Comscore Tracker

Tak Ada Kejelasan, Arema FC Minta Pengelola Liga Tiru Negara Tetangga

Liga Malaysia bahkan sudah rampung

Malang, IDN Times – Tarik ulur mengenai kelanjutan kompetisi Liga 1 hingga kini masih terjadi. Kepolisian sebagai pihak yang memberikan izin keramaian belum memberikan lampu hijau untuk kelanjutan kompetisi kasta tertinggi di Indonesia itu. Padahal seluruh kontestan Liga 1 menyatakan sepakat untuk melanjutkan kompetisi Liga 1 pada 1 November mendatang. Arema FC pun meminta agar pengelola kompetisi bisa meniru negara tetangga yang tetap menggelar liga di tengah pandemik.

1. Minta tiru pengelolaan di negara tetangga, kompetisi harus tetap berjalan

Tak Ada Kejelasan, Arema FC Minta Pengelola Liga Tiru Negara TetanggaGeneral Manager Arema FC Ruddy Widodo. IDN Times/ Alfi Ramadana

General Manager Arema FC, Ruddy Widodo menyebut bahwa seharusnya Indonesia bisa belajar dari negeri tetangga seperti Malaysia, Thailand atau Vietnam yang saat ini tetap menggulirkan kompetisi di tengah pandemik.

“Kalau memang ada kasus tentu tinggal di berhentikan lagi. Tetapi sebisa mungkin kompetisi harus tetap jalan karena banyak yang bergantung dari sepak bola,” ujar Ruddy.

Beberapa negara Asia Tenggara seperti Vietnam, Malaysia, dan Thailand memang memilih melanjutkan kompetisi di tengah pandemik. Namun, jumlah kasus positif di negara mereka memang tak sebanyak Indonesia. Berdasarkan data per Jumat 16 Oktober 2020, Indonesia menempati urutan pertama untuk jumlah kasus tertinggi di Asia Tenggara dengan 349.160 kasus. Sementara Filipina di urutan kedua dengan 348.698 kasus. Sementara jumlah kasus di negara lain tercatat tak lebih dari 60 ribu pasien.

2. Siap dengan apapun skema kompetisi

Tak Ada Kejelasan, Arema FC Minta Pengelola Liga Tiru Negara TetanggaArema FC menyiapkan dua uji coba lagi sebelum Liga 1. IDN Times/ Alfi Ramadana

Meski begitu, Arema FC mengaku tak masalah dan siap saja dengan segala skenario yang mungkin terjadi untuk lanjutan Liga 1. Sebab, beberapa usulan seperti format kompetisi dua wilayah juga sempat mengemuka.

“Kami mengikuti saja bagaimana nanti keputusan dari federasi. Kami percaya bahwa federasi tidak akan tinggal diam dan pasti mengupayakan kelanjutan kompetisi. Tetapi memang jika akhir tahun belum juga kick off maka format kompetisi pasti berubah,” papar General Manager Arema FC, Ruddy Widodo, Sabtu (17/10/2020).

Baca Juga: Pelatih Arema Isyaratkan Akan Datangkan Striker Asing 

3. Komunikasi sudah lebih baik dari musim lalu

Tak Ada Kejelasan, Arema FC Minta Pengelola Liga Tiru Negara TetanggaArema FC saat akan menghadapi Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan. IDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih jauh, Ruddy menjelaskan bahwa sebenarnya pada awal kompetisi lalu komunikasi antara federasi dengan kepolisian sudah terjalin dengan baik. Bahkan saat itu pihak kepolisian sudah berkomitmen untuk membantu mensukseskan berjalannya kompetisi Liga 1. Namun, saat kompetisi berhenti karena pandemi, kebijakan menjadi berubah dan kini kelanjutan kompetisi masih abu-abu. Maka dari itu, ketika tiba-tiba kepolisian tidak memberikan izin, maka manajemen Arema FC sempat terkejut juga.

“Tetapi ketika kami mengetahui bahwa event lain seperti PORDASI hingga basket juga ditunda, kami bias memahami bahwa kepolisian mungkin memiliki pertimbangan lain untuk tidak memberikan izin sementara waktu,” tambahnya.

4. Coba hibur kekecewaan pemain

Tak Ada Kejelasan, Arema FC Minta Pengelola Liga Tiru Negara TetanggaPara pemain Arema FC saat menjalani latihan di Lapangan Dirgantara beberapa waktu lalu. IDN Times/ Alfi Ramadana

Di sisi lain, masih belum jelasnya kompetisi itu tentu membuat pemain harus kembali kecewa. Pasalnya mereka sudah melakukan persiapan dengan keras. Namun, ketika kompetisi sudah mendekati kick off, perizinan tak keluar. Untuk itu, manajemen Arema FC mencoba untuk memberikan pengertian kepada pemain agar tak terlalu kecewa dengan penundaan kick off tersebut.

“Saya sampaikan kepada pemain agar tidak terlalu mengambil pusing gagalnya kick off. Mereka ini saat ini seperti halnya prajurit yang sedang ditempa. Sewaktu-waktu ada panggilan untuk berperang, pemain sudah siap tempur,” terang Ruddy.

Baca Juga: Berharap Izin Polisi Turun, Arema FC Tetap Geber Latihan  

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Alfi Ramadana di IDN Times Community dengan judul Status Liga 1 Tak Jelas, Arema FC: Harusnya Bisa Tiru Negeri Tetangga

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya