Sempat Reaktif, Dua Pemain Arema FC Dinyatakan Negatif COVID-19  

Hasil swab tunjukkan negatif COVID-19

Malang, IDN Times - Kabar menggembirakan datang dari klub sepak bola asal Kota Malang, Arema FC. Beberapa waktu lalu, dua pemain Arema FC dikabarkan reaktif COVID-19 melalui rapid test. Namun, setelah menjalani swab test, hasilnya kedua pemain tersebut dinyatakan negatif COVID-19. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh tim dokter Arema FC. 

"Hasilnya swab testnya sudah keluar hari Senin (15/6/2020). Keduanya dinyatakan negatif," papar Asisten Dokter Arema FC, Alfin Abdillah, Senin (15/6) malam. 

1. Hasil rapid test belum tentu positif COVID-19

Sempat Reaktif, Dua Pemain Arema FC Dinyatakan Negatif COVID-19  Para pemain Arema FC saat menjalani latihan di Lapangan Dirgantara beberapa waktu lalu. IDN Times/ Alfi Ramadana

Terpisah, Dokter Tim Arema FC, Nanang Tri Wahyudi menyampaikan bahwa hasil reaktif rapid test belum bisa jadi patokan bahwa seseorang terpapar COVID-19. Untuk itu, hasil reaktif saat rapid test harus disikapi dengan tenang. Sebab, dalam prosesnya jika di dalam tubuh seseorang terdapat virus, maka secara otomatis tubuh akan membentuk antibodi untuk melawan virus tersebut. 

"Bisa saja meskipun virus yang ada di dalam tubuh sudah mati, hasil testnya masih bisa positif," katanya. 

2. Proses pemeriksaan sudah selesai

Sempat Reaktif, Dua Pemain Arema FC Dinyatakan Negatif COVID-19  Arema FC saat akan menghadapi Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan. IDN Times/ Alfi Ramadana

Hasil negatif dari swab test tersebut tentu menjadi kabar gembira bagi kubu Arema FC yang juga bakal segera menpersiapkan diri kembali untuk menghadapi kompetisi Liga 1. Nanang juga memastikan bahwa tidak akan ada lagi swab test lanjutan usai kedua pemain tersebut dinyatakan negatif. 

"Setahu saya yang dilakukan swab lagi itu jika hasilnya positif. Jadi untuk ini tidak ada rencana mengulang," sambungnya. 

Baca Juga: Tak Ada Kepastian Kompetisi, Manajemen Arema FC Galau  

3. Minta semua pihak tetap waspada

Sempat Reaktif, Dua Pemain Arema FC Dinyatakan Negatif COVID-19  Pemain Arema FC saat akan bertanding pada ajang Piala Gubernur Jatim pada awal Februari lalu . IDN Times/

Terlepas dari hasil swab test dua pemain dinyatakan negatif, Nanang meminta kepada semua pihak untuk tetap waspada. Pasalnya virus corona masih belum sepenuhnya terkendali. 

"Semua harus tetap waspada dan tetap menjalankan protokol kesehatan. Tetap gunakan masker saat beraktifitas di luar rumah," pungkasnya. 

Baca Juga: Dua Pemainnya Dikabarkan Reaktif COVID-19, Ini Kata Manajemen Arema FC

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya