Comscore Tracker

Hadapi Hong Kong, Timnas U-19 Asah Penyelesaian Akhir

Lanjutan babak kualifikasi AFC U-19

Jakarta, IDN Times - Lanjutan babak kualifikasi Piala AFC U-19 akan berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (8/11). Timnas U-19 akan menghadapi Hong Kong U-19.

Pertandingan kedua skuad Garuda Muda ini diprediksi akan berjalan alot. Pasalnya, masih ada beberapa kelemahan yang harus segera dibenahi oleh Septian David Maulana dkk. Kendati sukses mengalahkan Timor Leste 3-1 pada laga perdana, anak asuh Fakhri Husaini itu harus tetap bekerja ekstra keras.

1. Masalah penyelesaian akhir harus bisa diselesaikan

Hadapi Hong Kong, Timnas U-19 Asah Penyelesaian AkhirPSSI/Herka Yanis P

Hal pertama yang harus ditemukan solusinya adalah penyelesaian akhir. Ujung tombak Timnas U-19 masih belum bisa memanfaatkan peluang dengan maksimal.

Selain itu, pemain belakang masih sering melakukan kesalahan elementer. Sehingga memberikan peluang bagi lawan untuk mencuri gol.

Fakhri Husaini pun mengakui ada sedikit masalah di penyelesaian akhir. Dalam waktu mepet pun ia coba mengevaluasinya saat latihan.

“Penyelesaian akhir memang masalah tim, kami telah evaluasi hal itu. Saya juga meminta pemain untuk bisa mengatasi serta menguatkan mental mereka. Semoga kami bisa memperbaiki itu di laga melawan Hong Kong,” kata pelatih berusia 54 tahun itu dilansir laman resmi PSSI.

2. Fakhri tak akan merotasi banyak pemain

Hadapi Hong Kong, Timnas U-19 Asah Penyelesaian Akhirpssi.org/Herka Yanis P

Fakhri juga sengaja memberikan waktu istirahat lebih kepada pemain yang sudah tampil pada laga perdana melawan timor Leste. Mereka dibiarkan istirahat untuk mengembalikan kondisi fisik agar bisa tampil maksimal, dan memilih fokus pemain yang tak tampil.

"Hari ini kami latihan ringan, pemulihan kondisi fisik pemain. Difokuskan kepada pemain yang belum bermain kemarin. Ini penting untuk mengatasi padatnya jadwal pertandingan di kualifikasi Piala AFC U-19, sebab kami hanya memiliki satu hari untuk istirahat dan berlatih," ujar pelatih asal Lhokseumawe tersebut.

Namun, terkait kemungkinan rotasi, Fakhri menyiratkan bahwa tak akan ada perubahan yang banal. Namun, ia juga menyebut bahwa rotasi pemain diperlukan dalam kondisi jadwal padat yang saat ini dialami anak asuhnya.

3. Hong Kong Waspadai serangan cepat Timnas U-19

Hadapi Hong Kong, Timnas U-19 Asah Penyelesaian AkhirIDN Times/Herka Yanis P

Sementara itu, Hong Kong bakal berusaha membuat tuan rumah kesulitan dalam duel nanti. Pelatih timnas Hong Kong U-19, Amason Tholakur Mararnason, sangat mewaspadai permainan cepat Timnas U-19 yang diperagakan Timnas saat melawan Timor Leste.

“Terutama build up cepatnya, mereka memiliki pemain-pemain sayap cepat. Terlihat saat mereka mengalahkan Timor Leste," tukas dia.

Baca Juga: Timnas U-19 Tekuk Timor Leste, Iwan Bule: Finishing Belum Maksimal

Topic:

  • Dida Tenola

Just For You