Calon Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Indonesia Satu-satunya Wakil ASEAN

Myanmar dan Thailand mengundurkan diri dari bidding

Jakarta, IDN Times - Indonesia jadi satu-satunya negara ASEAN yang sangat serius untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang. Hal itu semakin jelas terlihat usai AFF Council Meeting di Patayya, Thailand, Selasa (27/8)

Sebab, dua negara lainnya yang juga tertarik untuk menjadi tuan rumah sebelumnya, yakni Myanmar dan Thailand menarik diri dari persaingan mereka untuk menjadi tuan rumah di turnamen sepakbola antar-negara paling elite di dunia untuk kelompok umur ini.

"Kami tentu sangat senang bahwa Indonesia telah muncul sebagai satu-satunya yang melakukan bidding dari ASEAN untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20 pada 2021," kata Sekretaris Jenderal PSSI, yang juga merupakan Wakil Presiden AFF, Ratu Tisha Destria, dilansir dari laman resmi AFF.

Atas hal itu, Tisha meminta seluruh negara ASEAN bisa mendukung proses bidding yang dilakukan Indonesia untuk menjadi tuan rumah perdana kejuaraan kelas dunia ini.

Hal serupa juga diucapkan oleh Presiden AFF, Khiev Sameth. Menurut dia, dengan penawaran yang dilakukan Indonesia menandakan bahwa sepakbola Asia Tenggara sudah mulai siap secara infrastruktur.

"Kami menyambut perkembangan baru ini dan saya ingin menegaskan kembali dukungan tegas kami untuk Indonesia dalam upaya mereka menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 FIFA pada 2021," ujar Sameth.

Dengan, pencabutan penawaran dari kedua negara ASEAN lainnya, Indonesia kini tinggal bersaing dengan tiga negara lain yang juga mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 bersama Peru, Brasil, dan gabungan antara Bahrain, Arab Saudi, serta Uni Emirat Arab.

Baca Juga: Surabaya "Bertaruh" Jadi Tuan Tumah Piala Dunia, Risma Optimis Menang

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya