Piala Menpora 2021, Panggung Bagi Yacob Sayuri Bomber Muda PSM

Cetak dua gol dan jadi bintang bagi PSM Makassar 

Malang, IDN Times - Jika ada pemain yang penampilannya sejauh ini paling moncer di penyisihan Piala Menpora 2021 Grup B, Yacob Sayuri adalah orangnya. Pemain kelahiran 9 September 1997 itu benar-benar menunjukkan kelasnya dalam dua pekan.

Menjadi tumpuan utama bagi PSM Makassar, Yacob mampu menjawak kepercayaan dengan mencetak dua gol. Berkat penampilan moncernya, PSM Makassar mampu memimpin klasemen Grup B penyisihan Piala Menpora 2021 dengan empat poin. Pergerakannya yang dinamis ditambah finishing tajam membuat Yacob kerap merepotkan lini belakang lawan. Gaya mainnya mengingatkan akan sosok Boaz Solossa muda.  

1. Menarik perhatian sejak tiga musim lalu

Piala Menpora 2021, Panggung Bagi Yacob Sayuri Bomber Muda PSMYacob Sayuri mencoba melewati kiper Bhayangkara FC, Awan Setho. IDN Times/Alfi Ramadana

Bagi sebagian pecinta bola tanah air, nama Yacob Sayuri mungkin masih sedikit asing. Maklum saja, pemain  23 tahun itu memang baru tiga musim ini mengudara di kasta tertinggi sepak bola nasional. Karirnya sendiri diawali bersama Persewar Waropen pada musim 2017, kemudian Persemi Mimika setahun berikutnya sebelum kembali lagi ke Persewar Waropen di tahun yang sama.

Bakatnya mulai muncul ke permukaan setelah bergabung dengan Barito Putera pada musim 2019 yang saat itu dilatih oleh Jacksen F Thiago. Setelah itu, Yacob Sayuri mulai mencuri perhatian berkat aksinya bersama tim Laskar Antasari. Semusim berseragam Barito Putera, pinangan datang dari tim Juku Eja.

Yacob kemudian menerima pinangan tersebut dan bergabung dengan proyek PSM Makassar pada musim 2020. Belum sempat unjuk aksi, kompetisi harus terhenti lantaran pandemik COVID-19. 

2. Memilih bertahan dan buktikan diri

Piala Menpora 2021, Panggung Bagi Yacob Sayuri Bomber Muda PSMRuben Sanadi berduel dengan Yacob Sayuri di Stadion Kanjuruhan. IDN Times/Alfi Ramadana

Setelah liga dihentikan, situasi berubah. PSM Makassar mulai mengalani kesulitan keuangan. Satu per satu pemain bintang tim Juku Eja memilih untuk pergi jelang dimulainya Piala Menpora 2021. Nama-nama seperti Miswar Saputra, Ferdinand Sinaga, Osas Saha, Irsyad Maulana hingga Asnawi Mangkualam memilih hengkang.

Tetapi hal itu tidak berlaku bagi Yacob Sayuri. Ia tetap memilih bertahan dan membuktikan diri bahwa dirinya layak dan pantas menjadi bintang baru PSM Makassar. Dari dua laga yang sudah dimainkan, Yacob Sayuri mampu membuktikan bahwa dirinya memiliki kapasitas menjadi andalan tim di Piala Menpora 2021. 

"Yacob merupakan pemain penting bagi kami. Dia punya kecepatan dan akan menjadi kekuatan kami," kata pelatih PSM Makassar, Syamsudin Batolla usai kemenangan atas Persija lalu. 

3. Tak ada rahasia khusus atas penampilan cemerlangnya

Piala Menpora 2021, Panggung Bagi Yacob Sayuri Bomber Muda PSMYacob Sayuri melewati Andritani dan mencetak gol kedua PSM Makassar di Stadion Kanjuruhan. Instagram/psm_makassar

Sebenarnya tak ada yang mengira bahwa PSM Makassar bakal tampil bagus. Selain didera sejumlah masalah dan ditinggal pemain bintangnya, PSM juga hanya bermodalkan materi pemain yang biasa-biasa saja. Berbeda jauh dengan tim-tim seperti Persija Jakarta, Bhayangkara FC bahkan Borneo FC yang banyak dihuni pemain berkualitas dengan nama besar.

Tetapi semua anggapan berubah saat melihat pertandingan di lapangan. PSM Makassar menampilkan permainan spartan pantang menyerah. Yacob Sayuri yang sedari awal bukanlah pemain yang menjadi sorotan utama justru mampu mengambil peran dan tanggung jawab sebagai tumpuan utama tim. Kini namanya mulai dielu-elukan pendukung PSM Makassar setelah tampil luar biasa. Namun demikian, sang pemain mengakui bahwa tak ada rahasia khusus atas penampilan luar biasa yang ia tunjukkan. 

"Intinya saya kerja keras saja dan menjalankan instruksi dari pelatih sebaik mungkin," ujar Yacob. 

4. Berpeluang jadi top skor Piala Menpora

Piala Menpora 2021, Panggung Bagi Yacob Sayuri Bomber Muda PSMYacob Sayuri berusaha melewati Rezaldi Hehanusa saat PSM Makassar bertemu Persija Jakarta. Instagram/psm_makassar

Meskipun masih berusia muda Yacob Sayuri kini sudah menjadi bagian penting dari PSM Makassar. Pemain asal Kepulauan Yapen itu berpeluang menjadi top skor Piala Menpora 2021. Saat ini, Yacob sudah mencetak dua gol dan hanya tertinggal satu gol dari top skor sementara yakni pemain Persiraja Banda Aceh, Assanur Rizal. Tetapi dengan kualitas dan talenta yang ia miliki, Yacob memiliki peluang untuk terus tampil moncer bersama PSM Makassar dan mencetak gol demi gol. 

"Tentu ke depan saya harus kerja lebih keras lagi untuk ke depannya," jelasnya. 

Baca Juga: Sepekan Piala Menpora 2021, Panitia Habis Rp2 Miliar

5. Piala Menpora hidupkan lagi gairah sepak bola

Piala Menpora 2021, Panggung Bagi Yacob Sayuri Bomber Muda PSMBek Persija Jakarta, Otavio Dutra dibayangi pemain Borneo FC di Stadion Kanjuruhan. IDN Times/Alfi Ramadana

Terlepas dari itu, gelaran piala Menpora 2021 memang menghidupkan kembali gairah sepak bola setelah satu tahun terhenti. Pemain-pemain yang hampir putus asa akhirnya bisa kembali ke lapangan hijau merasakan atmosfer pertandingan lagi. Memang ada penyesuaian disana-sini untuk gelaran turnamen pramusim ini. Tetapi, secara keseluruhan, Piala Menpora membuat sepak bola Indonesia bangkit lagi usai terpuruk karena pandemik COVID-19. 

Baca Juga: Skenario Kelolosan Grup B Piala Menpora 2021, Persija Harus Menang

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya