Persebaya Taklukan Sabah FA, Aji Santoso Puji Konate Makan

David da Silva borong dua gol kemenangan Persebaya

Jakarta, IDN Times - Aji Santoso memuji anak asuhnya terutama, Konate Makan, usai laga uji coba internasional antara tim besutannya Persebaya melawan Sabah FA yang digelar di Stadion Bung Tomo, Surabaya pada Sabtu (9/2). Terlebih, Bajul Ijo bisa menang dengan skor meyakinkan 3-1.

"Tim ini cukup prospek. Punya harapan dengan beberapa pemain baru. Mahmoud Eid, Ricky Mokodompit juga bagus. Bahkan Konate Makan bermain luar biasa menurut saya. Meskipun kondisinya belum 100 persen. Itu Wajar,” kata Aji pada sesi konferensi pers usai laga.

1. Persebaya sempat kecolongan lewat gol cepat Sabah FA

Persebaya Taklukan Sabah FA, Aji Santoso Puji Konate MakanPemain persebaya Surabaya. persebaya.id

Pada laga tersebut, tim asal Kota Pahlawan ini memang tampil cukup baik. Hanya saja, mereka harus tertinggal lebih dulu saat laga baru berjalan enam menit melalui Hetor Dinar Ramos memanfaatkan sepak pojok.

Beruntung, David da Silva, ujung tombak yang sejak pertengahan musim lalu jadi andalan Persebaya, mampu menorehkan dua gol pada babak pertama untuk membalikan keunggulan, masing-masing pada menit ke-8 dan ke-40.

Sedangkan satu gol penentu Persebaya ditorehkan oleh Irfan Jaya pada pengujung laga babak kedua.

2. Persebaya mampu terapkan taktik yang Aji Santoso Inginkan

Persebaya Taklukan Sabah FA, Aji Santoso Puji Konate MakanPemain Persebaya Surabaya, Konate Makan. persebaya.id

Aji menilai anak asuhnya mampu menunjukkan performa yang baik selain pemain-pemain yang disorot cukup menonjol. Menurutnya, para pemain sudah terlihat padu dalam mengorganisir skema yang diinginkan dan mampu menjalankan skema yang didapat sewaktu latihan dengan sangat baik, yakni memulai serangan dari bawah.

“Selama saya absen, saya hanya berikan program latihan kepada asisten pelatih. Alhamdulillah berjalan dengan baik. Memang kami minta kepada pemain untuk menerapkan yang didapat dalam latihan, dari aspek permainan mereka sudah menjalankan dengan baik,” ujar mantan pelatih Arema FC ini.

3. Persebaya bakal lakukan evaluasi

Persebaya Taklukan Sabah FA, Aji Santoso Puji Konate MakanAji Santoso memberi arahan pada pemain. Instagram.com/officialpersebaya

Di luar hasil kemenangan timnya, Aji menilai duel Persebaya melawan Sabah FA berjalan sangat menarik. Terlebih, sang tamu mampu menampilkan permainan yang cukup bagus. Setidaknya, ujian dari Sabah membuat timnya bisa mendapatkan pengalaman berharga, selain kepercayaan diri.

“Lebih dari itu, tentunya saya bisa tahu sampai di mana (progres) tim untuk menghadapi kompetisi nanti. Yang jelas, anak-anak luar biasa,” beber Aji lagi yang tak henti memuji anak asuhnya.

Namun, hal itu tak membuat Aji Santoso puas dengan permainan Persebaya. Ia mengaku bakal tetap memberikan evaluasi sebelum terjun ke turnamen Piala Gubernur Jatim 2020 dan Liga 1, karena ada satu kesalahan dari proses kebobolannya Persebaya di menit-menit awal.

Baca Juga: Jadwal Liga 1 2020 Beredar, Persebaya vs Persik Jadi Laga Pembuka!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya