Comscore Tracker

Liga 1 Tetap Pakai Degradasi, Arema FC: Kami Manut

Izin kompetisi rencananya akan turun hari ini

Malang, IDN Times - Arema FC menyatakan akan mematuhi keputusan PSSI yang akhirnya tetap menggelar Liga 1 dengan sistem degradasi dan promosi. Tim Singo Edan menilai bahwa hal itu merupakan keputusan terbaik. Arema FC sendiri disebut-sebut sebagai salah satu klub yang mengusulkan Liga 1 tanpa degradasi.

1. Harap-harap cemas menunggu izin dari kepolisian

Liga 1 Tetap Pakai Degradasi, Arema FC: Kami ManutArema FC menyiapkan dua uji coba lagi sebelum Liga 1. IDN Times/ Alfi Ramadana

Saat ini, Arema FC memilih fokus untuk menunggu izin kompetisi secara resmi. Sebelumnya pihak Mabes Polri menjanjikan bahwa izin kompetisi paling lambat akan dikeluarkan apda 27 Mei. Tentu saja klub masih harap-harap cemas hingga izin resmi benar-benar sudah dikeluarkan dan diserahkan kepada PSSI. 

"Kami berharap semuanya segera jelas. Karena kepastian itu sangat penting bagi klub," urai Media Officer Arema FC, Sudarmaji, Kamis (27/5/2021). 

2. Arema juga tak mempermasalahkan andai kompetisi dibuat dengan sistem bubble

Liga 1 Tetap Pakai Degradasi, Arema FC: Kami ManutDedik Setiawan akui pemain harus siap fisik dan mental hadapi jadwal padat. IDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih jauh, Sudarmaji menilai bahwa PSSI sudah melakukan langkah yang tepat dalam memutuskan kompetisi dengan degradasi. Ia juga mengaku tak mempermasalahkan andai kompetisi menggunakan sistem bubble atau dipusatkan di daerah tertentu. Terlebih saat ini kondisi masih pandemik COVID-19.

"Keputusan tersebut tentu didasarkan pada proteksi kelanjutan kompetisi agar bisa tetap berjalan maksimal," tambahnya. 

Meskipun mengikuti keputusan yang ditetapkan PSSI, Arema FC tetap menunggu kepastian soal regulasi teknis, terutama soal protokol kesehatan.

Baca Juga: PSM Sambut Baik Keputusan PSSI Helat Liga 1 Terpusat di Pulau Jawa

3. Kelanjutan kompetisi akan membuat keuangan kembali bergulir

Liga 1 Tetap Pakai Degradasi, Arema FC: Kami ManutEduardo Almeida saat memimpin latihan perdana Arema FC. IDN Times/Alfi Ramadana

Pria asal Banyuwangi itu menjelaskan bahwa bergulirnya kompetisi sesegera mungkin menjadi sangat penting bagi klub. Pasalnya, jika kompetisi bergulir, maka klub akan bisa kembali memutar sirkulasi keuangan. Pembayaran termin sponsor yang tertunda juga bakal bisa dicairkan. Hal itu tentu bakal membantu kinerja klub agar bisa tetap kompetitif. 

"Tak bisa dimungkiri bahwa dalam situasi saat ini, klub harus bekerja keras untuk bisa bertahan. Untuk itu, kami optimis PSSI punya formuka ideal untuk membantu klub secara finansial," tandasnya. 

Baca Juga: Manajemen Persik Dukung Kompetisi Liga 1 Digelar Tanpa Degradasi

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Alfi Ramadana di IDN Times Community dengan judul Liga 1 Tetap Ada Degradasi, Arema FC: Kami Patuh Keputusan PSSI  

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya