Comscore Tracker

Soal Liga Tanpa Degradasi, Arema FC: Yang Penting Kompetisi Jalan Dulu

Mereka mengaku akan ikuti keputusan kongres

Malang, IDN Times - Arema FC menyatakan akan mengikuti keputusan kongres PSSI tentang ada atau tidaknya degradasi untuk Liga 1 musim depan. Media Officer Arema FC, Sudarmadji juga mengatakan tak ambil pusing jika timnya dianggap sebagai salah satu pengusul tidak adanya degradasi.

"Akan lebih bijak menunggu keputusan kongres. Federasi melalui exco pasti sudah memiliki cukup banyak referensi mengenai kompetisi ditengah pandemi," urainya Sabtu (8/5/2021). 

1. Poin utama adalah bagaimana Liga 1 bisa bergulir

Soal Liga Tanpa Degradasi, Arema FC: Yang Penting Kompetisi Jalan DuluMedia Officer Arema FC, Sudarmaji (tengah) menyerahkan jersey kepada GM Malang Strudel sebagai simbol pembukaan official store cabang. IDN Times/Alfi Ramadana

Lebih jauh, Sudarmaji menyebut bahwa saat ini poin penting yang harus dikedepankan adalah bagaimana agar kompetisi bisa segera mendapat izin untuk bergulir kembali. Kemudian terkait regulasi kompetisi dalam masa pandemik COVID-19 juga harus dibuat sedetail mungkin. Terutama untuk protokol kesehatan bagi mereka yang terlibat dalam kompetisi. 

"Saat ini kepastian kompetisi menjadi poin penting karena akan berdampak langsung pada aktifitas sekaligus kelangsungan hidup klub," imbuhnya. 

2. Piala Menpora bisa jadi pengalaman

Soal Liga Tanpa Degradasi, Arema FC: Yang Penting Kompetisi Jalan DuluArema FC saat berlatih di Lapangan Ketawang beberapa waktu lalu. IDN Times/Alfi Ramadana

Pria asal Banyuwangi itu menyebut bahwa pengalaman Piala Menpora lalu bisa menjadi acuan bagaimana nanti Liga 1 bisa bergulir. Saat itu, penerapan protokol COVID-19 terbilang sangat ketat untuk semua pihak yang terlibat dalam pertandingan. Meski tetap ada beberapa hal yang harus dibenahi agar nantinya pelaksanaan protokol COVID-19 bisa lebih baik saat Liga 1. 

"Bagaimanapun kompetisi Liga 1 harus didukung penuh untuk tetap digelar. Tentu dengan regulasi prokes yang ketat," sambungnya. 

Baca Juga: Terjawab Sudah, Arema FC Tunjuk Eduardo Almeida Sebagai Pelatih Baru 

3. Madura United ingin liga tetap dengan degradasi, klub Jatim lain belum ada pernyataan resmi

Soal Liga Tanpa Degradasi, Arema FC: Yang Penting Kompetisi Jalan DuluMadura United fokus kembalikan performa pemain selama TC di Kota Batu. Instagram/maduraunited.fc

Berbeda dengan Arema FC yang menunggu keputusan kongres, Madura United secara tegas mendukung kompetisi dengan degradasi. Hal itu disampaikan oleh Direktur PT PBMB, Zia Ulhaq melalui unggahan di akun Instagram resmi Madura United. Dalam unggahan tersebut Zia Ulhaq menyatakan bahwa tidak ada alasan kompetisi digelar tanpa promosi dan degradasi. Pasalnya faktor promosi degrasi juga bakal menjadikan kompetisi menjadi lebih menarik dan kompetitif. 

"Persiapan Madura United saat ini adalah pelaksanaan kompetisi yang kompetitif dengan promosi dan degradasi bukan untuk sebuah turnamen seperti TSC 2016 lalu," tandasnya. 

Sementara tiga tim Jatim lainnya, yaitu Persebaya, Persela dan Persik juga belum memberikan sikap resminya. Namun, pelatih Persebaya Aji Santoso dan pelatih Persela Didik Ludianto sempat menyatakan komentarnya kepada media. Keduanya tidak sepakat dengan adanya liga tanpa degradasi.

PSSI sendiri sebelumnya mengklaim ada 13 klub Liga 1 yang meminta Liga 1 2021 tanpa degradasi. Pernyataan itu pun kemudian ditentang oleh beberapa klub. Setidaknya sudah ada 6 klub yang menolak usulan tersebut. Mereka adalah Borneo FC, Madura United, Persikabo, Persib, Bali United dan Persipura.

Baca Juga: Usulan Klub Soal Liga 1 2021: Selepas Lebaran hingga Tanpa Degradasi

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Alfi Ramadana di IDN Times Community dengan judul Soal Liga Tanpa Degradasi, Arema FC Ikut Putusan Kongres

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya