Singgih Pitono Beberkan Kriteria Striker Asing untuk Arema FC 

Cari striker asing yang berbeda tipe  

Malang, IDN Times - Arema FC terus berupaya membangun skuat yang tangguh untuk kompetisi Liga 1 mendatang. Arema FC pun mulai mereka-reka tambahan kebutuhan pemain baru, khususnya untuk penggawa asing untuk memperkuat tim.

Sejauh ini baru nama Arthur Cunha yang kemungkinan besar bakal mengisi posisi stopper. Sementara untuk gelandang dan striker, manajemen Arema FC masih menunggu pelatih kepala untuk menyesuaikan kebutuhan. 

1. Perlu striker asing dengan tipe berbeda

Singgih Pitono Beberkan Kriteria Striker Asing untuk Arema FC Saat ini baru Elias Alderete pemain asing yang hampir pasti bertahan di Arema FC. IDN Times/ Alfi Ramadana

Asisten pelatih Arema FC, Singgih Pitono menyebut bahwa sejauh ini untuk pemain asing memang masih menunggu pelatih kepala. Tetapi jika boleh mereka-reka, ia menyebut bahwa Arema FC memerlukan tipikal pemain asing berbeda. Sebab, saat ini Arema FC sudah memiliki dua bomber lokal mumpuni, yaitu Dedik Setiawan dan Kushedya Hari Yudo. 

"Dua pemain ini tipikalnya hampir sama. Jadi striker asing nanti tipenya harus berbeda dengan dua pemain ini," terangnya Sabtu (17/4/2021). 

Baca Juga: Masuk Bursa Pelatih Arema FC, Alfredo Vera Masih Irit Bicara  

2. Lebih baik kalau trial terlebih dahulu

Singgih Pitono Beberkan Kriteria Striker Asing untuk Arema FC Matias Malvino sepakat tetap melanjutkan kontrak di Arema FC. IDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih jauh, Singgih menilai bahwa nama besar saja tidak cukup untuk bermain di Arema FC. Pemain asing harus benar-benar punya kualitas yang bagus. Akan lebih baik jika pemain asing tersebut menjalani trial terlebih dahulu sebelum mendapat kontrak. Ia mencontohkan saat Arema FC mendatangkan Sylvano Comvalius. Saat itu, nama Comvalius benar-benar bersinar di Indonesia setelah menjadi top skor di Liga 1 bersama Bali United.

"Secara kualitas sebenarnya tidak perlu dipertanyakan. Tetapi dia kesulitan memenuhi ekspektasi tinggi yang diharapkan. Jadi lebih tepat sebenarnya kalau trial dulu," tambahnya. 

3. Keputusan ada di pelatih kepala

Singgih Pitono Beberkan Kriteria Striker Asing untuk Arema FC Instagram/coach_alvredovera_official

Meski demikian, Singgih mengakui bahwa meski lebih aman, melakukan seleksi pemain asing juga sebenarnya untung-untungan. Terlebih keterbatasan waktu kadang juga mempengaruhi proses penilaian kepada pemain. 

"Tentu nanti akan ada pembicaraan dengan pelatih kepala. Termasuk pelatih kepala juga pasti punya rencana," sambungnya.

Singgih juga menilai bahwa ketelitian dan kejelian akan menjadi poin utama dalam memilih pemain asing. "Kalau hanya melihat dari video saja biasanya banyak menipu. Makanya perlu ketelitian dalam mencari pemain asing yang tepat," tandasnya. 

Baca Juga: Pasang Standar Tinggi, Arema Ngotot Cari Kiper Asing

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya