Stadion GBT akan Dilengkapi Lift ke Lantai Tertinggi Berkekuatan 3 Ton

Supaya gak ngos-ngosan lagi

Surabaya, IDN Times - Salah satu kekurangan utama Stadion Gelora Bung Tomo sebagai calon tempat dilaksanakannya Piala Dunia U20 2021 adalah tidak tersedianya ruang media dan lift yang mencapai lantai 7. Pengerjaan dua fasilitas puna kan dikebut pada awal tahun 2020.

1. Stadion GBT tak punya lift hingga lantai teratas

Stadion GBT akan Dilengkapi Lift ke Lantai Tertinggi Berkekuatan 3 TonKepala Bidang Bangunan dan Gedung, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Surabaya, Iman Krestian saat ditemui di kantornya, Selasa (26/11). IDN Times/Fitria Madia

 

Selama ini, jika hendak menuju lantai 7 Stadion GBT, setiap orang hanya dapat menggunakan lift hingga lantai 4. Akses berikutnya adalah tangga yang ketinggiannya cukup curam. Kepala Bidang Bangunan dan Gedung, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Surabaya, Iman Krestian mengatakan bahwa hal tersebut juga menjadi perhatian utama PSSI Jatim saat meninjau GBT.

"Memang selama ini tidak ada, ya. Harus naik tangga. Karena sebentar lagi ruang lantai 7-nya hendak dipakai dengan maksimal jadi harus ada penambahan lift," ujar Iman ketika ditemui di kantornya, Selasa (26/11).

2. Pengerjaan lift dirasa penting

Stadion GBT akan Dilengkapi Lift ke Lantai Tertinggi Berkekuatan 3 TonPapan skor elektronik di Gelora Bung Tomo senilai Rp5 miliar. IDN Times/Fitria Madia

Saat ini di lantai 7 telah terdapat ruang kontrol untuk scoring board dan kamera penyorot. Selain itu, ruang media juga akan dibuatkan di lantai tertinggi Stadion GBT itu. Oleh karena itu lift menuju lantai tersebut dirasa penting.

"Kemarin kita sudah maping dulu lantai perlantai. Kira-kira lantai mana yang bisa ditembuskan ke lantai 7. Pengerjaannya akan dimulai pada tahun 2020," jelasnya.

3. Akan berkekuatan hingga 3 ton

Stadion GBT akan Dilengkapi Lift ke Lantai Tertinggi Berkekuatan 3 TonKepala Bidang Bangunan dan Gedung, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Surabaya, Iman Krestian saat ditemui di kantornya, Selasa (26/11). IDN Times/Fitria Madia

Iman menjelaskan, lift yang nantinya akan dipasang menuju lantai 7 akan berkekuatan hingga 3000 kg. Harapannya jumlah yang cukup besar tersebut dapat menampung para wartawan atau petugas. Lift ini akan diletakkan bertolak belakang dengan salah satu lift yang telah tersedia saat ini.

"Nanti secara visual akan kami sesuaikan lagi. Nanti akan kami upayakan setiap wilayah steril jadi tidak ketemu penonton dan media," tuturnya.

Sedangkan untuk dua lift yang saat ini telah ada, Iman akan membongkar keduanya. Ia akan mengganti dua lift yang semula bermuatan 10 orang tersebut menjadi 15 orang.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya