Marco Giampaolo Bakal Didepak, Siapa Kandidat Pelatih Baru AC Milan?

Gattuso, Spalletti, dan Wenger masuk bursa pelatih AC Milan

Jakarta, IDN Times - Status pelatih kepala AC Milan, Marco Giampaolo, kini di ujung tanduk. Pelatih berkebangsaan Swiss/Italia tersebut dianggap belum mampu mengangkat performa Rossoneri sejak didatangkan pada awal musim di Serie 2019/2020.

Menilik pada performa setiap pertandingan, AC Milan di bawah kendali Giampaolo memang kurang begitu konsisten. Dalam debutnya di kompetisi musim ini, AC Milan harus takluk di tangan Udinese (1-0), walau kemudian mereka mampu bangkit dengan meraih dua kemenangan beruntun atas Brescia (1-0) dan Hellas Verona (0-1).

Namun, performa AC Milan kembali drop usai meraih dua kemenangan tersebut. Mereka harus menderita kekalahan dari rival se-kota Inter Milan (0-2) dalam derbi bertajuk Della Madonnina, ditaklukkan tuan rumah Torino (2-1), dan dipermalukan oleh tamunya Fiorentina (1-3), sebelum berhasil meraih kemenangan di laga terakhir melawan Genoa (1-2).

1. Manajemen ingin segera pecat Giampaolo

Marco Giampaolo Bakal Didepak, Siapa Kandidat Pelatih Baru AC Milan?Twitter/@dixquame

Dilansir dari Sky Sport, keberhasilan di laga terakhir tak membuat Giampaolo mendapatkan garansi untuk bertahan. Manajemen sudah kadung kecewa dengan apa yang ditunjukkan pelatih berusia 52 tahun tersebut dalam beberapa laga terakhir. Konon, Direktur Milan, Zvonimir Boban bakal segera mendepak Giampaolo dalam waktu dekat.

Beruntung, Direktur AC Milan lainnya, Paolo Maldini yang notabene adalah legenda hidup klub tersebut berbeda pendapat dengan Boban. Ia memilih untuk tetap memberikan kesempatan kepada Giampaolo memberikan perubahan berarti bagi AC Milan musim ini.

Namun, hal itu tak menutup kemungkinan bahwa Giampaolo bakal tetap dipecat dalam beberapa pekan ke depan jika AC Milan kembali meraih hasil minor.

Baca Juga: AC Milan Krisis, 4 Pelatih Ini Berpotensi Gantikan Marco Giampaolo

2. Gattuso bisa gabung dengan syarat

Marco Giampaolo Bakal Didepak, Siapa Kandidat Pelatih Baru AC Milan?twitter.com/europaleague

Jika menilik siapa yang punya kans untuk jadi suksesor mantan nakhoda Sampdoria tersebut, ada beberapa nama yang bisa jadi referensi, salah satunya adalah Gennaro Gattuso. Ia disinyalir jadi kandidat kuat untuk kembali membesut AC Milan dalam mengarungi sisa pertandingan di Serie A edisi kali ini.

Dikutip dari Corriere dello Sport, peluang Gattuso memang sangat besar kembali melatih AC Milan. Tapi, masih ada satu ganjalan terjal yang membuat hal itu sulit terwujud, yakni perselisihannya dengan Maldini. Maklum, keduanya memang tak memiliki hubungan yang baik usai Gattuso Pergi musim lalu.

Walhasil, Gattuso dikabarkan mau kembali ke AC Milan dengan satu syarat, yaitu Maldini harus pergi dari klub yang juga dijuluki Il Diavolo Rosso.

3. Luciano Spalletti mengurungkan niatnya untuk melatih AC Milan

Marco Giampaolo Bakal Didepak, Siapa Kandidat Pelatih Baru AC Milan?www.inter.it

Selain nama Gattuso, Luciano Spalletti juga dikabarkan tengah diminati AC Milan. Bahkan, dikabarkan Spalleti telah setuju untuk bergabung bersama klub tersebut dan telah menemukan kesepakatan personal dengan manajemen tim.

Pada waktu bersamaan, Spalleti juga dikabarkan lebih memilih untuk rehat sejenak dari hiruk-pikuk sepakbola. Ia menyatakan untuk beristirahat terlebih dahulu dan menikmati sisa kontrak bersama Inter Milan walau posisinya sudah diambil alih Antonio Conte.

4. Wenger punya peluang latih AC Milan, tapi...

Marco Giampaolo Bakal Didepak, Siapa Kandidat Pelatih Baru AC Milan?foxsports.nl

Sebetulnya, masih banyak nama lain yang juga diisukan bakal jadi pelatih AC Milan untuk menggantikan posisi Giampaolo, sebut saja Stefano Pioli, Andriy Shevchenko, Rudi Garcia, Marcelino Garcia Toral, dan masih banyak lagi.

Namun, yang paling menyita perhatian para pencinta sepakbola tentu masuknya nama Arsene Wenger ke dalam kandidat tersebut.

Pelatih asal Prancis itu memang tengah menganggur usai berhenti dari Arsenal pada 2018 lalu. Wajar jika namanya dikait-kaitkan dengan AC Milan. Apalagi, dengan segudang pengalaman dan prestasinya bersama pasukan Meriam London, namanya layak masuk jajaran pelatih elite di dunia.

Akan tetapi, pelatih gaek tersebut belum menunjukkan minat untuk kembali ke lapangan hijau. Wenger masih belum memiliki niat untuk membesut sebuah tim lagi. Belum jelas alasan kenapa dirinya masih memilih keputusan tersebut.

"Saya belum tahu bakal kembali melatih atau tidak. Saat ini saya fokus kepada diri saya sendiri dulu. Kini saya punya banyak waktu tersedia dan saya masih mengikuti sepakbola. Bahkan, saya masih bekerja di televisi (jadi komentator), konferensi dan kegiatan amal lainnya,” tukas Wenger, berbicara kepada Talk Sport.

Baca Juga: AC Milan Kalah Tiga Kali Beruntun, Posisi Marco Giampaolo Digoyang?

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya