Comscore Tracker

Persebaya dan Lima Klub Liga 1 Lolos Verifikasi AFC

Delapan klub dinyatakan gagal

Jakarta, IDN Times - Persebaya dan lima klub Liga 1 lainnya dinyatakan lolos verifikasi klub AFC. Club Licensing ini menjadi syarat utama bagi tiap klub di Liga 1 untuk bisa berkiprah di kompetisi internasional yang diselenggarakan AFC.

Adapun lima klub lainnya yakni Persib Bandung, Persipura Jayapura, PSM Makassar, Persija Jakarta dan Arema FC. Sementara Bali United FC dan Bhayangkara FC mendapat granted with sanction alias lolos bersyarat.

Tahun ini sendiri ada 16 klub Liga 1 yang berpartisipasi dalam Club Licensing. Keputusan Club Licensing terbagi dalam tiga kategori yakni granted, granted with sanction dan rejected. Sebanyak delapan klub lainnya gagal (rejected). 

1. Manajer Persebaya bersyukur

Persebaya dan Lima Klub Liga 1 Lolos Verifikasi AFCPersebaya.id

Hal ini merupakan capaian tersendiri bagi Bajul Ijo. Maklum, dalam pengajuan tahun lalu, Persebaya gagal mendapatkannya. 

”Ini memang menjadi pencapaian yang luar biasa. Terima kasih kepada teman-teman yang bekerja keras sehingga kita akhirnya bisa meraih licensing ini,” terang Candra Wahyudi, Direktur PT Persebaya Indonesia, seperti dikutip dari situs resmi Persebaya, Senin (14/10). 

Baca Juga: Bonnie Fautngil, Asisten Pelatih Berlisensi UEFA Milik PSM Makassar

2. Standar kualitas manajemen klub harus jadi prioritas

Persebaya dan Lima Klub Liga 1 Lolos Verifikasi AFCIDN Times/Istimewa

Ketua Club Licensing Committee, Timmy Setiawan beserta jajarannya telah melakukan proses verifikasi terhadap 16 peserta kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air. Dalam proses verifikasinya, terdapat lima kriteria penilaian yang dievaluasi: Sporting, Infrastructure, Personnel & Administration, Legal, dan Finance.

"Harapannya dengan adanya standar ini, klub sepak bola profesional di Indonesia memiliki referensi untuk standar kualitas manajemen klub yang selalu menjadi prioritas dalam pengembangan sepak bola modern baik dari AFC mau pun PSSI," kata Timmy Setiawan, Minggu (13/10) dilansir laman resmi PSSI.

3. Club Licensing Departement masih menyisakan pekerjaan rumah

Persebaya dan Lima Klub Liga 1 Lolos Verifikasi AFCpssi.org

Club Licensing Departement memberikan apresiasi bagi empat klub peserta. Sebab, Madura United, Persebaya, Persela, dan PSIS termasuk klub besar yang menunjukkan pertumbuhan signifikan dalam proses kali ini jika dari tahun sebelumnya.

Hanya saja, Club Licensing Department masih memiliki pekerjaan rumah untuk segera diselesaikan, termasuk sosialisasi lisensi nasional liga 1 dan persiapan regulasi lisensi nasional di liga 2. Lalu, ada juga perumusan aspek bisnis yang sudah mulai diterapkan di beberapa federasi negara di Asia.

"Mewakili teman-teman Club Licensing Department, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh rekan-rekan Club Licensing Officer Liga 1 yang telah bekerja keras untuk menjadi bagian pertumbuhan sepakbola nasional yang kita banggakan," tukas Club Licensing Manager, Yulius Amos.

Baca Juga: PSSI Angkat Tangan Kasus Jual-Beli Lisensi Perseru?

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You