Jelang Piala Menpora, Polres Malang Sudah Petakan Pengamanan

Lakukan pengamanan hingga ring tiga cegah suporter hadir  

Malang, IDN Times - Kepolisian Resort Malang mulai memetakan rencana pengamanan untuk turnamen Piala Menpora. Seperti diketahui, Malang ditunjuk menjadi salah satu tuan rumah babak penyisihan Piala Menpora 2021.

Empat tim yakni Persija Jakarta, Bhayangkara Solo FC, PSM Makassar dan Borneo FC tergabung di dalam Grup B yang akan memainkan laga penyisihan di Stadion Kanjuruhan. Grub B sendiri akan memulai laga perdana pada 22 Maret mendatang. Sebagaimana aturan yang sudah ditetapkan, yakni laga tanpa penonton, maka kepolisian proses pengamanan pertandingan akan sedikit berbeda. 

1. Lakukan penyekatan pada jalur menuju stadion

Jelang Piala Menpora, Polres Malang Sudah Petakan PengamananKapolres Malang, AKBP Hendri Umar terus memantau penjagaan di kawasan pintu masuk Malang Raya. Dok/ istimewa

Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar menjelaskan bahwa proses pengamanan pertandingan tidak jauh berbeda dengan biasanya. Hanya saja, karena ada aturan tanpa penonton, maka kepolisian akan melakukan screening lebih awal. Juga bakal melakukan penyekatan di beberapa titik menuju stadion. Hal itu dilakukan untuk mencegah agar tidak ada suporter yang nekat datang ke stadion pertandingan. 

"Proses pengamanan akan kami siapkan tiga ring. Ring satu berada pada area lapangan pertandingan, lalu ring dua ada di luar area sekitar stadion, serta ring tiga pada radius 300 meter dari pintu gerbang stadion atau titik penyekatan," urainya Rabu (17/3/2021). 

2. Sesuaikan personil dengan tingkat kerawanan laga

Jelang Piala Menpora, Polres Malang Sudah Petakan PengamananPara pemain Arema FC merayakan gol yang dicetak salah seorang pemain di Stadion Kanjuruhan. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sejauh ini, Hendri menyebut bahwa pihaknya sudah menyiapkan personil untuk memastikan keamanan laga. Total personil yang disiapkan menurutnya nanti beragam disesuaikan dengan tingkat kerawanan pertandingan yang dimainkan.

Namun demikian, dirinya juga meminta kepada suporter untuk tidak perlu datang ke Stadion Kanjuruhan. "Jadi saya rasa suporter tidak perlu datang ke stadion dan cukup memberikan dukungan melalui rumah masing-masing," tambahnya. 

Baca Juga: Suporter Jangan Nekat ke Stadion Selama Piala Menpora, Ada Sanksinya

3. Sudah lakukan simulasi pengamanan

Jelang Piala Menpora, Polres Malang Sudah Petakan PengamananKapolres Malang, AKBP Hendri Umar saat simulasi pengamanan di Stadion Kanjuruhan. IDN Times/Alfi Ramadana

Kepolisian, kata dia, juga sudah melakukan simulasi pengamanan saat laga uji coba Arema FC kontra Madura United, Senin (15/3/2021) lalu. Saat itu, proses pengamanan sudah dilakukan tiga ring sesuai rencana. Pada saat pertandingan akan dimulai sampai selesai, pihak-pihak yang tidak memiliki kepentingan dilarang menuju ke arah Stadion Kanjuruhan. 

"Nanti kami akan lakukan rapat koordinasi (rakor) dengan panpel dan pihak terkait lainnya guna mematangkan persiapan untuk penyisihan Piala Menpora," sambungnya. 

4. Lakukan swab untuk yang berada di area pertandingan

Jelang Piala Menpora, Polres Malang Sudah Petakan PengamananArema FC menjalani swab test sebelum Liga 1. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sementara itu, Ketua Panpel Arema FC, Abdul Haris menambahkan bahwa proses persiapan untuk penyisihan Grup B Piala Menpora 2021 sudah berjalan baik. Kesiapan fasilitas, sarana dan prasarana yang dibutuhkan juga sudah dilakukan. Pengecekan fasilitas pertandingan mulai dari ruang ganti, lapangan, bench pemain hingga lampu stadion juga sudah dilakukan. Nantinya, pada hari pertandingan, mereka yang terlibat dalam laga akan dilakukan swab terlebih dahulu guna memastikan keamanan laga. 

"Insya Allah segala kebutuhan persiapan pertandingan sudah tidak ada kendala. Termasuk juga untuk swab nanti akan disiapkan langsung dari penyelenggara," tandasnya. 

Baca Juga: Nonton Piala Menpora dari Rumah, Bisa Dapat Hadiah

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya