Khofifah Sebut GBT Bau Sampah, Pejabat Pemkot Surabaya Tak Terima

Waduh, sudah panas sebelum pertandingan nih

Surabaya, IDN Times - Salah seorang pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya merasa tak terima atas ucapan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang mengatakan jika Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) beraroma sampah. Menurutnya, ada teknik khusus untuk mencegah aroma sampah tercium ketika pertandingan berlangsung di GBT.

1. GBT sudah tidak berbau ketika pertandingan

Khofifah Sebut GBT Bau Sampah, Pejabat Pemkot Surabaya Tak TerimaKadispora Surabaya Afghani Wardhana (kiri) bersama Kabid Sarpras Dispora Edi Santoso saat mengecek kerusakan pascapemkaran Gelora Bung Tomo, Rabu (30/10). IDN Times/Fitria Madia

Pejabat Pemkot Surabaya tersebut adalah Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Surabaya Edi Santoso. Melalui sebuah video yang diterima IDN Times, Edi mengatakan bahwa Stadion GBT telah lama dipakai untuk pertandingan dan tak pernah tercium bau sampah.

"Saya menangani Gelora Bung Tomo 9 tahun. Persebaya bertanding di Gelora Bung Tomo sudah ratusan kali. Dia (GBT) tidak pernah bau sampah. Tidak pernah bau busuk," ujar Edi di video tersebut yang juga telah dikonfirmasi ulang oleh IDN Times, Jumat (1/11).

2. Ada metode yang selama ini digunakan di GBT

Khofifah Sebut GBT Bau Sampah, Pejabat Pemkot Surabaya Tak TerimaStadion Gelora Bung Tomo tampak dari Jalan Jawar, Surabaya (25/10). IDN TImes/Idfy Fuadi

Edi mengatakan bahwa pihaknya telah memiliki metode khusus untuk menangkal bau sampah dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo agar tidak sampai meluas ke GBT. Oleh karena itu, menurut Edi, belum ada laporan pertandingan terganggu akibat bau sampah.

"Itu ada metodenya. Coba Bu Khofifah lihat sepak bola (di GBT). Tidak ada persoalan," tuturnya.

Baca Juga: Sebut GBT Bau Sampah, Khofifah Siapkan Empat Stadion Alternatif

3. Minta Khofifah tak lagi komentari GBT

Khofifah Sebut GBT Bau Sampah, Pejabat Pemkot Surabaya Tak TerimaTribun penonton stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (25/10). IDN Times/Idfy Fuadi

Dalam video berdurasi 40 detik tersebut, Edi meminta agar Khofifah tidak mengomentari atau mengkritik Stadion GBT lagi. Ia optimistis Surabaya akan jadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

"Jadi jangan mengganggu kaitannya dengan Kota Surabaya menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 tahun 2021. Kita optimis. Tempat latihan kita buatkan. Semuanya kita optimis," pungkasnya.

4. Pemkot sudah siapkan alternatif penangkalan bau

Khofifah Sebut GBT Bau Sampah, Pejabat Pemkot Surabaya Tak TerimaPerawatan bagian dalam Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (25/10). IDN Times/ Idfy Fuadi

Sebelumnya, Kepala Bappeko Surabaya sekaligus Plt Kepala DKRTH Surabaya Eri Cahyadi juga sempat memaparkan metode tambahan untuk menangkal bau di Stadion GBT. Selain penjadwalan pemrosesan sampah, pihaknya juga akan menanam tanaman khusus hingga menjadi benteng perlindungan dari bau sampah. Benteng tanaman ini dinamakan sebagai buffer zone.

Baca Juga: Sesalkan Kerusuhan di GBT, Khofifah: Perlu Waktu Membangun Kedewasaan

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya