Comscore Tracker

Untuk Piala Dunia, Risma Minta Kemen PUPR Bangun Jalan Baru ke GBT

Jalan juga bisa digunakan untuk PLTSa dan lainnya

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta agar Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) RI membangun satu akses baru menuju Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) di Kecamatan Benowo, Surabaya. Jalan ini berbeda dengan jalan yang telah ada saat ini.

1. Risma usulkan pembangunan akses GBT

Untuk Piala Dunia, Risma Minta Kemen PUPR Bangun Jalan Baru ke GBTWali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat meninjau Stadion GBT, Minggu (7/6). Dok. Humas Pemkot Surabaya

Risma menyampaikan permintaannya tersebut secara langsung kepada Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono. Ia mengatakan bahwa pembangunan akses jalan oleh Kemen PUPR nantinya akan menjadi salah satu dukungan besar bagi gelaran Piala Dunia U-20.

"Kita tahun 2021 akan jadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20. Nah, kita ada pembangunan rencana jalan. Jadi yang jalan existing ke stadion (GBT) itu sudah kita bangun, ke stadion utamanya," ujar Risma melalui siaran pers Humas Pemkot Surabaya, Jumat (7/8/2020).

2. Minta dibuatkan jalan baru

Untuk Piala Dunia, Risma Minta Kemen PUPR Bangun Jalan Baru ke GBTWali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat memberangkatkan mahasiswa relawan COVID-19, Senin (3/8/2020). Dok Humas Pemkot Surabaya

Sebelumnya telah ada 3 akses jalan menuju GBT yang saat ini juga tengah dikerjakan oleh Pemkot Surabaya bersama pengembang. 3 akses tersebut melalui Benowo, Romokalisari, dan fly over. Namun Risma menginginkan ada penambahan jalan baru menuju Stadion GBT.

"Tapi kita membuat jalan baru untuk mendukung ini. Karena itu kami mengusulkan ke Pak Menteri PUPR untuk sebagian," tuturnya.

Baca Juga: Piala Dunia U-20 2021 Makin Dekat, PSSI Tinjau Stadion GBT

3. Untuk akses PLTSa dan lainnya

Untuk Piala Dunia, Risma Minta Kemen PUPR Bangun Jalan Baru ke GBTStadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Selain menunjang Piala Dunia U-20, Risma mengatakan jalan baru tersebut akan mempermudah urusan lainnya bagi masyarakat. Misalnya sebagai akses menuju PLTSa (Pembangkit Listrik Tenaga Sampah) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo dan Pelabuhan Teluk Lamong.

"Kalau itu bisa direalisasi, sebetulnya bukan hanya Stadion GBT yang kena, tapi TPA Benowo dan Pelabuhan Teluk Lamong yang baru juga bisa terlayani," ungkapnya.

4. Berharap jalan terbangun sebelum Piala Dunia

Untuk Piala Dunia, Risma Minta Kemen PUPR Bangun Jalan Baru ke GBTRenovasi Stadion Gelora Bung Tomo, Minggu (29/12). Dok Humas Pemkot Surabaya

Ia pun berharap Basuki akan menyetujui permintaannya tersebut dengan berbagai pertimbangan yang diberikan. Jika ternyata akan dibuatkan jalan baru, ia menargetkan jalan tersebut akan rampung sebelum Piala Dunia U-20 2021 digelar.

"Harapannya (selesai) sebelum pertandingan U-20 2021," pungkasnya.

Baca Juga: Resmi Gelar Piala Dunia U-20, Ini 4 Fakta Gelora Bung Tomo

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya