Comscore Tracker

Resmi! Liga 1 Batal Digelar 1 Oktober 2020

PSSI masih optimistis melanjutkan liga pada waktu yang tepat

Jakarta, IDN Times - Setelah tak mendapatkan izin dari Polri, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akhirnya memutuskan untuk membatalkan kelanjutan Liga 1 2020 yang sedianya digelar 1 Oktober 2020.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyebut jika pihak keamanan dalam hal ini Mabes Polri menunda memberikan izin agar Liga 1 dan Liga 2 kembali dihelat pada 1Oktober 2020.

"Menurut rencana pertandingan awal Liga 1 ini bakal mempertemukan PSS melawan Persik. Namun, kemarin malam Mabes Polri merilis akan menunda untuk mengeluarkan izin keramaian, seperti kita tahu angka penyebaran COVID-19 ini masih tinggi, hal itu disadari dari fakta di lapangan," kata pria yang kerap disapa Iwan Bule tersebut dalam konferensi pers di kantor Kemenpora, Selasa (29/9/2020).

"Polri juga keluarkan maklumat untuk tak mengeluarkan izin keramaian di semua tingkatan. Tentu kami federasi memahami keputusan belum diizinkan atau menunda Liga 1 dan Liga 2 diputar kembali, karena alasan kemanusiaan," lanjut dia.

PSSI pun meminta seluruh stakeholder di sepak bola untuk mengerti mengenai hal ini. Mereka mengapresiasi apa yang sudah dilakukan klub dengan berkorban mempersiapkan tim demi kelanjutan kompetisi ini.

"PSSI yakin dan optimistis lanjutan Liga 1 dan Liga 2 insyaaalah pada waktu yang tepat nanti bakal digulirkan kembali. Kita berdoa mudah-mudahan COVID-19 bisa menurun," ujar mantan Plt Gubernur Jawa Barat tersebut.

Sebelumnya, Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri, Irjen Pol. Argo Yuwono, mengatakan pihaknya tidak mengizinkan sepak mula Liga 1 2020 digelar 1 Oktober 2020.

"Terkait Liga Indonesia Baru 1 dan 2 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 1 Oktober 2020, Polri tidak mengeluarkan izin keramaian," kata Argo kepada IDN Times, Senin (28/9/2020).

Argo pun menjelaskan sejumlah pertimbangan mengapa kompetisi Liga 1 dan 2 tak diizinkan. Pertama, kasus COVID-19 di Indonesia masih terus meningkat. Kedua, Polri sudah mengeluarkan maklumat dan penegasan tidak akan mengeluarkan izin keramaian di semua tingkatan.

"Polri bersama TNI serta stakeholder terkait sedang konsentrasi mendukung kebijakan pemerintah dan melaksanakan Operasi Yustisi di semua jajaran," ujarnya.

Baca Juga: PSSI, PT LIB, dan Menpora Gelar Pertemuan, Liga 1 2020 Batal Lanjut?

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya