski bersaing dengan winger-winger lain seperti Ferran Torres dan Adama Traore hingga Jesus Navas, dengan performa stabil selama dua laga terakhir, kecil kemungkinan namanya tak dilirik lagi oleh Luis Enrique.

Yang jadi pertanyaan kemudian, mampukah Ansu Fati mencatatkan konsistensi serupa bersama Barcelona, yang tengah dalam masa turbulensi dan di bawah pelatih baru, Ronald Koeman?

Baca Juga: Mekar Mewangi Ansu Fati

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya