Liga 1 Tetap Ada Degradasi, Arema FC: Kami Patuh Keputusan PSSI  

Mereka menilai keputusan sudah diperhitungkan   

Malang, IDN Times - Arema FC memilih untuk mengikuti keputusan PSSI terkait format kompetisi Liga 1 yang tetap menerapkan sistem degradasi. Tim Singo Edan menilai bahwa hal itu merupakan keputusan terbaik. Arema FC sendiri disebut-sebut sebagai salah satu klub yang mengusulkan Liga 1 tanpa degradasi.

1. Fokus menunggu izin resmi kompetisi

Liga 1 Tetap Ada Degradasi, Arema FC: Kami Patuh Keputusan PSSI  Arema FC menyiapkan dua uji coba lagi sebelum Liga 1. IDN Times/ Alfi Ramadana

Saat ini, Arema FC memilih fokus untuk menunggu izin kompetisi secara resmi. Sebelumnya pihak Mabes Polri menjanjikan bahwa izin kompetisi paling lambat akan dikeluarkan apda 27 Mei. Tentu saja klub masih harap-harap cemas hingga izin resmi benar-benar sudah dikeluarkan dan diserahkan kepada PSSI. 

"Kami berharap semuanya segera jelas. Karena kepastian itu sangat penting bagi klub," urai Media Officer Arema FC, Sudarmaji, Kamis (27/5/2021). 

2. PSSI sudah memutuskan yang terbaik

Liga 1 Tetap Ada Degradasi, Arema FC: Kami Patuh Keputusan PSSI  Dedik Setiawan akui pemain harus siap fisik dan mental hadapi jadwal padat. IDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih jauh, Sudarmaji menilai bahwa PSSI sudah melakukan langkah yang tepat dalam memutuskan kompetisi dengan degradasi. Ia juga mengaku tak mempermasalahkan andai kompetisi menggunakan sistem bubble atau dipusatkan di daerah tertentu. Terlebih saat ini kondisi masih pandemik COVID-19.

"Keputusan tersebut tentu didasarkan pada proteksi kelanjutan kompetisi agar bisa tetap berjalan maksimal," tambahnya. 

Meskipun mengikuti keputusan yang ditetapkan PSSI, Arema FC tetap menunggu kepastian soal regulasi teknis, terutama soal protokol kesehatan.

Baca Juga: PSM Sambut Baik Keputusan PSSI Helat Liga 1 Terpusat di Pulau Jawa

3. Penyelenggaraan kompetisi sangat penting bagi klub

Liga 1 Tetap Ada Degradasi, Arema FC: Kami Patuh Keputusan PSSI  Eduardo Almeida saat memimpin latihan perdana Arema FC. IDN Times/Alfi Ramadana

Pria asal Banyuwangi itu menjelaskan bahwa bergulirnya kompetisi sesegera mungkin menjadi sangat penting bagi klub. Pasalnya, jika kompetisi bergulir, maka klub akan bisa kembali memutar sirkulasi keuangan. Pembayaran termin sponsor yang tertunda juga bakal bisa dicairkan. Hal itu tentu bakal membantu kinerja klub agar bisa tetap kompetitif. 

"Tak bisa dimungkiri bahwa dalam situasi saat ini, klub harus bekerja keras untuk bisa bertahan. Untuk itu, kami optimis PSSI punya formuka ideal untuk membantu klub secara finansial," tandasnya. 

Baca Juga: Manajemen Persik Dukung Kompetisi Liga 1 Digelar Tanpa Degradasi

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya