Comscore Tracker

Bukan GBT dan G10N, Pemkot Minta Persebaya Latihan di Lapangan Lainnya

Pemkot masih akan menggunakan dua stadion itu

Surabaya, IDN Times - Klub Persebaya Surabaya sudah menanti-nanti renovasi Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dan Stadion Gelora 10 November (G10N) selesai. Dua stadion yang rencananya diperuntukkan untuk Piala Dunia U-20 ini sempat tak boleh digunakan karena masih dalam renovasi. Namun, meski pengerjaannya telah selesai dan Piala Dunia diundur, nyatanya Persebaya masih belum boleh menjajal dua stadion kebanggaan mereka itu.

1. Pemkot masih akan menggunakan G10N dan GBT

Bukan GBT dan G10N, Pemkot Minta Persebaya Latihan di Lapangan LainnyaStadion Gelora Bung Tomo sebelum direnovasi pada 9 November 2019. IDN Times/Reza Iqbal

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Surabaya, Afghani Wardhana menjelaskan bahwa meski sudah selesai direnovasi, Stadion Gelora 10 November masih harus berada di bawah pengawasan kontraktor pelaksana selama 6 bulan. Selain itu, dalam waktu dekat Pemkot akan memiliki dua hajat yaitu Pusat Latihan Cabang (Puslatcab) Olahraga Sepak Bola dan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur.

"Artinya Pemkot Surabaya melalui Dispora punya keperluan untuk penggunaan Stadion Tambaksari (G10N) dalam waktu ke depan," ujar Afghani, Jumat (19/3/2021).

2. Persebaya bisa menyewa jika tak digunakan oleh Pemkot

Bukan GBT dan G10N, Pemkot Minta Persebaya Latihan di Lapangan LainnyaUston Nawawi dan Bejo Sugiantoro mendampingi Aji Santoso (tengah) dalam sesi Persebaya di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada Senin (4/11) sore. Dok. Istimewa (Persebaya.id)

Afghani mengatakan bahwa pihaknya tidak menghalangi Persebanya untuk menggunakan Gelora 10 November atau Gelora Bung Tomo. Ia menegaskan bahwa setiap orang bisa menyewa dua stadion tersebut dengan retribusi sepanjang tidak digunakan oleh Pemkot Surabaya.

"Secara insidental itu bisa digunakan masyarakat umum dengan aturan penggunaan melalui retribusi. Tetapi dengan catatan, ketika pemkot melalui Dispora tidak menggunakan sarpras (sarana prasarana) G10N ataupun GBT," ungkapnya.

3. Sarankan latihan di lapangan lain

Bukan GBT dan G10N, Pemkot Minta Persebaya Latihan di Lapangan LainnyaANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Sebagai alternatif, Afghani menyarankan agar Persebaya melaksanakan latihan di lapangan-lapangan lain di Kota Surabaya seperti Kebonsari, Karangpilang, dan Jambangan. Apalagi, lapangan-lapangan lain tersebut tidak dikenai biaya retribusi.

"Sebenarnya masih banyak lapangan sepak bola di Surabaya yang dapat digunakan. Ada sekitar 36-40 lapangan, banyak pilihan. Kalau di luar Stadion Tambaksari (G10N) dan GBT itu malah gratis, karena tidak ada Perda retribusinya," tuturnya.

4. Persebaya mengharapkan izin dua stadion tersebut

Bukan GBT dan G10N, Pemkot Minta Persebaya Latihan di Lapangan LainnyaSuasana persiapan acara kerja bakti di Stadion Gelora Bung Tomo pada 9 November 2019. IDN Times/Reza Iqbal

Sebelumnya, Persebaya mengajukan penyewaan Stadion GBT sebagai home base dan Stadion G10N sebagai lokasi latihan. Sekretaris Persebaya Ram Surahman mengatakan bahwa tim Bajul Ijo itu sangat ingin memiliki home base di Surabaya sebagai kota asal mereka.

"Surat pertama pada 3 Maret belum dibalas pihak Pemkot Surabaya. Karena itu, kami berkirim surat lagi. Dengan surat kedua ini, kami berharap bisa mendapatkan jawaban tertulis dan izin penyewaan dari pemkot,” ujar Ram dalam situs resmi Persebaya.

Izin pemkot terkait GBT juga sangat penting bagi Persebaya, terkait dengan lisensi AFC yang biasanya akan dijalankan bersamaan dengan dimulainya liga. Lisensi AFC sangat dibutuhkan Persebaya agar bisa berlaga di kejuaraan internasional yang diselenggarakan AFC.

Baca Juga: Eks Striker Arema Ngelamar ke Persebaya

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya