Comscore Tracker

Pelatih Sekelas Fergie Tolak European Super League, Ini Alasannya

Kalian tim Liga Champions atau ESL?

Jakarta, IDN Times - Persepakbolaan Eropa dibuat geger dengan adanya kompetisi baru bagi tim-tim tajir bertajuk European Super League (ESL). Kompetisi yang diinisiasi oleh 12 tim itu akan menjadi ajang baru yang menawarkan dukungan finansial yang besar bagi pesertanya. Nyatanya, tak semua klub besar sepakat. Raksasa Jerman Bayern Munich dan klub kaya Prancis PSG misalnya, mereka menolak bergabung. 

Baca Juga: Gelombang Protes European Super League, Sir Alex Ferguson Ikutan

1. Ferguson European Super League adalah langkah mundur

Pelatih Sekelas Fergie Tolak European Super League, Ini Alasannyaskysports.com

Penolakan datang dari berbagai kalangan. Selain federasi sepak bola masing-masing negara, beberapa mantan pemain dan pelatih menyatakan penolakan pula, termasuk eks manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson.

"Bicara tentang European Super League jadi langkah mundur dari 70 tahun silam kondisi sepak bola di Eropa. Bagi sebagai pemain di Provinsi Dunfermline dan manajer Aberdeen, mendapatkan gelar Piala Winners untuk klub kecil Skotlandia bak mendaki gunung Everest," ujar Sir Alex dikutip Goal International.

2. Kompetisi ini dinilai mencederai usaha tim yang berjuang masuk ke Liga Champions

Pelatih Sekelas Fergie Tolak European Super League, Ini AlasannyaEvertonfc.com

Fergie juga menyebut, Everton harus mengorbankan dana 500 juta euro atau Rp8,7 triliun untuk membangun stadion. Hal itu demi mewujudkan diri tampil di Liga Champions. betapa besar pengorbanan klub tersebut.

Dia menilai, apa yang dilakukan 12 klub itu menodai perjuangan klub lainnya. Fergie juga mengingat kembali, masa kejayaan saat masih menangani Setan Merah. Saat berhasil membawa tim di empat final Liga Champions, selalu jadi malam yang tak pernah dilupakan.

3. Sebanyak 12 klub menggagas ajang tersebut

Pelatih Sekelas Fergie Tolak European Super League, Ini AlasannyaSquad Juventus (Juventus.com)

Sebagaimana diketahui sebelumnya, enam klub Premier League, Manchester United, Manchester City, Liverpool, Arsenal, Chelsea, dan Tottenham Hotspur, memastikan ambil bagian di ajang tersebut.

Sementara, Spanyol diwakilkan Barcelona, Real Madrid, dan Atletico Madrid. Selanjutnya, Juventus, Inter Milan, serta AC Milan mewakili Italia dalam mengagas ajang ini, sekaligus ambil bagian dalam kompetisinya. Hal itu membuat federasi sepak bola negara yang menaungi klub-klub tersebut berang. 

Baca Juga: European Super League, Kudeta ke UEFA dan Liga Champions

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya